Wawancara

Dian Nugraheni

 

Kisah si Kakak yang sedang siapin internship untuk kumpulin minimum 100 jam kerja, maka sore tadi sepulang sekolah, si Kakak langsung menuju Bank di mana dia akan magang, latihan kerja, janji bertemu untuk wawancara jam 4 sore.

Pagi sebelum berangkat sekolah, si Mak ingetin, “ganti bajunya udah Kak..? Kalau wawancara kerja begitu ya sebaiknya pakai pakaian yang formal, jangan pakai celana panjang jins atau legging gitu..”

Si Kakak, “Udah aku siapin, Mah..”

Si Mak, “siapin uang receh buat bayar taksi, kalau kira-kira naik bus nggak nyampai waktunya, jangan telat…’

SI Kakak, “Sudah, Mah…”

Ketika si Kakak pamit berangkat sekolah pagi tadi, salim, lalu seperti biasa si Mak kasih doa harian sebelum berangkat sekolah..bla..bla….bla.., lalu ditambahin pesan, “Kakak, kalau wawancara, biasa aja, wajar aja, nggak usah gerakan tubuh, atau suara kita pas ngomong, dibikin-bikin biar nampak gimana, gitu. Bawa dirimu sendiri…., sopan, tentu saja, nice, sudah pasti, dan yang paling penting, jawab jujur soal apa yang mereka tanyakan. Kakak berdoa, Mamah juga doakan…”

Si Kakak, “Iya Mah…”

****

Malam pas si Mak pulang kerja, si Kakak sedang tidur pules, dibangunin deh, “gimana tadi wawancaranya..?”

Bla..bla..bla…
Si Kakak, “Aku naik bus, Mah, pas turun, aku bingung, kemana ya, kiri, kanan apa nyebrang…trus aku jalan aja deh ke arah U-Haul (tempat sewa mobil buat pindahan), waktu aku liat di mapnya sekitar situ sih, mana waktunya sudah hampir jam 4….”

Si Kakak lihat lokasi di map, lewat komputer di rumah. Punya hape konvensional, cuma bisa telpon lokal dan sms doang, ga ada internetnya, jadi ga bisa buka map di jalanan.

Si Mak, “kok ga naik taksi aja, kan cepet, dan sopirnya bisa langsung carikan lokasinya..”

Si Kakak, “Enggak.., naik bus aja…trus ketemu kok, Mah, ternyata aku jalan ke arah U-Haul itu sudah bener, trus enggak telat…”

Si Mak, “Tuhan bersamamu, Nak, Dia bawa kamu jalan ke sana, jadi ketemu dan ga telat…”

_Saking mepet-mepet waktu cari tempat buat internship, dia sampai ga punya waktu untuk survey lokasi di mana Bank itu berada, lamaran dan lain-lain via online_

Interview

*Cuma ngebayangin kalau si Mak yang ada dalam kondisi begitu, biasanya akan ancur lebur. Si Mak jeblok soal orientasi medan, ga tau utara selatan, kalau udah panik, langsung semutan dan pengennya langsung ndeprok aja deh. Maka kalau ngapa-ngapa, si Mak pasti…survey dulu sampai beneran yakin pasti gimana-gimananya..hixixixi…Gitu kok ngakunya sakti, ya..*

 

 

7 Comments to "Wawancara"

  1. J C  23 May, 2016 at 08:15

    Sukses selalu buat ananda ya…

  2. Handoko Widagdo  16 May, 2016 at 07:54

    Jangan samakan generasi sekarang dengan generasi Purworejo ya.

  3. Lani  14 May, 2016 at 15:03

    AL: Klu gitu sia2 dan percuma aja wlu CV nya bagus setinggi langit……….la kok tardiness nya itu lo………..

    Jd ingat satu kali aku diwawancara ditanya: apa yg plg penting dr dirimu yg dikatakan oleh para bossmu?

    Jawabanku: aku adl seorang yg bisa dipercaya/trust! Langsung dah ditrima……..simple tp jerooooooooo banget dampaknya!

  4. Alvina VB  14 May, 2016 at 05:45

    Dian: Senang ya dengerin cerita wawancara anaknya. Saya suka dengerin cerita temen2 yg kerja di HRD di tanah air dan mereka wawancara anak2 muda jaman sekarang, mereka bilang dari yg PD banget sampe ada yg mau nangis gak bisa jawab pertanyaannya. Kemarin ini temen saya cerita ada karyawan muda yg ngelamar kerjaan ditanya apa kelebihan kamu, dia jawabin mantep lulusan LN, percaya diri, bisa dipercaya, detail- oriented, dsb dan pas ditanya kekurangannya e ya lah kok jauh dari kelebihannya…katanya suka males, ragu-ragu dan suka lupa, hadew…. Kata temen saya langsung dicoret aja dah, no second interview, walaupun CVnya sangat impressive sekale…lah org buat posisi yg butuh org yg rajin, gesit dan alert setiap saat.

  5. james  13 May, 2016 at 15:52

    Wawancara masih sodaranya Wiwincari ? atau CariWiwin ?

  6. Lani  13 May, 2016 at 14:09

    James: wawancaranya sdh berlalu skrng sdh kerja spt biasa……………kamu mah enak udah pensiun kg mikirin kerja bla……..bla………bla………jd enjoy aja

  7. james  13 May, 2016 at 10:41

    1…..wah betapa senangnya Job Interview

    para Kenthirs mau Wawan Cara dimana tuh ?

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *