[Menu Ndeso] Lodeh Lompong alias Batang Talas

Esti Kristiyaningsih

 

Halooo…ketemu lagi dengan saya orang ndeso yang hobinya masak masakan ndeso hahaha…Kali ini aku mo share resep bikin lodeh dari batang talas, atau biasa di tempatku disebut dengan lompong. Lompong ada banyak banget jenisnya, tapi yang sering aku masak ada tiga jenis yaitu lompong lendra (nanti aku posting di episode selanjutnya ya..), lompong banten yang selalu aku pake buat bikin buntil, dan terakhir lompong tales.

Kalo di tempatku lompong tales seringnya ditanam di pematang sawah, maka sering juga disebut lompong sawah/tales sawah. Biasanya aku selalu dibawakan lompong oleh simbahku, eh tapi berhubung simbah sudah seda, ga pernah ada lagi yang bawain aku lompong tales lagi. Lompong tales ini umbinya sering aku olah jadi kudapan, kadang digoreng ato dikukus saja yang praktis, ditemenin segelas teh manis hangat wees jaan mantep, soalnya talesnya buket-buket gimana gitu…enak!

Naah kalo batangnya aku olah lagi jadi lodeh buat lauk makan. Ga ada yang terbuang kaaan…semuanya kepakai.
untuk mengolah batang lompong talas ga boleh langsung dimasak, tapi kudu dikukus dulu, soalnya kalo langsung di masak tanpa dikukus menyebabkan gatal, ga asik kaan, makan lodeh enak buntutnya gatal-gatal.

Lompong tales di pasar deket rumah banyak dijual, harganya pun muraah banget, 1 ikatnya cuma 1500 perak, nah lhoo muraah kan…Lodeh lompong paling enak disajikan bareng sambal ikan cue pedes, pake balado tongkol pun endees, eh pake ayam goreng ma sambel terasi juga jooss. Tapi kali ini aku masak lodeh lompong sama ikan cue pedes.

Oke deeh ni bahan dan cara bikin lodeh lompong…

Lodeh Lompong

lodeh-lompong-3 lodeh-lompong-1

– 1 ikat lompong bersihkan dan potong kecil
– kukus lompong kurang lebih 15 menit
– 1 butir kelapa diparut dan diperas santannya
Bumbu halus:

lodeh-lompong-10

– 5 bawang putih
– 8 bawang merah
– 5 kemiri
– jahe
– kunyit
– ketumbar
– garam
– salam
– laos
– kamijara / serai

Semuanya aku blender biar praktis dan cepet hihihi..lagi males nguleg soalnya. Tumis bumbu halus sampe harum, tambahkan bumbu kering, kemudian tuangi santan, beri gula, koreksi rasa sudah pas atau belum, masak sampe mendidih, baru lompong kukus dimasukkan. Masak lagi sampai mendidih dan matang.

lodeh-lompong-11 lodeh-lompong-5 lodeh-lompong-6

 

Sambel ikan cue

lodeh-lompong-7 lodeh-lompong-2

– 5 kranjang ikan cue (di tempatku 1 kranjang isi 3 harganya cuma 2 rebu) siangi dan cuci bersih.
– blender cabe rawit, cabe merah, bawang merah, bawang putih dan tomat.
– tumis bumbu halus sampe harum, masukan bumbu kering, masukan 200 ml air, tambahkan garam dan gula

Koreksi rasa jangan lupa biar pas rasanya. Masukkan ikan cue, masak lagi dengan api sedang sampai air menyusut.

lodeh-lompong-8 lodeh-lompong-12 lodeh-lompong-4

Penyajiannya, ambil sepiring nasi pulen siram dengan lodeh lompong terus tambahi atasnya dengan ikan cue pedes terus di santap deh…

Enaak bener ini, si kembarku aja yang pas pertama liat sudah nolak duluan sambil komentar

lodeh-lompong-9

“iiih..makanan kok kaya gitu sih buu, ga maulah”
“cobain dulu yaa jangan nyacat makanan sebelum mencoba”

Eeehh…setelah mencoba malah mereka ketagihan, hmmm..tu kan jangan pernah nyacat makanan sebelum mencoba, kalo akhirnya ketagihan. Okeee deeh cukup dulu coretan menu ndesone yaa, silahkan dicoba resep sederhana ini. kapan waktu aku sharing lagi resep ndeso lainnya.

Terima kasih sudah berkenan membaca yaaa…

 

 

About Esti Kristiyaningsih

Asli Purwokerto, saya ibu rumah tangga biasa yang punya hobi masak dan bikin kue, juga hobi baca, saya ibu dari si kembar Arya dan Naya.

My Facebook Arsip Artikel

17 Comments to "[Menu Ndeso] Lodeh Lompong alias Batang Talas"

  1. J C  20 October, 2016 at 17:52

    Lodeh aku tau dan doyan, tapi lompong baru tau setelah baca artikel ini… mending aku mampir ke sono kapan-kapan kalau pas touring liburan sama keluarga ke Jawa Tengah…terus tinggal makan…

  2. Lani  20 October, 2016 at 14:17

    Al: hahaha…..setuju 100%++………apa perlu diundang tukang masaknya sekalian? Malah mahal diongkos kayaknya………..

    Belum pernah mencicipi lodeh lompongkah? Mmg anjriiiiiiiiiit…………..wuenaaaaaak bingitttttt!

  3. Alvina VB  20 October, 2016 at 00:10

    Thanks buat resepnya….kelihatannya enak…sedap banget….kayanya lebih enak lagi kl dimasakin, ha..ha….

  4. kris  19 October, 2016 at 22:04

    Dj. 813
    19 October, 2016 at 01:31
    Hallo Krist . . .
    Akhirnya nongol juga oret-oretan mu .
    Hebat euy . . . . .
    Sayur lodeh dengan batang lompong belum pernah kami makan .
    Semoga tahun depan bisa mampir dan menikmati sayur lodeh dengan batang lompong .

    Ditunggu ditunggu cerita yang akan datang ya .
    Salam manis untuk keluarga dirumah .

    ——————————————————–***————————————————————–

    hehehee..iya nih pak, tapi jedanya lama ya pak!
    semoga kalo mudik bapak bisa pinarak lagi di rumahku ya pak..
    salam ya pak buat ibu..

  5. kris  19 October, 2016 at 22:01

    Lani
    18 October, 2016 at 23:26
    Esti: hadoh biyuuuuuung………..lodeh Lompong langsung kemecer kangen banget aku. jiaaaan kejam nian dirimu menyajikan masakan ini, aku jd ingat mama sering masak lodeh Lompong ini. Aku tdk tau klu ada 3 jenis pohon Talas, yg aku tau hanya pohon Talas yg tumbuh disawah yg bs dimasak/dikudap yg lainnya gatel.

    Selain lodeh Lompong aku plg demen makan Buntil, klu sdh ketemu makanan ndeso makan bs kalap, teringat iklan “kalau sudah duduk lupa berdiri” nah diganti klu sdh makan masakan ndeso jd lupa mandeg……..alias bikinn bobot naik, mungkin perlu kacamata kuda kkkkkkkkk……….

    James: kamu jg gila sama lodeh Lompong? Mmg wuenaaaaak apalagi spt resep yg Esti paparkan disini dipadankan dgn sambel pedes ikan cue…….ngileeeeeeeer sampai kebesssssss……..hikkkkkks……sampai nangis James

    hihihiihhii..ngapurane ya mbaak, nek bikin ngences. si kembarku aja lahap banget makan lauknya sederhana gitu. besok-besok tak posting tumis lompong lendra, biar tambah ngences panjenengane hahaha..
    suwun sudah mampir ya mbaak..

  6. kris  19 October, 2016 at 21:58

    James
    18 October, 2016 at 14:17
    1. waduh ini makanan deso justru uenak dan sangat membangkitkan selera

    hayo para Kenthirs santap Lompong sama Ikannya tuh

    panganan ndeso pancen enak kok hehehe..
    terima kasih om James sudah mampir, salam kenal..

  7. Dj. 813  19 October, 2016 at 01:31

    Hallo Krist . . .
    Akhirnya nongol juga oret-oretan mu .
    Hebat euy . . . . .
    Sayur lodeh dengan batang lompong belum pernah kami makan .
    Semoga tahun depan bisa mampir dan menikmati sayur lodeh dengan batang lompong .

    Ditunggu ditunggu cerita yang akan datang ya .
    Salam manis untuk keluarga dirumah .

  8. Lani  18 October, 2016 at 23:32

    Esti: di Hawaii daun talas (entah jenis yang mana) lebar2 dibuat bungkus makanan tradisional hawaii namanya Lomi biasanya dibuat dr daging babi/ikan entah dibumbuin apa saja krn belum pernah mencobanya, sering orang local menawarkan dipasar juga Poi itu dr taro=talas=kalo yg ungu. Pernah sekali mencoba Poi, bentuknya spt adonan klu bikin roti tp tdk cair lembut, rasanya kecut/asam sama sekali tdk pas dilidahku, itu salah satu makanan khas orang Hawaii dan penduduk Polynesia. Dipasar jg dijual daun talas yg daunnya lebar kadang aku melihat ada batang Talas mungkin org Filipin jg mengolahnya, tp menurutku masakan orang Filipin ndak enak hanya jajanannya ada kemiripan dgn jajanan tradisional Indonesia

  9. Lani  18 October, 2016 at 23:26

    Esti: hadoh biyuuuuuung………..lodeh Lompong langsung kemecer kangen banget aku. jiaaaan kejam nian dirimu menyajikan masakan ini, aku jd ingat mama sering masak lodeh Lompong ini. Aku tdk tau klu ada 3 jenis pohon Talas, yg aku tau hanya pohon Talas yg tumbuh disawah yg bs dimasak/dikudap yg lainnya gatel.

    Selain lodeh Lompong aku plg demen makan Buntil, klu sdh ketemu makanan ndeso makan bs kalap, teringat iklan “kalau sudah duduk lupa berdiri” nah diganti klu sdh makan masakan ndeso jd lupa mandeg……..alias bikinn bobot naik, mungkin perlu kacamata kuda kkkkkkkkk……….

    James: kamu jg gila sama lodeh Lompong? Mmg wuenaaaaak apalagi spt resep yg Esti paparkan disini dipadankan dgn sambel pedes ikan cue…….ngileeeeeeeer sampai kebesssssss……..hikkkkkks……sampai nangis James

  10. James  18 October, 2016 at 14:17

    1. waduh ini makanan deso justru uenak dan sangat membangkitkan selera

    hayo para Kenthirs santap Lompong sama Ikannya tuh

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *