Maksud Hati, Gambaran Hati

Dian Nugraheni

 

Susah ya ngomongin hati…mari kita omongin dengan cara yang lebih tegas saja, okay…?

Ada teman yang inbox, bahwa dia ingin tinggal di Amerika. Dia bertanya, apakah banyak teman mbak Dian dari Indonesia yang menjadi penduduk gelap di Amrik. Jawabnya, ya banyak. Masalah dulunya mereka datang pakai visa jenis apa, kurang tau lah, harus dicek satu per satu ya…

Teman yang inbox ini bilang, bahwa dia di Indonesia adalah etnis keturunan “something” dan mendapatkan sedikit pelecehan di Indonesia (entah bentuknya bagaimana yang disebut sebagai sedikit pelecehan ini).

Dia juga bilang bahwa di Indonesia, jenis pekerjaan dia tidak dihargai, bahkan pekerjaannya sering dibayar rendah dan beberapa kali kena tipu (aku juga nggak nanya, apakah yang bayar rendah dan suka nipu dia itu, sesama etnis dia sendiri, atau kebanyakan orang-orang Indonesia yang sehari-hari nggak perlu sebut dirinya keturunan etnis something).

Bla..bla..bla.., intinya dia bilang, jujur saja saya ngarep, untuk dapat asylum di Amrik.

Okay, pastinya teman ini sudah mempelajari, apakah asylum itu, dan bagaimana jalan untuk mendapatkannya. Kalau memang benar ada kejadian yang menimpa dirinya, dan ini dibuat sebagai alasan yang diberikan untuk mendapatkan asylum itu, bagus.

Kabarnya, banyak orang Indonesia yang mendapat greencard dari asylum, dengan “bekerjasama” dengan lawyer, dia menceritakan alasan-alasan yang intinya bahwa dia kaum minoritas di Indonesia, keselamatan jiwanya terancam di Indonesia, dan seterusnya, sehingga Amrik memberikan suaka.

Sekali lagi, kalau kisah itu benar, silakan. Tapi kalau itu cuma dikarang-karang saja, berarti Anda-Anda adalah pembohong, menghalalkan segala jalan, bahkan menyakiti perasaan Ibu Pertiwi (itu bahasa alusnya, kalau nggak mau dengan tegas disebut pengkhianat!).

Itu kenapa, banyak teman Indonesia yang masih ilegal di Amrik, tapi dia nggak mau apply asylum, karena dia tetap mencintai dan menghargai, serta menghormati negeri asal tumpah darah, Indonesia…

sevenquotes.com

sevenquotes.com

Bagi aku, aku jauh lebih menghargai teman-teman yang masih tetap ilegal setelah sekian lama tinggal di Amrik, daripada teman-teman yang nggak punya alasan sebenernya, dan cuma karang-karang bahwa dia terancam jiwanya di Indonesia, kemudian minta suaka.

 

Hidup adalah pilihan, indeed..
Jadi silakan memilih….

 

 

3 Comments to "Maksud Hati, Gambaran Hati"

  1. djasMerahputih  26 November, 2016 at 06:35

    Hadir bang James,
    Tetap cinta Indonesia, meski ber-KTP Baltyra..

  2. Alvina VB  26 November, 2016 at 00:52

    Iya…Dian…hidup adalah pilihan. Ttp sayangnya org tua yg dateng secara illegal, gak pernah mikirin gimana dampak utk anak2nya (emosional dan psikologisnya). Anak2 tsb tidak bisa bersekolah dan ikut kegiatan normal spt anak2 yg lainnya krn org tuanya gak punya status yg jelas di negara yg bersangkutan.
    James: emang ada WN Baltyra? he..he….

  3. James  24 November, 2016 at 16:20

    1…..para Kenthirs Legal di Baltyra loh

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *