[Menu Ndeso] Lodeh Lompong alias Batang Talas

Esti Kristiyaningsih

 

Halooo…ketemu lagi dengan saya orang ndeso yang hobinya masak masakan ndeso hahaha…Kali ini aku mo share resep bikin lodeh dari batang talas, atau biasa di tempatku disebut dengan lompong. Lompong ada banyak banget jenisnya, tapi yang sering aku masak ada tiga jenis yaitu lompong lendra (nanti aku posting di episode selanjutnya ya..), lompong banten yang selalu aku pake buat bikin buntil, dan terakhir lompong tales.

Kalo di tempatku lompong tales seringnya ditanam di pematang sawah, maka sering juga disebut lompong sawah/tales sawah. Biasanya aku selalu dibawakan lompong oleh simbahku, eh tapi berhubung simbah sudah seda, ga pernah ada lagi yang bawain aku lompong tales lagi. Lompong tales ini umbinya sering aku olah jadi kudapan, kadang digoreng ato dikukus saja yang praktis, ditemenin segelas teh manis hangat wees jaan mantep, soalnya talesnya buket-buket gimana gitu…enak!

Naah kalo batangnya aku olah lagi jadi lodeh buat lauk makan. Ga ada yang terbuang kaaan…semuanya kepakai.
untuk mengolah batang lompong talas ga boleh langsung dimasak, tapi kudu dikukus dulu, soalnya kalo langsung di masak tanpa dikukus menyebabkan gatal, ga asik kaan, makan lodeh enak buntutnya gatal-gatal.

Lompong tales di pasar deket rumah banyak dijual, harganya pun muraah banget, 1 ikatnya cuma 1500 perak, nah lhoo muraah kan…Lodeh lompong paling enak disajikan bareng sambal ikan cue pedes, pake balado tongkol pun endees, eh pake ayam goreng ma sambel terasi juga jooss. Tapi kali ini aku masak lodeh lompong sama ikan cue pedes.

Oke deeh ni bahan dan cara bikin lodeh lompong…

Lodeh Lompong

lodeh-lompong-3 lodeh-lompong-1

– 1 ikat lompong bersihkan dan potong kecil
– kukus lompong kurang lebih 15 menit
– 1 butir kelapa diparut dan diperas santannya
Bumbu halus:

lodeh-lompong-10

– 5 bawang putih
– 8 bawang merah
– 5 kemiri
– jahe
– kunyit
– ketumbar
– garam
– salam
– laos
– kamijara / serai

Semuanya aku blender biar praktis dan cepet hihihi..lagi males nguleg soalnya. Tumis bumbu halus sampe harum, tambahkan bumbu kering, kemudian tuangi santan, beri gula, koreksi rasa sudah pas atau belum, masak sampe mendidih, baru lompong kukus dimasukkan. Masak lagi sampai mendidih dan matang.

lodeh-lompong-11 lodeh-lompong-5 lodeh-lompong-6

 

Sambel ikan cue

lodeh-lompong-7 lodeh-lompong-2

– 5 kranjang ikan cue (di tempatku 1 kranjang isi 3 harganya cuma 2 rebu) siangi dan cuci bersih.
– blender cabe rawit, cabe merah, bawang merah, bawang putih dan tomat.
– tumis bumbu halus sampe harum, masukan bumbu kering, masukan 200 ml air, tambahkan garam dan gula

Koreksi rasa jangan lupa biar pas rasanya. Masukkan ikan cue, masak lagi dengan api sedang sampai air menyusut.

lodeh-lompong-8 lodeh-lompong-12 lodeh-lompong-4

Penyajiannya, ambil sepiring nasi pulen siram dengan lodeh lompong terus tambahi atasnya dengan ikan cue pedes terus di santap deh…

Enaak bener ini, si kembarku aja yang pas pertama liat sudah nolak duluan sambil komentar

lodeh-lompong-9

“iiih..makanan kok kaya gitu sih buu, ga maulah”
“cobain dulu yaa jangan nyacat makanan sebelum mencoba”

Eeehh…setelah mencoba malah mereka ketagihan, hmmm..tu kan jangan pernah nyacat makanan sebelum mencoba, kalo akhirnya ketagihan. Okeee deeh cukup dulu coretan menu ndesone yaa, silahkan dicoba resep sederhana ini. kapan waktu aku sharing lagi resep ndeso lainnya.

Terima kasih sudah berkenan membaca yaaa…

 

 

About Esti Kristiyaningsih

Asli Purwokerto, saya ibu rumah tangga biasa yang punya hobi masak dan bikin kue, juga hobi baca, saya ibu dari si kembar Arya dan Naya.

My Facebook Arsip Artikel

17 Comments to "[Menu Ndeso] Lodeh Lompong alias Batang Talas"

  1. kris  30 October, 2016 at 20:40

    Sierli FP
    26 October, 2016 at 15:54
    Mb, bumbu kering yg dimaksud itu adalah daun salam, langkuas, sereh ya..?

    ———————————————***————————————————————-

    betuul sekali mbak Sierli..bumbu kering yang di maksud adalah salam laos kamijara / sereh..

  2. kris  30 October, 2016 at 20:39

    Lani
    25 October, 2016 at 06:14
    Kris: Purwokerto-ne ning endi? Siapa tau aku iso mampir iki tenan lo………..apalagi klu disiapkan lodeh lompong karo sambel iwak asin sing puedessssssss……….langsung ngibrittttttt ora nunggu lama2 hahaha……….

    ————————————————————-***——————————————————————

    Purwokertone di daerah Tambaksogra, deket dengan Rumah Sakit Margono Soekarjo.
    bereeeess mbak..nek tindak purwokerto pinarak, tek masakain. seperti pak Djoko Paisan dulu hehehe…

  3. Sierli FP  26 October, 2016 at 15:54

    Mb, bumbu kering yg dimaksud itu adalah daun salam, langkuas, sereh ya..?

  4. Lani  25 October, 2016 at 06:14

    Kris: Purwokerto-ne ning endi? Siapa tau aku iso mampir iki tenan lo………..apalagi klu disiapkan lodeh lompong karo sambel iwak asin sing puedessssssss……….langsung ngibrittttttt ora nunggu lama2 hahaha……….

  5. kris  21 October, 2016 at 06:48

    J C
    20 October, 2016 at 17:52
    Lodeh aku tau dan doyan, tapi lompong baru tau setelah baca artikel ini… mending aku mampir ke sono kapan-kapan kalau pas touring liburan sama keluarga ke Jawa Tengah…terus tinggal makan…

    ——————————————————–***——————————————————————-

    ayooo Om JC kalo tindak Purwokerto pinarak ke rumah, bereees nanti tek suguhi jangan lompong hehehhe….

  6. kris  21 October, 2016 at 06:46

    Lani
    20 October, 2016 at 14:17
    Al: hahaha…..setuju 100%++………apa perlu diundang tukang masaknya sekalian? Malah mahal diongkos kayaknya………..

    Belum pernah mencicipi lodeh lompongkah? Mmg anjriiiiiiiiiit…………..wuenaaaaaak bingitttttt!

    ————————————————–***—————————————————————————-
    bener mbaak…palah mahal di ongkos ngopeni aku, gak sebanding dengan lomponge hihiihih…

  7. kris  21 October, 2016 at 06:44

    Alvina VB
    20 October, 2016 at 00:10
    Thanks buat resepnya….kelihatannya enak…sedap banget….kayanya lebih enak lagi kl dimasakin, ha..ha….

    —————————————————-***—————————————————————————-
    hahahhaa..ini asli syedeeep, bukan kelihatannya lagi mbak Alvina, emang kalo tinggal emplok itu yang lebih syedeeep..

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *