Holy Door

Pingkan Djayasupena – Belanda

 

Setiap 25 tahun sekali Pintu Kudus di Vatican dibuka  kebetulan  tahun ini pintu suci itu dibuka sampai bulan November 2016. Tadinya aku juga kurang tahu tentang hal ini berhubung pada bulan Juli 2016 ada saudaraku yang liburan ke Eropa dan mampir di Belanda  mereka menginap di rumahku maka jadi tahu. Karena aku denger setiap 25 tahun sekali tentu kesempatan ini tidak aku sia-siakan jadi aku ikut saudaraku ke Vatican. Biasanya para pengunjung yang mengunjungin Vatican masuk ke pintu Basilica St. Petrus melalui pintu biasa,tapi tahun ini para pengunjung boleh masuk melalui holy door.

image5 image6 image7 image9

Aku bener-bener kagum mulai dari luar halaman Vatican sampai bisa masuk ke dalam katedral yang terkenal di dunia itu. Bangunan yang menakjubkan dengan patung-patung dan lukisan yang bikin aku melongo  mengaguminya.

Penjagaan juga ketat masuk ke dalam katedral, bagi yang ingin sembahyang atau ikut misa pengunjung yang beragama Katholik bisa melakukannya. Bagi pengunjung yang hanya ingin melihat-lihat keindahan di dalam katerdral bisa menikmatinya sepuas puasnya sambil mengabadikan keindahan bangunan di luar ataupun di dalam katedral.

image6 image7 image8 image9 image2 image4

Ketika aku memasuki makam para paus aku curi-curi mengambil foto di dalam sana padahal nggak boleh tapi aku melanggar aturan yang seharusnya nggak boleh jeprat jepret. Aku lakukan karena ada juga pengunjung yang mengambil foto jadi bukan aku saja. Memang walau boleh mengambil foto di dalam katerdral tapi ada juga ruangan-ruangan yang tidak boleh difoto.

image1 image3 image4 image5

Bersama  tulisan ini aku kirim foto-foto yang aku sempet jeprat-jeprat di dalam katerdral. Selamat menikmati pembaca Baltyra.

 

 

About Audry Djayasupena

Dulu dikenal dengan nama La Rose Djayasupena, kemudian menggunakan nama Pingkan Djayasupena dan sekarang menjadi Audry Djayasupena. Tinggal di Negeri Kincir Angin. Pemikirannya yang 'progresif' terlihat dari artikel-artikel dan buku-bukunya. Sudah menerbitkan karyanya berupa beberapa buku, di antaranya yang cukup 'sangar' judulnya adalah "Bedroom Fantasy".

My Facebook Arsip Artikel

5 Comments to "Holy Door"

  1. Pingdjay  28 November, 2016 at 15:44

    Iya saya sangat beruntung sekali bisa merasakan masuk lewat pintu suci yang dibuka 25 tahun sekali mungkin lain kali belum tentu ada kesempatan.

    Terima kasih buat appresiasinya temen2 yang sudah berkomentar ataupun yang sudah membaca corat coret saya ini. Salam Bhinneka Tunggal Ika

  2. djasMerahputih  26 November, 2016 at 06:29

    Hadir bang James..

    Keren abis, detail ornamennya luar biasa. Untung banget bu Pingkan bisa masuk ke sini. Kan cuma buka 4 kali dalam 100 tahun..

  3. Alvina VB  26 November, 2016 at 00:48

    Wow…foto2nya hebring euy….thanks for sharing Bu Pingkan.

  4. Hetty widjaya  25 November, 2016 at 04:12

    Thanks bgt sdh berbagi , indah & takjub !!!

  5. James  24 November, 2016 at 16:15

    1…..indah

    mengabsenkan para Kenthirs yang belum muncul

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *