Asparagus vs Gado-gado

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO ANDA SEMUA DI BALTYRA….

Seperti minggu lalu, Dj. sudah janji, kali ini akan cerita tentang makanan lagi. Hahahahahahahaha…!!!

Awal dari musim semi, seperti minggu lalu, selalu banyak tumbuh-tumbuhan yang mulai hidup kembali dari istirahat musim dingin.

Demikian juga dengan asparagus, orang Jerman menyebutnya “SPARGEL” Tahukah anda bagaimana mereka panen ini asparagus…!!! Cukup melelahkan, harus jongkok, karena asparagus ini, akarnya diurug dengan gundukan tanah.
yang cukup membumbung.

asparagus (1)

Jadi harus lihat kalau ada yang sudah sedikit muncul ujungnya, lalu pekerja menusuk dengan satu alat, agar bisa terpotong batang yang masih di bawah tanah.

asparagus (2)

Asparagus bisa dibeli di Supermarket, atau kalau pas lewat satu desa, pasti ada petani yang menjual hasil panennya, bila musim. Ini Asparagus yang putih yang Dj. beli di Supermarket, ada yang eceran dan bisa pilih yang disuka/diperlukan dan kemudian ditimbang.

asparagus (3)

Ada juga yang sudah ditimbang dan dibungkus dengan plastik, jadi tidak bisa milih-milih lagi, biasanya kurus dan gemuk tercampur jadi satu.

asparagus (4)

Nah ini ada juga yang sudah beberapa hari keluar dari tanah dan memang sengaja dipanen demikian, karena ada juga orang yang lebih suka makan yang berwarna hijau, katanya lebih sehat, entah lah. Yang jelas lebih mahal, walau bedanya tidak banyak juga sih.

asparagus (5)

Asparagus…Menurut mbah Google, terakhir dipanen hingga tanggal. 24 Juni dan kemudian dibiarkan bertumbuh secara liar, agar akarnya kuat. Dan tahun depan bisa dipanen lagi. Jelas, saat memasuki musim dingin, maka semak asparagus ini dipotong dan tanahnya dibersihkan.

asparagus (6)

Biasanya, asparagus hanya direbus dengan sedikit garam saja lalu saat akan makan baru dibubuhi saus. Jelas… Asparagus juga bisa dibikin sop, bahkan untuk orang Asia mengenal asparagus, biasanya di dalam sop Asparagus.
Nah…Orang Jerman, makan asparagus, biasanya dengan ham rebus dan saus Holandaise dan makan dengan kentang rebus.

asparagus (7)

Asparagus juga bisa digado, rasanya sedikit manis-manis pahit, tapi enak dan segar. Sedangkan kami keluarga Paisan di Mainz, asparagus yang sudah direbus, kami makan dengan BBQ dan asinan timun kecil. Hahahahahahahaha…!!!

asparagus (8)

Nah di sini, Nok pasti bertanya….Apa kenyang makan seperti itu…??? Hahahahahahahaha….!!! Dj. bisa mengerti, karena untuk mulut kita orang Indonesia, biasanya kalau belum makan nasi, dibilang belum makan kan…??? Okay…
Bagi yang kurang suka dengan Asparagus dan BBQ, Dj sediakan gado-gado. Tempe mendoan dan Bakwan ala Dj., atau orang Surabaya menyebut bakwan, dengan nama ote-ote…. ini Dj. bubuhi udang, biar semakin mantab…!!!
Tapi juga tanpa nasi lho…Hahahahahahahaha…!!!

asparagus (9)

Okay…Mohon maaaaaf, bila oret-oretan Dj. banyak salah tulis atau ada kata-kata yang kurang berkenan. Juga beberapa foto yang Dj. ambil dari mbah Google.

Terimakasih kepada pengasuh Baltyra dan anda semuanya yang selalu setia menantikan hari Selasa. Semoga Berkat dan Kasih TUHAN, selalu menaungi kita semuanya.

 

Salam manis dari Mainz.

djokopaisan-asparagus

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

30 Comments to "Asparagus vs Gado-gado"

  1. Dj. 813  16 June, 2016 at 02:08

    Leony . . .
    Terimakasih sudah mampir . . .
    Dj. malah belum pernah beli asparagus yang di kaleng atau di gelas .
    Bisa jadi kalau winter dan tidak ada yang segar, orang bisa beli yang di kaleng .
    Tapi kami akan menunggu sampai musim nya tiba .

    Yang berbazang hijau, Dj. rasa sama saja cara masaknya .
    Harus dikupas lebih dulu kulitnya, baru direbus atau dibikin sop atau yang lain nya .
    Kata orang, sih yang hijau lebih sehat , hanya katanya sedikit pahit .

    Okay . . .
    Salam manis dari Mainz .

  2. Dj. 813  16 June, 2016 at 02:03

    Maryati-stg . . . .
    Hahahahahahaha . . .
    Tidak apa-apa . . . santai saja . . .
    Maryati bukan orang pertama yang mengalami hal tersebut .
    Salam manis dari Mainz

  3. Lani  16 June, 2016 at 01:03

    Ikha: itu namanya masih perut Indonesia banget…………

  4. Ikha  15 June, 2016 at 15:26

    Ga pakai nasi ga kenyang…hahaha

  5. Leony  15 June, 2016 at 11:10

    Pak DJ, saya sering beli asparagus kaleng yg batangnya putih dan lunak. Biasanya saya olah jd sup asparagus. Saya pernah lihat di pasar ada yg jual asparagus fresh batangnya hijau dan keras. Mau beli tapi tidak tahu cara olahnya. Mohon sarannya pak, kalau yg asparagus hijau, enaknya diolah seperti apa ya? Terima kasih

  6. maryati-stg  15 June, 2016 at 10:25

    Om Dj : hahaa..iya Om..sampai 3x yah..hehe..

    Terimakasih byk ya Om..sudah dipersilahkan ngambil yg mana [email protected]@..

  7. Dj. 813  14 June, 2016 at 14:48

    Hallo dimas . . .
    Hallo Wid . . .
    Terimakasih untuk jempolnya .
    Jadi sekarang sudah tahu darimana asparagus di panen ya Wid .

    Salam manis dari Mainz .
    TUHAN MEMBERKATI . . . ! ! !

  8. Dj. 813  14 June, 2016 at 14:05

    awesome 14 June, 2016 at 11:29

    baru tahu asparagus nandurnya ternyata gitu toch ….

    —————————————————–

    Hallo awesome . . .
    Terimakasih sudah mampir . . .
    Banyak orang Indonesia yang belum tahu, itu normal .
    Karena kebanyakan lihat sudah jadi sop .
    Hahahahahahahahaha . . . ! ! !
    Enak kan, tinggal makan .
    Tapi asyik juga kalau beli masih segar dan kupas sendiri , lalu direbus .
    Atau digado juga enak .

    Okay, salam manisd ari Mainz .

  9. Dj. 813  14 June, 2016 at 14:03

    maryati-stg 14 June, 2016 at 11:46

    Sudah 2kali ngasih comment..tp gak keliatan ya..hehe..

    Ok Om..mau gado2nya saja dweehh..plus bakwan udangnya..pasti makyuss..
    ——
    Hello Om Dj..apa kbr Om..semoga sehat selalu ya..

    Wah klo saya..mau gado2nya saja Om..plus bakwan udangnya..sssrrrppp…pasti maknyuss…heheee…tak comot sendiri ya Om..apalagi sdh mendekati jam makan siang nih…hehee..

    GBU Om Dj..salam hangat jauh dari sudut ruang ini..(jadi spt puisi lg dweehh..)
    ——————————————————————————————————–

    Hallo Maryati-stg .

    Terimakasih sudah 3X mampir . . .
    Hahahahahahahaha . . . ! ! !
    Semua yang Maryati tulis, ada semuanya . . .
    Tidak ada yang hilang .
    Mungkin Maryati tidak bisa lihat, karena halaman nya belum diperbaharui .

    Sangat benar, gado-gado dengan bakan udang nya memang mak nyuuuus . . .
    Apalagi kalau masih hangat .
    Hahahahahahahahaha . . . . ! ! !

    Tapi asparagus, juga enak dan ringan di perut, tidak terlalu berat seperti gado-gado .
    Tapi ya, memamng setiap orang punya selera masing-masing .
    Silahkan saja, mana yang disuka .

    Salam manis dari Mainz .

  10. Dj. 813  14 June, 2016 at 13:57

    James 14 June, 2016 at 09:42

    ci Lani ya pasti ngiler dong sama gado2 ataupun asparagus, keduanya enak kok, hanya asparagusnya lebih enak yang hijau

    hadir…..dibelakang mbak Lani
    ——————————————————-
    James . . .
    Terimakkasih sudah hadir . . .
    Hahahahahahaha . . . ! ! !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.