Pabrik Doa

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

Hallo anda semuanya di Baltyra yang berbahagia….

doa

Jangan kaget dengan thema di atas ya…

Ini sementara yang menjadi pikiran Dj. semata

Mungkin dulu Dj. tidak ambil pusing kalau ada yang berkata…Sekarang juga tidak, hanya merasa aneh, karena semakin banyak orang berkata…Doakan saya, karena saya sakit…Doakan saya, karena sedang ada masalah…Doakan saya, karena akan berangkat ke keluar negeri…Doakan saya, karena…bla…bla…bla…(dan masih sangat banyak lagi, kata-kata…doakan saya…).

Dj. rasa orang yang demikian, adalah orang yang egois, karena pikiran nya hanya berpusat kepada dirinya sendiri. Selain hanya mikir untuk diri sendiri, juga orang yang kurang percaya kepada diri sendiri.

Tapi sangat lain, kalau seseorang berkata, tolong doakan si “ X “ yang sedang sakit, atau si “ Y “ yang sedang ada masalah dst…Bukan untuk diri sendiri.

Dj. jadi ingat seorang teman orang Jerman yang kelihatan nya sangat angker, dengan badan sangat besar (lebih dari 150 Kg. beratnya). Kepala dicukur gundul dengan jenggot cukup panjang dan tingginya hampir 2 meter. Sangat mirip orang yang menganut paham “ Neo Nazi “, tapi Dj. kenal dia sangat baik dan bahkan dengan burung kecil saja dia sangat takut. Hahahaha…!!! Nah, teman ini pernah satu saat dalam kesulitan (Dj. bisa lihat dari wajahnya yang kurang berseri…Dj. dekati dia dan berkata…Jangan takut, pasti ada jalan keluar, saya akan doakan. Sungguh sangat kaget saat dia menjawab, jangan doakan saya, karena sayapun tidak pernah berdoa untuk diri saya sendiri.

Jujur Dj. sedikit bingung dengan jawabannya ini. Padahal Dj. tahu, karena pernah melihat fotonya, bahwa dia dari kecil sudah menjadi pelayan kebaktian di gereja (Katholik). Jelas Dj. bertanya, mengapa demikian, mengapa kamu tidak mau saya doakan…??? Dengan santai dia menjawab, saya yakin tanpa saya berdoa untuk diri saya sendiri, bahwa TUHAN sudah memberikan yang terbaik untuk diri saya.

Bila saya dalam keadaan tidak baik, itu bukan karena TUHAN lupa memberi yang terbaik untuk saya, tapi itu semua karena kesalahan saya sendiri.

Waaaaaaw…

Dj. pikir…Belum pernah melihat atau mendengar orang yang berkata seperti ini. Begitu yakin nya dia, bahwa bila dia berbuat yang baik, maka TUHAN akan selalu memberikan yang terbaik untuk kehidupan nya.

Sangat berlainan dengan orang-orang yang selalu Dj. dengar berkata kepada Dj. Mas Dj.tolong doakan saya ya, karena saya akan keluar negeri, agar selamat dalam perjalanan. Atau…Doakan saya, karena saya sakit nih, semoga saya cepat sembuh…Mas Dj. tolong doakan saya karena sedang kena masalah…bla…bla…bla…Bukan nya Dj. tidak mau berdoa, Dj. selalu penuhi permintaan tersebut dan Dj. juga doakan apa yang jadi keinginan teman atau sobat Dj.

Tapi…Kalau dipikir lagi, apakah teman-teman dan sobat-sobat Dj. ini tidak bisa berdoa sendiri…??? Atau hanya ingin pamer kalau mau ke luar negeri…??? (silahkan). Atau dengan kata lain…hanya ingin mencari perhatian saja…??? Apalagi kalau sampai pasang foto di FB sedang berbaring di Rumah Sakit dan mohon doa semua teman di FB.

Dj. jadi berpikir….Memang nya Dj. ini pabrik doa…??? Kok banyak teman atau sobat Dj. yang ingin Dj. doakan…???
Menurut iman Kristen, dalam kitab Suci kami ada tertulis…

Mintalah, maka padamu akan diberi. Carilah, maka kamu akan mendapat. Ketok lah pintu, maka padamu, pintu akan dibukakan.

Bila engkau meminta kepada Bapaku di sorga atas namaku, maka engkau akan menerimanya (kata TUHAN YESUS)

Di sini jelas, kita bisa minta sendiri dan tidak harus dengan pertolongan orang lain. Mengapa…??? Karena kita PUNYA MULUT dan bisa berbicara, mengapa kita harus berdiri di belakang doa orang lain. Jadi ingat saat Dj. masih anak-anak, takut meminta sendiri ke ayah Dj. maka adik Dj. yang Dj. suruh minta. Sialnya, adik Dj. berkata, disuruh mas Djoko minta ini atau itu. Lalu kata ayah Dj. : Suruh dia minta sendiri…!!! Nah lo…kalau TUHAN berkata demikian, bagaimana dan apa kita tidak malu…???

Bila demikian, apakah kemudian kita tidak perlu mendoakan orang lain…??? Justru sangat perlu, mendoakan orang lain itu sangat baik dan bahkan Dj. selalu anjurkan. Lha lalu…BAGAIMANA…??? Maksud Dj….DOA ITU JANGAN DIMINTA, TAPI DIBERIKAN.

Jadi bila ada teman atau sobat yang berkata…Maaf…saya saat ini sedang sakit, maaaaf…saya akan pulang kampoeng, maaf saya sedang ada masalah…jelas, pasti akan Dj. doakan. Anda tidak perlu khawatir, TUHAN itu KASIH dan Kasih itu akan selalu menaungi kita apa bila kita berjalan dalam kehendak Nya.

Kita berbuat salahpun, Dia tetap setia dan menunggu kita kembali kejalan Nya yang benar. Doakan saudara, teman dan sobat kita, walau tidak mereka minta. Doakan mereka yang hidup dalam kekurangan, mereka yang berbaring di rumah sakit, mereka yang di penjara, para janda dan fikir miskin serta yatim piatu. Berdoalah bagi semua orang, termasuk orang yang membenci anda dan jangan menjadi sama dengan mereka.

Jadilah pabrik doa untuk semua teman, sahabat dan saudara anda, walau tanpa mereka minta. Dan kita tidak perlu meminta untuk didoakan, karena TUHAN tahu siapa kita dan juga kebutuhan kita setiap harinya. Walau 1000 orang anda minta untuk mendoakan anda, tapi kelakuan anda di luar jalan nya, maka semuanya akan menjadi sia-sia.
Jadi, jangalah bermain dengan doa, karena doa adalah komunikasi kita dengan pencipta kita (Doa itu sakral dan jangan untuk main-main).

Bila anda sudah bisa merasakan, bagaimana respon TUHAN, terhadap doa anda, maka anda akan semakin yakin, bahwa doa anda tidak sia-sia. Dan anda akan selalu rindu untuk berdoa, menghadap ke hadiratNya yang Kudus, untuk memujiNya dan meminta sesuatu untuk orang lain. Anda tidak akan minta lagi untuk didoakan, tetapi anda akan dengan senang hati mendoakan orang lain.

Jangan jadikan doa menjadi jimat untuk mengusir roh jahat atau mencari perhatian orang. Tapi dengan keyakinan, anda dapat berdoa dan Gusti Allah akan melindungi kita semua dari roh yang jahat. Maksud Dj….Anda boleh membaca doa “Bapa Kami“ atau ayat korsi, tapi kalau itu hanya sebagai hafalan saja, maka doa itu akan menjadi sia-sia, karena tidak diucapkan dengan iman yang sungguh-sungguh. Apalagi kalau doanya untuk menjatuhkan orang lain…Wadooooh, Dj. tidak tahu akan hal ini, mungkin bukan doa yang ditujukan kepada GUSTI ALLAH.

Terimakasih, sudah membaca oret-oretan Dj. Juga terimakasih kepada pengasuh Baltyra yang selalu menayangkan oret-oretan Dj.

Mohon maaaf, bila banyak kata-kata yang tidak berkenan di hati anda. Semoga Kasih dan Berkat TUHAN, selalu menaungi kita semuanya, sampai Maranatha TUHAN DATANG…!!!

Sampai jumpa di oret-oretan minggu depan dengan makan-makan lagi. Hahahahahahahaha…!!!

 

Salam Kasih dari Mainz.
Dj. 813

djokopaisan-doa

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

35 Comments to "Pabrik Doa"

  1. rahajeng  21 May, 2016 at 23:08

    baguss pak Dj maaf br sempat buka baltyra hehe

  2. Dj. 813  5 May, 2016 at 18:25

    Benar yu . . .
    Pikiran korupsi masih ada di benak mereka .
    Karena untuk jadi Bupati kan juga harus kampanye .
    Untuk kempanye harus keluarga uang banyak.
    Jadi pikiran mereka, uang kampanye harus kembali dengan untung nya .
    Hahahahahahahahahaha . . . ! ! !

    Hal ini juga dialami oleh mahasiswa kita yang ke Mainz untuk pendidikan pelatihan .
    Dari banyak negara dapat beasiswa dan Indonesia termasuk, setiap tahun bisa kirim 2 orang .
    Mereka balajar gratis di Mainz, bahkan dapat uang saku yang lumayan besar .
    Nah ini yang Dj tahu .
    Untuk mendapatkan beasiswa tersebut, hanya mereka yang mau bayar mahal .
    Pernah satu saat tidak ada yang kuat bayar, jadi tidak ada yang dikirim .
    Samapai Prof. nya orang Jerman yang kami kenal, dia bingung . . #
    Dikasih beasiswa 2 orang, tapi tidiak ada yang dikirim .
    Akhirnya tahun kemudian Ondonesia hanya dapat 1 orang .

    Kasihan kan . . .
    Watak koruppsi masih ada dibenak mereka .

    Okay, salammansid ari Mainz yu dan semoga sehat selalu .
    Selamat merayakan hari Kenaikan TUHAN YESUS KRISTUS . . . ! ! !

  3. Lani  4 May, 2016 at 08:39

    Mas DJ: piye mas bupatine ikut digelandang kehotel prodeo? Bupati ediaaaaan iki, biar dikasih diskon sekalipun ya ndak kuat bayar to mas…..

    2 juta bukan duit sedikit, coba klu hal spt itu sampai ke Ahok, wis bupatine dan org yg memeras langsung diplintir biar kapok

    Al: setuju dgn pendptmu

  4. Alvina VB  4 May, 2016 at 00:05

    Ha..ha….ini artikel pabrik doa, ttp dah keluar jalur jauhhhh sampe ke tukang sapu yg dimintain 10 juta?
    Mustinya ini tukang sapu berdoa spy dpt pekerjaan di tempat lain aja, he..he…

    Untuk jawab pertanyaan Nonik, saya setuju dengan pendptnya mbakyu Lani. Tetapi garis besarnya Tuhan tahu apa yg kita doakan itu utk kebaikan kita/gak, sesuai dengan rencanaNya atau malah menjauhkan kita dari Dia. Tuhan maha tahu dan jawaban doa pasti datang pada saatNya, bukan waktunya kita. Saya sadar, doa itu terkadang dijawab puluhan thn kemudian, ternyata saat saya sudah siap utk menerimanya. Yg pasti doa itu sangat besar kuasanya kl kita punya iman yg kuat. Setuju gak mas DJ dan mbakyu Lani?

  5. Dj. 813  3 May, 2016 at 17:05

    Lani 2 May, 2016 at 03:16

    Mas DJ: Sungguh tidak masuk akal, nglamar jd tukang sapu dimintai 10 juta????? Itu yg minta duit hrs segera dicari, dan digantung di alun2 kkkkk…………pie setuju mas?????
    —————————————————————————————-

    Hallo yu Lani . . .
    Tidak sangka masih ada komentar disini . . .
    Mahalo yu . . .

    Tapi itu hal yang sebenarnya yu, sampai itu orang mengadu ke bupati Brebes .
    Dan akhirnya dia dikasih discone, cuma bayar 2 juta .
    Tapi dia mau jadi tukang sapu karena miskin, 2 jutapun dia tidak sanggup .
    akhirnya dia milih kerja jadi kuli pabrik .

    Memang aneh bin ajaib negara kita, semua mau pungli .
    Hahahahahahahahaha . . . ! ! !
    Salammanis dari Mainz yu .
    Dan semoga sehat selalu ya .

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *