Kenapa Perancis Dijadikan Sasaran ISIS?

Itsmi James – Belanda

 

Banyak negara di Eropa tapi yang sering kena sasaran pembunuhan ISIS itu di Negara Perancis. Tentu ini berkaitan dengan aktifnya Perancis di Suriah dan Irak. Tetapi dengan adanya Perancis di Suriah dan Irak bagi ISIS tidak begitu relevan karena sudah sejak 4 tahun lalu ISIS sudah umumkan bahwa Perancis negara sasaran mereka dan tentunya tujuan pertama Paris… jantungnya Perancis.

nice-france

ISIS, Muslim umumnya di Eropa dan Negara Timur Tengah sangat membenci Perancis. Perancis negara yang sangat terkenal sebagai negara ateis. Perancis sebagai negara sekuler dengan jelas dan tegas memisahkan agama dan negara. Simbol-simbol agama seperti burka atau niqap dll. dilarang Hukum ini sudah berlaku sejak 10 tahun. Waktu hukum ini diimplementasikan, Muslim marah besar dan tidak menerimanya sampai kalau ada yang didenda, dibayar oleh Muslim yang berduit.

Dan tentu, Perancis negara pencerahan. Pencerahan itu musuhnya Muslim yang paling besar: kata lain musuh yang sudah mendarah daging bagi Muslim fanatik.

Dari sisi ekonomi, kebanyakan Muslim tinggal di pinggiran kota, banyak pengangguran dan sosial ekonominya lemah, jadi sangat sensitive mempromosikan dirinya sebagai Muslim radikal. Yang kembali dari perperangan Suriah dan Irak ada kira kira 600 orang ISIS. Ini juga bisa dikatakan 600 bom berjalan…

Elemen-elemen ini semuanya bagi ISIS sangat ideal sebagai tujuan mereka untuk menghancurkan Perancis atau minimal mendestabilisasi.

Perancis sudah mempunyai tradisi diserang sejak tahun 90’an tetapi selalu Paris kecuali di Toullouse beberapa tahun yang lalu, dimana pada korban orang Yahudi dan tentara. Tujuan pertama selalu Paris. Sekarang meluas ke Nice. Kota yang tertidur, penghuninya kebanyakan orang-orang yang sudah berumur dan tentunya turis.

Jadi dengan Nice bisa diartikan target ISIS itu seluruh Perancis.

 

 

13 Comments to "Kenapa Perancis Dijadikan Sasaran ISIS?"

  1. Itsmi  23 September, 2016 at 14:41

    Djas, teori teori yg mengatakan perang di timur tengah jrn industri senjata terlalu sederhana. Ini pikiran sdh kewt, pikiran intelektual kiri…

  2. Swan Liong Be  26 August, 2016 at 16:58

    @sP4mPr3s:Aku kok ingat kata² Jesus sewaktu ada massa menuntut seorang perempüuan untuk dirajam sewaktu ketahuan selingkuh or something like that; “siapa yang merasa tidak berdosa boleh mulai melemparkan bartu pertama” Begitu aku merasa waktu baca koment anda. Sayangnya ada juga reaksi dari beberapa orang indonesia dijerman sewaktu jerman “kebanjiran pelarian” tahun 2015 ; yang memberi komentar “pulangkan mereka lewat laut dan biarkan tenggelam!” Aku bertanya apakah statement seperti itu ,meskipun maksudnya tidak “serius”patut disebarluaskan?!

  3. J C  3 August, 2016 at 09:41

    Saya setuju dengan masing-masing pendapat dan komentar di artikel ini, mulai dari penulisnya dan para komentatornya…mantap!

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.