Kopi Jessica

Dian Nugraheni

 

Pas ketemuan pertama kali di Washington, Distric of Columbia area sama enam teman dari Indonesia yang sedang magang kerja di NASA base Goddard, Greenbelt, Maryland, suasana di seputar Washington, DC., mendung, dan memang akhirnya hujan. Kayaknya, teman-teman dari Indonesia ga biasa hujan-hujanan, sedangkan si Mak, biasa hujan-hujanan dan memang senang..halah…

Karakter hujan di Amrik, mostly, sederes apa pun, cuma secretan doang. Kayak sepuluh menit gitu, lalu reda. Tapi dalam kasus-kasus tertentu, ya kadang hujan lamaaa…Nah, kemaren itu juga, hujan deres, sebentar, lalu reda. Tetep jalan, dan akhirnya pakaian yang tadi basah, udah kering lagi.

Dan aku tau, temen-temen kelaparan. Seharian belom ketemu makan siang, padahal udah jam 5an sore. Mana hari Sabtu, bus dan kereta delay lebih dari 30 menit. Lumayan sengsara sore itu.

Maka si Mak langsung aja deh kepikiran, makan Pho, bakso Vietnam di Rosslyn, searah dengan jalan ke apartemen si Mak, jadi nanti habis makan, langsung bawa temen-temen pulang buat nginap di apartemen si Mak. Bakso Vietnam ini, bagus buat dimakan ketika kita hampir-hampir masuk angin, gitu, soalnya kan kuah baksonya dikasih bumbu rempah, nah, pokoknya kalau habis makan bakso Vietnam ini, langsung sendawa deh, haik-haik, nggak jadi masuk angin.

Sepertinya teman-teman surprised dengan porsi large bakso Vietnam yang mangkuknya emang gedee…kayak baskom deh. Tapi, teman-teman makannya pada habis, dan bilang enak.

Naah, sekalian nih, si Mak bilang, “Ehh, ada kopi Jessica lho, siapa mau dipesankan..?”

Ternyata teman-teman pada becanda, dan pada nggak berani cobain kopi Jessica. Hanya pak Gunawan yang bilang mau coba, maka si Mak pesankan satu kopi Vietnam panas.

Kopi Vietnam ini, kalau di warung Vietnam, disajikan begini: ada satu wadah kecil dari metal yang ada saringannya kecil. Di dalamnya dimasukkan bubuk kopi dan dituang air panas. Beberapa saat kemudian, air kopi seduhan sudah masuk ke cangkir yang ditaruh di bawahnya. Hmm, aromanya kayak kopi desa yang disangrai oleh Nenek temanku waktu aku kecil. Dan ada whole milknya. Atau mungkin hafl and half, atau susu kental manis, nggak pasti aku. Soalnya aku juga ga pernah nyoba..haha..

Beberapa saat setelah ngabisin kopi, kami becandain, “Nahh, udah habis kopinya, gapapa kan Pak Gun, baik-baik saja..?”

He..he.., Pak Gun jawab, “Ya, gapapa, baik-baik saja..”

Jujur aja, aku belom pernah cobaik kopi ala Vietnam ini di Amrik, dan setelah ada kasus Jessica, tambah agak ragu gitu pas mau cobain..hwakakakak…ngaruh juga ternyata berita itu…

Kidding..! Becanda aja. Yang jelas, soal kopi, si Mak paling suka kopi seduhan sendiri di rumah, ukurannya pas buat diri sendiri, dan diminum dengan santai…

 

 

6 Comments to "Kopi Jessica"

  1. Lani  5 November, 2016 at 10:19

    Al: hahaha…………malah lebih murah dan tdk sulit cari sianida…………krn hanya minum langsung duttttttt……………koit………….game ngakak aku Al

  2. Ahmad Faisal  5 November, 2016 at 09:03

    Refrensi buat penggemar kopi : bagi yang transit di Addis Ababa, bisa menikmati kopi Abyssinia di airport Bolle Ethiopia, original kopi yang di oseng oseng,ditumbuk lalu dipanaskan,hanya diminum saat panas,rasanya…..luar biasaaa,rasakan sensasinya dilidah,tarik kelangit langit lalu nikmati ditenggorokan. salam sehat

  3. Dj. 813  4 November, 2016 at 02:14

    Untung Dj. tidak minum kopi .
    Tapi selalu bersyukur boleh menghirup aroma kopi yang harum .
    Terimakasih dan salam,

  4. Alvina VB  1 November, 2016 at 12:39

    Dian: Ternyata org jadi ngeri minum kopi Vietnam ya? ttp di Jakarta konon katanya cafe di mana Mirna koit, jadi banyak dikunjungi org. Nah loh? Ini fenomena apa lagi?
    James dan Mbakyu Lani, gak akan bisa coba, krn aku allergy sama kopi sejak punya anak, Kl minum kopi bisa semaput tanpa sianida juga udah KO, ha..ha….

  5. Lani  1 November, 2016 at 10:38

    Dian: nampaknya kamu keder utk mencoba kopi Jessica alias kopi Vietnam hahaha…….aneh tp nyata.

    Boleh dikatakan aku sll minum kopi Vietnam tiap kali makan dirumah makan Vietnam mmg enak mak josssssssss………rasa kopinya mirip kopi tubruk dikasih susu kental manis syedaaaaaaaap………..

    James: kamu belum pernah mencoba kopi Vietnam? Saatnya utk mencoba syedaaaaaaaap

  6. James  1 November, 2016 at 10:30

    1…..ralat ah…..itu bukan Kopi Jessica tapi Kopi PolDa Metro Jaksa dan Hakim karena dalam Tubuh Mirnanya kagak ada Sianida

    halo para Kenthirs sudah coba Kopi Vietnam belum ? sy juga belum kok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.