Jepang Banget

Dewi Aichi – Brazil

 

Iseng-iseng mengingat beberapa makanan Jepang yang di Jepang sangat diapresiasi sebagai makanan yang sangat bernilai kebudayaan dan menjadi kebanggaan bangsa Jepang. Orang asingpun pasti awalnya mikir-mikir dulu mau icip-icip.

Tapi Jepang memang luar biasa soal menampilkan makanan hingga menjadi menarik, meski rasa belum tentu. Itulah kenapa Jepang sangat mengutamakan penampilan kuliner. Belum ada tandingan di manapun soal ini.

Beberapa jenis makanan yang menurut saya berada di tempat tertinggi dibanding makanan lainnya, meski saya tidak begitu menyukainya:

1. Natto

natou

Ini adalah kedelai busuk haha…yah..melalui proses fermentasi, kedelai menjadi lembek dan berlendir, konon manfaatnya sangat besar, selain menyehatkan, ini juga membuat kulit badan sehat, dan anti aging katanya. Natto biasanya dinikmati saat sarapan, yaitu dicampurkan dengan nasi panas dan telur mentah. diaduk-aduk, lalu dimakan. Aduh..membayangkan rasanya ngga enak sama sekali. Saya memang ngga bisa menyukai natto.

 

2. Umeboshi

jepang01

Ini jenis buah seperti plum, diawetkan dulu, Rasanya sangat asem, biasanya diletakkan di atas nasi. Menurut saya sih hanya sekedar hiasan. Tapi tidak untuk masyarakat Jepang, ini adalah tradisi turun temurun.Ini katanya salah satu rahasia kenapa orang Jepang panjang umur. Makan 1 biji umeboshi setiap hari. Saya tidak suka.

 

3. Konnyaku

jepang02

Konnyaku teksturnya seperti gelatina, warnanya biasanya abu-abu. bahannya dari kentang jenis konjac atau buah konjac, jenis umbi-umbian yang tumbuh liar. Konnyaku sangat lazim ada di menu bento, soup, atau giouza. saya tidak suka.

 

4. Anko

jepang03

Anko itu kacang merah yang dimasak dengan gula, manis banget. Legit. Seperti untuk isi Bakpia. Ada yang menyebutkan azuki. Saya tidak suka.

 

5. Mozuku

jepang04

Ini jenis rumput laut, hmm, agak amis sih. Bisa dikombinasi dengan makanan apapun, bisa mentah, bisa diolah juga. Paling umum masyarakat Okinawa menikmati Mozuku. Saya tidak suka.

 

6. Unagui

jepang05

Unagui adalah belut. Belut sangat mudah ditemui di supermarket. Biasanya dibakar, pakai shoyu yang manis. Bagi yang suka menu donburi pasti suka belut dong ya. Saya tidak suka.

 

7. Ika

jepang06

Ika atau cumi. Apalagi ini, sangat populer di Jepang. Bisa dibikin tempura, dibakar, goreng, oven, untuk salad, rebus atau soup. Ada juga yang dikeringkan, ini biasanya digoreng atau sangrai, dinikmati sambil minum sake. Saya suka.

 

8.Tako

jepang07

Tako atau oktopus, atau apa sih, saya sering bingung antara tako dan ika haha…, yang penting suka dengan takoyaki, juga sangat umum di Indonesia kan? orang Jepang biasanya menikmati juga hanya dengan direbus lalu dituangi shoyu.

 

9.Tofu

jepang08

Anda tahu “tahu” kan? He he..tahu alias tofu. Tofu sangat popular di seluruh dunia, teksturnya sangat lembut, dan dimakan mentah dengan dituangi shoyu sudah sangat enak. Sangat menyehatkan. Saya biasanya untuk misoshiru…dan saya suka.

 

10. Wasabi

jepang09

Wasabi atau sambel ala Jepang juga bisalah. Ini bahannya dari akar tanaman wasabia. Pada umumnya hanya untuk dekorasi kuliner. Pedasnya sangat kuat, dan yang tidak biasa, akan tersedak karena akan terasa sekali di hidung. Saya tidak suka.

 

 

About Dewi Aichi

Berasal dari Sleman Jogjakarta, saya blasteran (antar kelurahan maksudnya), happily married to a Brazilian guy. Dari Jogja merambah dunia. Pernikahan lintas benua adalah pilihannya. Setelah beberapa tahun di Distrik Aichi, Jepang, sekarang tinggal di Brazil bersama keluarga tercintanya. Tingkat sudrunnya setara dengan saudara-saudara sepersudrunannya seperti Nur Mberok, Elnino, Fire dan jelas Lani van Kona. Di sini saya bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, saya hanya sekedar menulis apa yang saya rasakan, apa yang saya alami, dan apa yang menarik buat saya untuk ditulis. Jika ini bermanfaat untuk diri saya sendiri dan juga untuk teman-teman, saya sangat bersyukur

My Facebook Arsip Artikel Website

31 Comments to "Jepang Banget"

  1. Dj. 813  27 October, 2016 at 01:53

    Dewi Aichi 24 October, 2016 at 03:08

    Pak DJ, namanya juga kedelai busuk tuh Pak hehe…itu lho kalau kayak sayur ngga diangetin 3 hari…..di musim panas…
    ——————————————————–

    Haaaach . . . begituan dimakan . . .
    Hahahahahahahahaha . . . ! ! !

  2. Sierli FP  26 October, 2016 at 15:56

    mb Dewi, kebanyakan ga sukanya..hehhehe..

  3. Dewi Aichi  24 October, 2016 at 10:13

    Lani…enak kok..jajal to..iwak mentah, malah irit, rasah mbumboni….

  4. Lani  24 October, 2016 at 09:51

    DA: kowe msh mending doyan sashimi aku bisa hoeeeeeeeek……….metu kabeh tiwas regane larang je…………klu perkara makanan Jepang di Hawaii banyak banget mau kulakan brp aja ada……….kkkkkkk

  5. Dewi Aichi  24 October, 2016 at 03:15

    Alvina….kalau jamur jamuran di Jepang, wow…saya kalap…sukaaaaaaa semua…..gila mantap banget…..

  6. Dewi Aichi  24 October, 2016 at 03:14

    Pak SLB, kenapa disebut Caucasian ya, saya juga ngga tau..

  7. Dewi Aichi  24 October, 2016 at 03:13

    Pak Handoko hahaha….saya penyuka cerita tentang Jepang, saya kira masih salah satu bangsa besar yang sangat dikagumi….

  8. Dewi Aichi  24 October, 2016 at 03:12

    Halo Erny, apa kabar?

    Ika sama tofu sih enak ya , apalagi kalau dimasak ala kita, nah ada yang enak tuh, takoyaki, kan takonya cuma nyempil di tengah dan ukurannya kecil…enak sekali takoyaki.

  9. Dewi Aichi  24 October, 2016 at 03:10

    James…hah…suka semua ya? Resto Jepang kan sudah mendunia…jadi sangat mudah menemukan jenis makanan tersebut. Kalau nunggu kukirimi, ntar keburu jadi natto diperjalanan….

  10. Dewi Aichi  24 October, 2016 at 03:08

    Pak DJ, namanya juga kedelai busuk tuh Pak hehe…itu lho kalau kayak sayur ngga diangetin 3 hari…..di musim panas….

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *