Kebahagiaan

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO ANDA SEMUA YANG BERBAHAGIA…

Kata “BAHAGIA“ mudah diucapkan di mulut. Banyak orang yang ingin meraih kebahagian tersebut dengan membayar harga yang sangat mahal. Orang pergi makan malam ke Restaurant, makan makanan yang enak agar bisa merasa bahagia. Atau ke Theater dengan membayar ticket masuk yang juga tidak murah, agar bisa tertawa dan merasa terhibur. Hanya untuk tertawa, harus bayar mahal…??? Jadi ingat lagu jaman dulu, yang syairnya berbunyi…
Si miskin pun yang hidup sengsara, semalam hidup BAHAGIA…!!!

Atau orang pergi liburan ke Hawaii (bukan untuk yu Lani, karena yu Lani sudah di sana), juga biaya yang sangat mahal. Dan banyak lagi cara menusia untuk mencapai kebahagiaan.

Jadi bukan hanya orang kaya saja yang boleh bahagia, bahagia boleh dimiliki oleh setiap orang, baik yang kaya, pun yang miskin. Ada orang bijak yang berkata, bahagia itu relatif, bisa dengan harga mahal, tapi juga bisa diraih dengan
harga yang sangat murah.

Orang boleh berlomba mengumpulkan harta kekayaan, hingga melupakan kesehatan dan setelah kaya, lalu sakit dan kekayaan nya habis hanya untuk membiayai kesehatannya. Lalu apa gunanya itu semua…???

Mungkin hanya sekedar sudah pernah kaya…hahahahahahaha…!!!

kebahagiaan-1

Lho kok foto ini lagi, apa hubungannya dengan kebahagiaan…??? Maaaf ini hanya sedikit mengingatkan saja, dimana kami saat itu, tidak hanya beli bayam, tapi juga mendapat singkong. Nah, singkong ini akhirnya satu hari Dj. kupas daaaaan kami rendam di air dengan sedikit garam…

kebahagiaan-2

Sebahagian Dj. kukus.

kebahagiaan-3

Dan sebahagian Dj. goreng…Ya…satu sore (tea time), kami menikmati singkong rebus dan Jasmin tea…

kebahagiaan-4

Dan jelas juga dengan singkong goreng…

kebahagiaan-5

Waaaaaaw…!!! Hanya satu singkong saja, bisa kami nikmati dengan dua macam bentuk hidangan. Satu hal yang sangat sederhana dan, boleh dikata murah (apalagi kalau di Indonesia). Tapi satu kebahagiaan yang tidak terkira, kami bertiga makan singkong dan menikmatinya, sambil saling berpandangan. Hhhhhhhmmmmm…. LECKER…!!! (kata si ragil dan istri).

Tidak hanya singkong rebus dan singkong goreng…Karena sisa singkong rebusnya tidak semua dimakan, maka keesukan harinya Dj. bikin kolak…Tidak percaya…??? Ini buktinya…Hahahahahahahaha…!!!

kebahagiaan-6

Bahkan Dj. tambah dengan kolang kaling, jadi semakin lecker…Karena hanya untuk sekedar tea time, jadi untuk kami tidak harus banyak, tapi cukup. Nah itu tadi satu kebahagiaan kami dengan 1 batang singkong yang Dj olah menjadi 3 macam makanan.

Okay, satu kebahagiaan yang sangat sederhana. Mungkin untuk anda yang di Indonesia, bukan satu hal yang aneh, karena di Indonesia, singkong bisa dibeli setiap saat. Tapi tidak demikian dengan di Mainz, kami sudah merasa beruntung kalau bisa menumukan di Asia Toko, apalagi di supermarket.

Kiranya anda semua bisa merasakan satu kebahagiaan bersama kami. Jangan mencari kebahagiaan yang jauh-jauh, tapi temukan dalam keluarga anda masing-masing.

Mohon maaf bila oret-oretan di atas banyak salah tulis atau tidak sesuai dengan selera anda. Terimakasih kepada pengasuh Baltyra dan anda semua yang selalu memberi semangat kepada Dj. untuk tetap menulis.

 

Semoga Berkat dan Kasih TUHAN, selalu menaungi kehidupan kita semuanya.

 

Salam manis dari Mainz dan selamat berbahagia…!!!
Dj. 813

djokopaisan-kebahagiaan

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

31 Comments to "Kebahagiaan"

  1. Dj. 813  20 November, 2016 at 02:24

    J C 16 November, 2016 at 16:52

    Bahagia itu memang sederhana…
    ———————————————————-

    Benar sekali dimas . . .
    Dirumah bisa banyak didapatkan kebahagiaan .
    Tanpa harus bayar dengan harga mahal .
    Ajak istri dan anak-anak makan malam dimana yang mereka suka .
    Itu sudah satu kebahagiaan .

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *