Punthuk Setumbu Nirwana Sunrise

Anoew & Tjok Mas

 

Saat itu terbersit keinginan untuk melihat Borobudur dari sebuah bukit di desa Karangrejo Magelang yang konon, saat sunrise tiba, membuat candi itu semakin menarik dan terkesan mistis karena keindahannya yang tersaji dalam bentuk siluet di tengah rimbunnya pepohonan di sekitar yang berselimutkan halimun.

Berangkat ke atas bukit pukul 4 pagi melalui jalan setapak sekitar 15 menit berjalan kaki, akhirnya sampailah saya ke puncak. Saat itu masihlah gelap namun sudah ada 4 orang yang sibuk memasang tripod. Maklum, tempat untuk mengambil view terbagus sangatlah terbatas dan jika terlambat datang, tempat ini segera penuh sesak.

Setelah peralatan beres terpasang, setel sana setel sini, test jepret sekali, dua dan tiga kali hingga tercapai sesuai keinginan, maka tripod saya tinggal sebentar untuk ke warung di dekat situ, minum kopi. Lalu tepat jam 5 pagi mulai eksekusi. Gambar berurutan saya ambil dimulai tepat dari pukul 05.00 hingga 06.35 wib. (pict 1, 2,  3, 4, 5)

1_2 2_2 3_2 4_2 5_2

Dan saya beruntung meskipun saat itu cuaca sedikit mendung, namun keinginan untuk mengabadikan keindahan candi Borobudur di saat terbitnya matahari sudah terpenuhi. (pict 6)

6_2

Punthuk Setumbu, adalah sebuah bukit  yang puncaknya berupa pelataran luas yang dikelilingi pagar bambu, dan dari sinilah sudut pengambilan terbaik saat matahari terbit dari balik gunung Merapi dan Merbabu *(pict 7, 8)

7 8

Jalan setapak menuju ke puncak bukit, saat itu baru teringat mengabadikannya di saat pulang.. (*pict 9, 10, 11)

9 10 11

 

*****

 

 

About Anoew

Sedari kemunculannya pertama kali beberapa tahun yang lalu, terlihat spesialisasinya memang yang "nganoew" dan "saroe". Namun tidak semata yang "nganoew-nganoew" saja, artikel-artikelnya mewarnai perjalanan BALTYRA selama 6 tahun ini dengan beragam corak. Mulai dari pekerjaanya yang blusukan ke hutan (menurutnya mencari beras) hingga tentang cerita kehidupan sehari-hari. Postingannya di Group Baltyra dan komentar-komentarnya baik di Group ataupun di Baltyra, punya ciri khas yang menggelitik, terkadang keras jika sudah menyenggol kebhinekaan dan ke-Indonesia-annya.

My Facebook Arsip Artikel Website

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerRSS

7 Comments to "Punthuk Setumbu Nirwana Sunrise"

  1. J C  7 April, 2016 at 09:25

    Huahahahahahahahaha…ngakak sampe njengkelit baca komentarnya pak Hand…

  2. anoew  4 April, 2016 at 15:35

    Trims James

    Pak Hand kiy jiaaaaaan….

    Betul Pakdhe Dj, tempat ini sungguh menawan memang dan, besok2 kalau ke Jogja lagi jangan sampai terlewatkan. Dan panorama paling indah memang standby di sana dari 5 pagi. Salam Sejahtera buat Keluarga di Mainz.

    Matursuwun mas Budi Margomulyo, Tuhan Semesta Alam memang luar biasa dan saya, hanya mengabadikan karyaNya.

    Iya Alvina, harus pagi2 kalau mau ambil sunrise dari tempat ini..Kebetulan aku berangkat dari Solo yg berjarak sekitar 5 jam perjalanan menuju tempat ini maka, kupilih berangkat malam sebelumnya dan cari guest house. Nah dari situ, me uju tempat ini hanya 10 menit. Lalu lanjut naik ke puncak bukit sekitar 10 menitan.

  3. Alvina VB  30 March, 2016 at 12:06

    Wow….majestik foto2nya….hebring euy….berburu foto kaya gini musti bangun pagi2 ya…

  4. Budi Margomuljo  30 March, 2016 at 12:02

    Fotone apik-apik kabeh mas Anoew…

  5. Dj. 813  29 March, 2016 at 16:29

    Waaaaaaw . . .
    Mas Anoew . . .
    Jadi ingin kesana juga .
    Setiap kali sudah di Jogya, selalu terlupakan .
    Terimakasih sudah diingatkan .
    Semoga masih ada kesempatan kesana .
    Salam Sejahtera dari Mainz .

  6. Handoko Widagdo  29 March, 2016 at 15:57

    Punthuk Setumbu menunggu Tumpuk Sekelambu.

  7. James  29 March, 2016 at 14:45

    1…..Indah seindah para Kenthirs Baltyra

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *