Berbakat Kadasen

Dian Nugraheni

 

Kadasen itu maksudnya ber-kadas, punya kadas, sakit (kulit) kadas.

Iya, sejak sangat kecil, aku ingat banget bahwa aku sangat berbakat kadasen. Terutama di kulit yang tertutup pakaian. Mungkin karena aku susah berkeringat, maka kulit sering cepat gatal. Apalagi kalau suhu udara panas, atau suhu udara sangat dingin dan menjadikan kulit kering, nah, mulai deh garuk-garuk.

Salah satu bagian tubuh yang sering timbul kadas adalah pas pinggang bagian depan, perut maksudnya..he..he, karena kulit terikat ketat oleh jins (sampai usia ini hampir tiap hari seragam harianku adalah (celana) jins.

Untuk menghindari timbulnya gatal karena terbebat ketat oleh jins, maka sampai hari ini aku juga selalu pakai kaos dalam, sehingga, jins-nya, pas pinggang, ga langsung nempel ketat di kulit. Lumayan selamat.

Ohh ya, kalau pas kadas timbul, biasanya aku diemin aja, garuk-garuk sih, nikmat bener rasanya, sampai gemes ga mau brenti, maka akhirnya gatalnya sering melebar. Ntar sembuhnya cuma ditempelin lilin cair hangat. Nggak ke dokter, ga minum obat, ga pakai krem salep atau apa.

Nahh, sekarang ini kadas mulai merambah bagian tubuh yang terbuka, kali ini di tangan. Saat ini udara juga mulai sangat drop, dingin dan kering. Kalau malas pakai lotion, jadinya garuk-garuk aja. Garuk-garuknya keenakan, maka akhirnya ya itu tadi, penampakannya kayak kadas.

kadas

Karena si Mak kerja kitchen, di mana grillnya goreng bacon, kayak keripik berbetuk pita, tapi dari daging babi yang menghasilkan amat sangat banyak sekali minyak babi, maka pas istirahat tadi, iseng deh, colek-colek minyak babi hangat, trus ditempel-tempel di tangan yang gatal-gatal bakal calon kadas.

Nih malam, udah kering tuh gatal yang tadi mulai mbruntul-mbruntul. Berarti besok colek-colek lagi minyak babi hangat, biar kadasnya ga jadi numbuh.

Please, postingan ini jangan dihakimi dengan dikaitkan dengan masalah agama, ya, soalnya jelas-jelas nggak akan kemana-mana, malah ujung-ujungnya akan jadi perang antar agama..he..he..

 

 

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerRSS

3 Comments to "Berbakat Kadasen"

  1. Chichie Akbar  25 November, 2016 at 14:20

    Penyakit kala Winter selain influenza ya gatal kulit ya Mas, hehhehe…Aku malah gatalnya semakin parah saat menjelang tidur malam Mas, tapi biasa aq olesin minyak kayu putih ( bekal bawa dari Kampung kemarin, hhehehhe) , lumayan berhenti gatalnya.

  2. Alvina VB  24 November, 2016 at 08:47

    Dian: Hadew…..minyak babi? haram euy…..ha…..ha…..
    James: Kita pake aloe vera lotion James, spy gak kering kulitnya.

  3. James  22 November, 2016 at 15:18

    1…..memang kalau winter itu sering terasa gatal diseluruh badan karena kering

    para Kenthirs hatal gak ?

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *