Tembok Api (4): The Great Wall of China

Nia

 

‘He who never climbed the Great Wall can not be deemed a Man’

Setelah duduk manis di bus saya langsung mbayangin berada di atas tembok besar. Hingga tiba waktunya bayar ongkos bus…

Petugas cewek yang kayak kondektur menunjukkan kartu trus ngomong blablabla soal kartu itu. Saya lihat penumpang lain mengeluarkan kartu tipe yang sama. Mampus kalo bayar pake kartu bisa-bisa saya dilempar keluar bus di tengah jalan.

Saya tanya ke bapak penumpang sebelah saya bisa bayar cash atau gak. Setelah perbincangan dengan bahasa tubuh dan bahasa kalbu yang panjang dan lama akhirnya saya mudeng kalo cicik petugas ngasih tau yang bayar pakai kartu disuruh inget-inget 4 digit terakhir nomor kartunya karena penumpang gak nge-tap sendiri-sendiri tapi dikumpulin trus ntar dibalikin. Makanya harus inget nomor kartunya.

Nah bagi yang gak punya kartu bisa bayar cash tapi 2x lebih mahal. Kalo gak salah saya bayar 12 yuan. Langsung kasih ke cicik petugas.

Di bus itu juga ada cicik lain yang jadi kayak guide. Suaranya melengking bikin iritasi kuping. Mana dia ngoceh lamaaaa bangettttt… gak papa sih kalo saya ngerti… lha ini satu katapun saya gak ada yang mudeng. Saya sebel banget sama suaranya.

Kira-kira 1.5 jam kemudian bus sampai di parkiran Badaling. Itu kan bus umum ya… tapi masak kami harus baris buat bareng-bareng ke loket. Trus di depan loket juga pada nunggu perintah cicik guide. Herman…

Nah saya langsung nylonong ke loket. Mau ikutan nunggu kayak penumpang lain buat apa coba wong saya gak paham apa yang dibilang cicik guide.

Sampai di loket saya sodorin uang 100 yuan. Niat cuma beli tiket masuk yang harganya 40 yuan. Mamak petugas gak mau kasih saya tiket. Bayar 160 yuan atau gak ada tiket buat kamu! Begitu kira-kira terjemahan pandangan sinisnya ke saya.

Saya usaha lagi bilang cuma mau tiket masuk gak mau tiket buat cable car. Mamak itu tetep gak mau kasih. Saya kalah. Saya sodorin uang 200 yuan. Dikembaliin 40 yuan. Dia kasih 2 tiket. 40 yuan buat masuk dan 120 yuan buat cable car.

Saya genggam 2 tiket itu pake tangan kiri. Gabung sama hp. Trus pas saya lagi noleh liat kantong di celana sebelah kanan tiba-tiba… saya merasa ada yang narik hp saya. Tapi karena genggamnya kenceng jadi yang kena cuma 1 dari 2 tiket saya. Dan itu yang tiket buat cable car.

Ckckck… cobaan buat ke Tembok Besar kok adaaaa ajaaaa. Saya iklaskan wong menang gak ada niat buat naik cable car.

great wall

Trus saya jalan ikutin petunjuk menuju entrance. Ternyata jauuuuhhhh… musti lewatin lorong pasar souvenir dan pemeriksan x-ray segala.

Sampai juga saya naik ke Tembok Besar.

 

-I am a Man-

 

 

About Nia

Don't judge the book by its cover benar-benar berlaku untuk Nia ini. Posturnya sama sekali tidak menggambarkan nyalinya. Blusukan sendirian ke seluruh dunia dilakoninya tanpa gentar. Mungkin hanya North Pole dan South Pole yang belum dirambahnya. Catatan perjalanannya memerkaya wawasan bahwa dunia ini benar-benar luas dan indah!

My Facebook Arsip Artikel

8 Comments to "Tembok Api (4): The Great Wall of China"

  1. nia  28 May, 2016 at 23:03

    ayo para kenthir ikutan marahton di Great Wall yang berhasil sampe finish dapet bikini kiwir-kiwir

  2. J C  23 May, 2016 at 05:50

    Naaah ini dia, aku juga belum pernah…

  3. Lani  6 May, 2016 at 05:26

    Mas DJ: betuuul sekali……..diantara para kenthirs tdk ada tembok pemisah walau berjauhan……….tetep merasa dekat

  4. Dj. 813  6 May, 2016 at 00:14

    Untung, diantara para kenthiir tidak ada tembok yang memisahkan .
    Salam kenthir selalu . . .

  5. james  5 May, 2016 at 09:06

    ci Lani, copet cepotnya harus ditarik kedalam Great Wall nya oleh David Copperfield, dilepas di dalam Great Wal jangan diajak keluar lagi

  6. Lani  5 May, 2016 at 00:06

    James: betul2 great kenthirs walls……………krn pentulise sampai kecopetan! Ternyata copet ada dimana-mana ya…………..sll ambil kesempatan dlm kesempitan

  7. djasMerahputih  4 May, 2016 at 16:39

    great wall great history…!!
    Udah ada yang pernah jogging keliling great wall belum yah..?

    2.. nyusul bang James di Great Kenthirs Wall.

  8. james  4 May, 2016 at 15:27

    1……the great wall of Kenthirs

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.