Museum Benteng Heritage

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

 

NAMA jalannya Cilame di Pasar Lama, Tangerang. Umur jalan ini mungkin sudah 450 tahun lebih. Karena Klenteng Boen Tek Bio saja (di ujung Jl Cilame) dibangun tahun 1684. Artinya jalan ini (di sisi kiri kelenteng) umurnya seputaran itu. Jangan-jangan sudah 500 tahun. Sekarang jorok, karena jadi pasar. Tapi di Jalan Cilame ini ada bangunan unik. Pertama ke sana 2007, tertarik moto-moto, karena ketahuan rumah ini pasti “rumah istimewa” dilihat dari segi arsitektural. Tapi kok banyak celana dalam dijemur. Basah lagi. Netes-netes. Ini yang bikin tertarik jeprat-jepret.

benteng01 benteng02 benteng03

Eh, gak tahunya, rumah itu dijadikan museum warisan peradaban Cina Benteng, plus resto enak (belum nyoba). Sampai sekarang belum pernah masuk ke museum ini, karena pas ke sana awal bulan lalu, tutup. Sepi. Dan tetep jorok di depannya, karena pasar dengan pedagang khas Indonesia yang tak suka kebersihan.

Museum di Indonesia sangat dilecehkan. Berawal dari tidak diurus, lalu jadi museum. Akhir cerita, tak diurus lagi.

PS: Museum ini punya paket tur untuk ke landmark Cina Benteng. Ikut aja sekalian nyobain kulinernya. Enak… Beraknya jangan di Kali Cisadane.

 

 

8 Comments to "Museum Benteng Heritage"

  1. Lani  16 May, 2016 at 09:59

    ISK: prof. penutup ps nya kok nggilani…….hoeeeeek deh klu hrs berak disana, apakah lokasi ini belum dirambah oleh Ahok beserta dinas kebersihannya? Makane msh joroooooooook……….

    Betul adanya kesan museum di Indonesia pada umumnya gelap, singup, wingit, kotor dan jorok, makane tiap kali ke Indonesia aku tdk suka masuk/melongok museum lain klu di LN indah, dan menarik utk dikunjungi, kapan ya museum di Indonesia akan berubah wajahnya, rapi jali dan tdk berkesan banyak setannya……….

  2. Lani  16 May, 2016 at 09:55

    James: drmn bs tau benteng kenthirs lebih kokoh?

  3. J C  16 May, 2016 at 08:50

    Sudah sangat sering ke museum ini, dan kebetulan kenal baik sama owner’nya…hehehe…

    Bukan cap go meh, mas Iwan, tapi Peh Cun, Dragon Boat Festival…

  4. djasMerahputih  3 May, 2016 at 09:23

    Jorok itu indah…
    Museum nggak perlu dilirik, toh bangsa kita pelupa..
    #melawanlupa

  5. Alvina VB  3 May, 2016 at 02:54

    Coba Jakarta njiplak bersihnya Singapore, pasti hebring….njiplak yg bagus2 gitu loh….

  6. Handoko Widagdo  2 May, 2016 at 12:48

    Kejorokannya tetap diwariskan.

  7. james  2 May, 2016 at 10:19

    Museum Benteng Kenthirs lebih kokoh deh di jaman Baltyra

  8. IWAN SATYANEGARA KAMAH  2 May, 2016 at 08:13

    Bukan Juni ada cara Cap Go Meh. JC yang tahu persis waktunya. Ke sana aja. Ke Kali Cisadane dan Klenteng serta museum.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.