Beli Satu, Gratis Satu

Fire – Yogyakarta

 

Beginilah bunyi potongan sebuah iklan di koran. Serius, ini iklan beneran nggak main-main.

Kijing1

Mungkin kira-kira dialognya seperti ini bila datang seorang pembeli yang hanya butuh 1 kijing saja:

“Permisi, Mas, saya mau cari kijing.”
“Wah, Bapak datang pada saat yang tepat, kebetulan kami sedang ada promo, beli 1 kijing, gratis 1 kijing …”
“Tapi saya cuma butuh satu saja, buat makam almarhumah istri saya …”
“Nggak ada salahnya kelebihan 1 kijing, Pak, siapa tahu sebentar lagi, njenengan nyusul …”

Kalo saya yang bikin, mungkin iklannya jadi kayak gini:

Kijing2

Bagaimana kalo yang dipromosikan adalah paket resepsi pernikahan atau wedding package. Misal karena wedding organizer-nya baru buka lalu bikin promo tersebut biar cepat dikenal. Mungkin kalo ada pasangan yang hendak merencanakan resepsi pernikahan berkunjung ke kantor wedding organizer tersebut, dialognya semacam ini:

“Selamat siang, kebetulan kami sedang mengadakan promo untuk paket resepsi pernikahan, beli 1 paket gratis 1 paket.”
“Lha, tapi kami butuhnya cuma 1 paket saja….”
“Siapa tahu, nggak lama setelah itu Bapak pengin nikah lagi …”

Kalo tawaran ini diterima bisa ditebak pulangnya langsung “perang dunia”, nggak jadi nikah ….

Nah, bagaimana kalo promo obat sudrun?

promoobatsudrun

Sebenarnya nggak perlu promo seperti ini, bagi para calon konsumen yang terpenting adalah testimoninya. Berikut adalah testimoni mereka yang telah merasakan khasiat obat sudrun:

1. Laniyem van Kona: Dulunya saya sudah sudrun bertahun-tahun. Setelah minum obat sudrun secara teratur, saja malah jadi kenthir. Sebulan kemudian, saya jadi koplak. Terimakasih obat sudrun.

2. Mugiyem de Pakem: Setelah lama pergi ke Brasil, saya sudah lupa bagaimana rasanya sudrun. Untunglah rekan saya Nur Mberok merekomendasikan obat sudrun. Sejak minum obat sudrun hidup saya menjadi lebih berarti. Saya akan segera mengambil studi tingkat lanjut dengan topik Filosofi Sudrun. Obat sudrun, I love you so much … muach … muach …

3. Josh de Shrek: Belum sampai seminggu saya mengkonsumsi obat sudrun, aura sudrun saya meningkat pesat. Komunikasi dengan warga Baltyra jadi lebih mudah nyambung. Menurut sejumlah penggembira di Baltyra, saat ini saya menjadi pribadi yang sangat menarik dan merupakan pilihan utama untuk …… dibalang teklek ….. Saya bahkan mendapat tawaran untuk menjadi cover boy majalah Dunia Lain. Obat sudrun memang joss gandhos ….

4. Elnino van Irus: Saya minum obat sudrun lebih dari 3 sendok sehari, karena saya minumnya pake irus. Dulu setiap kali akan nagih cicilan wajan, saya mesti pura-pura sudrun. Berkat obat sudrun saya nggak perlu lagi pura-pura sudrun. Bahkan setiap kali saya datang ke rumah pengutang, dari jauh lihat saya datang, kiriknya langsung kabur, takut ketularan. Obat sudrun memang top markotob …

5. James de Pertamax: Saya sudah tiga minggu minum obat sudrun. Hasilnya saya malah jadi wudun. Miss you obat sudrun …..

Baiklah teman-teman, mangan nggak mangan asal sudrun, bersatu kita sudrun bercerai kenthir lagi ….

 

 

About Fire

Profile picture’nya menunjukkan kemisteriusannya sekaligus keseimbangannya dalam kehidupan. Misterius karena sejak dulu kala, tak ada seorang pun yang pernah bertatap muka (bisa-bisa bengep) ataupun berkomunikasi.

Dengan tingkat kreativitas dan kekoplakannya yang tidak baen-baen dan tiada tara menggebrak dunia via BALTYRA dengan artikel-artikelnya yang sangat khas, tak ada duanya dan tidak bakalan ada penirunya.

Arsip Artikel

18 Comments to "Beli Satu, Gratis Satu"

  1. Lani  3 September, 2016 at 04:13

    erny abigail 2 September, 2016 at 13:06
    sejak baca pertama kali aku mengira2 kijing, sudrun, kenthir itu apa ya? kalo di daerahku, kijing itu sejenis kerang tapi hidup di air tawar. bentuknya lebih kecil dari kerang.
    +++++++++++

    Hello Erny,
    Klu boleh tau dirimu asal dari daerah mana? Aku bisa mengerti klu kdg tdk ngerti bahasa dirumah ini mengingat membernya berasal dr berbagai daerah yg berbeda.

    Kijing = batu nisan akan ttp aku pernah dengar bhw kijing adl sejenis kerang tp lebih kecil dr kerang, akan ttp aku tdk tau kerang kijing ini asal dr bahasa/daerah mana? Mungkin bisa jawab?

    Sudrun=kenthir bisa diartikan sama yaitu gila, hanya saja dlm bahasa jawa/ngoko penggunaan gila itu bs menggunakan berbagai macam/variasi istilah yg ber-beda2 itulah kekayaan khasanah bahasa Jawa.

  2. erny abigail  2 September, 2016 at 13:06

    sejak baca pertama kali aku mengira2 kijing, sudrun, kenthir itu apa ya? kalo di daerahku, kijing itu sejenis kerang tapi hidup di air tawar. bentuknya lebih kecil dari kerang

  3. Lani  16 May, 2016 at 10:00

    Ki Lurah: bukannya kalian berdua sama2 guru gemblung???

  4. J C  16 May, 2016 at 08:52

    Oaaaallllaaaaahhhh…jiaaaannn asli koplak gemblung sudrun akut tenan…huahahaha…

  5. HennieTriana Oberst  14 May, 2016 at 15:07

    Sesudah baca komentar baru ngerti apa arti KIJING

  6. Dewi Aichi  14 May, 2016 at 05:23

    Lani….iya beneran iki kang Fire jiannnnnnnnnnn…kumattttttttttttttt…

    pak DJ..lha kalau kijing ya gimana wkwkwkkwkw…beli satu dapat 2…siapa tau segera nyusul…

  7. Lani  14 May, 2016 at 03:43

    Sami-sami James………lain kali boleh tanya jg ke lurah Baltyra dia ahlinya boso Jowo

  8. james  13 May, 2016 at 10:35

    ci Lani, makasih atas bantuan terjemahannya

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *