Asyik Dapat Hadiah…

Fire – Yogyakarta

 

Hari Minggu kerap dimanfaatkan untuk menggelar sejumlah event. Di antaranya adalah event yang berkaitan dengan berolahraga.

Banyaknya peminat event seringkali juga karena aneka tawaran hadiah pada door prize yang menggiurkan dengan biaya pendaftaran yang murah. Kalo pas sponsornya lumayan “bermodal” bisa dapat kaos dengan kualitas yang bagus. Tapi kalo pas ikut yang sponsornya minim, mungkin kualitas kaosnya cuma sekali pake, alias kelas “ayakan santan”. Sekali dicuci langsung ambyar.

Beberapa minggu kemarin ada event jalan sehat. Hadiah utamanya adalah sepeda motor. Bisa jadi yang tadinya rajin jalan kaki, begitu dapat hadiah sepeda motor, terus males jalan kemana-mana malah lebih sering naik motor, jadi nggak banyak jalan dan nggak sehat lagi dong … Minggu sebelumnya, ada lomba sepeda gembira, berhadiah utama mobil. Nah, yang tadinya rajin bersepeda kemana-mana, setelah dapat hadiah, malah mungkin lebih sering naik mobil, jadi nggak semangat bersepeda lagi. Kalo mobil barunya keserempet sepeda motor yang gemar srudak-sruduk, jadi baret-baret, bikin nggak gembira lagi …

hadiah

Tapi mungkin orang Indonesia memang perlu dibanyakin lomba supaya rajin berjalan dan gemar bersepeda. Kan orang Indonesia demennya serba rame-rame, berolahraga rame-rame, berantem rame-rame, kepo rame-rame, kenthir juga rame-rame …. wakakak…. Kalo cuman jalan sendiri dan bersepeda sendiri mungkin nggak semangat. Kalo rame-rame sambil ngrumpi, sambil ngrasani, nggak kerasa capenya, tahu-tahu sudah …. dijenggung Pak RT karena ngrasani bojone, … eh maksudnya sudah sampe finish. Biar lebih rajin jalan sehat, hadiah utamanya bisa dikasih sandal, sepatu, atau teklek … Sedang bagi peserta sepeda gembira, hadiah utamanya adalah kampas rem. Dan biar lebih gembira lagi, bisa dikasih hadiah klakson toet-toet tukang jual es puter …

Kalo dongeng masa kerajaan jaman dahulu kala, jika seorang raja bertitah mengadakan sebuah sayembara, maka maklumat hadiahnya semacam ini, ” … jika pemenangnya lelaki maka akan diangkat saudara, sedang jika putri dijadikan istri … ” Cuma kalo jaman sekarang, sayembara tersebut gimana kalo pemenangnya transgender. Siang Susanto, malam Susanti. Kalo kata Warkop, kala malam keibuan, siang kesebelasan ….

Waktu kita pas SD atau SMP kalo ada lomba-lomba, mau lomba apapun, hadiahnya kebanyakan berupa buku dan alat-sekolah, seperti tas, alat tulis, dan semacamnya. Lomba baca puisi, hadiahnya perlengkapan sekolah, lomba senam, hadiahnya juga perlengkapan sekolah. Lha kan masih sekolah, jadi hadiahnya ya perlengkapan sekolah, mosok hadiahnya …. seperangkat alat solat dibayar tunai … sahhh ….. Memangnya penyerahan hadiahnya di KUA … Yang penting ijazah dulu baru ijab sah ….

Sebenarnya hadiah berupa trophy atau piala itu udah nggak njamani lagi, ribet nyimpennya. Kalo kebanyakan dapat trophy malah mesti bikin lemari baru buat majang. Contohnya, kalo ada lomba sepakbola atau voli antar kampung. Daripada pemenangnya dikasih piala, mending dikasih kambing. Ntar, runner up dikasih ayam. Hadiah hiburan dikasih puyuh … Selesai lomba, kita sudah sama-sama tahu nasib kambing, ayam, dan puyuh tersebut akan berakhir di mana … Yang penting sekampung turut gembira meski cuma kebagian ceker atau brutu-nya … Syukur-syukur kebagian torpedo …

Beginilah kira-kira sejumlah lomba dan hadiah yang asyik:

1. Lomba ingkling: kalo pesertanya masih anak-anak maka hadiahnya adalah permen sugus dan trebor. Tetapi bila peserta berusia di atas 50 tahun maka hadiah yang paling tepat adalah jamu untuk asam urat. Bila perlu ditambah borehan beras kencur.

2. Lomba petak umpet: hadiahnya adalah obat kuping, karena lama dipanggil-panggil sama emaknya nggak dateng juga, emaknya jengkel, kupingnya kena jewer.

3. Lomba nekeran: hadiahnya adalah gunting kuku biar bersih jarinya nggak kemasukan tanah, lagian supaya lebih jitu membidik. Bagi peserta lainnya tersedia hadiah hiburan berupa obat cacing.

4. Kontes ratu-ratuan: hadiahnya selpie ama Brad Pitt yang lagi cegukan karena keselak srundeng … Kalo kontesnya kelas Miss Universe, maka hadiah yang tepat adalah voucher kerokan pake duwit benggol zaman kompeni, karena kemungkinan besar pada masuk angin … kakean nggligu …. wakakak …

5. Lomba ngejar layangan putus: hadiahnya adalah dilaporin ke ortunya biar kena slenthik atau jiwit, soalnya kan berbahaya apalagi kalo lewat jalan raya …

6. Lomba lari karung: tapi karungnya mesti dari karung beras bekas pake, lebih mantap lagi kalo sudah bertahun-tahun di gudang sehingga semarak dengan koloni kutu yang sudah beranak pinak, hadiahnya tentu saja sabun antiseptik.

7. Lomba memasukkan pensil ke dalam botol: ini pemenangnya pasti karena sudah sering “latihan”, jadi jamban di rumahnya masih pake wc cemplung sehingga lebih presisi untuk “mengarahkan”, hadiah yang tepat adalah kloset leher angsa.

8. Lomba dikte: tapi yang didikte adalah “karya sastra” dari Enny Arrow dan Nick Carter, bagi yang mampu tetap berkonsentrasi dan nggak gagal fokus maka pemenangnya dapat hadiah sapu tangan kiwir-kiwir made in Kona.

9. Lomba metani: hadiah yang tepat adalah kaca pembesar dan obat tetes mata, tidak disarankan memberikan hadiah berupa shampo anti ketombe. Dengan demikian dapat tetap meningkatkan prestasi baik di kancah nasional maupun internasional … uppss kok kayak bahasa pejabat era P4 yakk? Pokoknya tujuan utama dari lomba ini adalah untuk mencari bibit-bibit unggul (maksudnya: bibit lingsa dan tuma).

Baiklah teman-teman, hadiah apa yang kiranya cocok untuk lomba berikut ini, apa saja pokoknya jangan dikasih hadiah gejet yang cuman bikin anak-anak pinter tutal-tutul sama dulit-dulit:

1. Lomba benthik
2. Lomba dakon
3. Lomba bekelan
4. Lomba cublak-cublak suweng
5. Lomba betengan
6. Lomba egrang: tapi kalo jaman sekarang ngadain lomba ginian panitia mesti persiapan pelindung lutut ama helm, dan nyari tahu kalo ada yang jatuh bakalan ditanggung BPJS nggak … apalagi kalo tinggi egrangnya nyampe semeter.
7. Lomba gobak sodor: kayaknya sih nggak perlu hadiah jika saja peserta lombanya macam Maria Ozawa, Rin Sakuragi, Ameri Ichinose …. sudah sana googling sendiri sebelum keburu diblokir … Ahh kok jadi mbayangin kalo main nekeran sama beliau-beliau ini … bisa salah bidik …. Atau main injit-injit semut aja yakkk … uppsss…..

Injit injit semut
Siapa sakit naik di atas
Injit injit semut walau sakit
Jangan dilepas

 

NB: Bagi pemenang lomba, diharap tetap menjaga kewarasan dengan mengkonsumsi secara rutin obat kenthir produksi dari PT. MMHSW (Mugiyem Melu Handarbeni Saestu Waras). Tersedia berbagai pilihan obat kenthir stadium I, stadium II, dan stadium III. Mohon maaf, untuk obat kenthir stadium IV (include pereda sudrun) hanya bisa diperoleh dengan rekomendasi khusus dari redaksi Baltyra (*Syarat dan ketentuan berlaku)

 

 

About Fire

Profile picture’nya menunjukkan kemisteriusannya sekaligus keseimbangannya dalam kehidupan. Misterius karena sejak dulu kala, tak ada seorang pun yang pernah bertatap muka (bisa-bisa bengep) ataupun berkomunikasi.

Dengan tingkat kreativitas dan kekoplakannya yang tidak baen-baen dan tiada tara menggebrak dunia via BALTYRA dengan artikel-artikelnya yang sangat khas, tak ada duanya dan tidak bakalan ada penirunya.

Arsip Artikel

8 Comments to "Asyik Dapat Hadiah…"

  1. Dj. 813  4 December, 2016 at 21:20

    3. Lomba bekelan

    Mas Fire . . .
    Dimana bisa didapatkan Bekelan . . .
    Dulu sekitar tahun 1980, saat mudik pernah beli ,
    Saat anak-anak masih kecil-kecil .
    Tapi entah sekarang dimana itu barang .
    Tahun depan ingin beli lagi .

    Semua hadiah adalah baik adanya bila digunakan dengan baik .

    Salam,

  2. Swan Liong Be  30 November, 2016 at 17:00

    Memang orang itu aneh ya, penuh kontradiksi; disatu pihak selalu men-dengung²kan udara yang bersih, bebas polusi, harus sering bergerak demi kesehatan sambil menghirup udara segar,tapi dilain pihak kalo ada sayembara atau seperti dalam artikel diatas hadiah lomba supaya menarik hadiah utamanya mobil. Pernah dijerman ,entah event apa sudah lupa, hadiahnya 6 mobil, atau hadiah kelokasi tamasya naik pesawat dll. Na ya gitulah, lama² aku pikir untuk apa semua kegiatan untuk udara bersih kalo toch dilain pihak produksi mobil dipush dengan cara² licik seperti kejadian dengan mobil diesel VW dan merk² lainnya. Wah, lama² bisa OOT kalo tak terusin. Sekian aja dulu.

  3. triyudani  30 November, 2016 at 14:55

    Hahaha ngakak pooool

  4. elnino  30 November, 2016 at 13:09

    lomba benthik, hadiahnya ditraktir bret pit sego kucing sak bodonge. 3 hari berturut2.

  5. Alvina VB  30 November, 2016 at 11:18

    Mas Fire, kayanya kl lomba terlalu ngarep menang, malah gak menang, ttp kl gak diharapkan eh…malah menang loh.
    James: musti rembukan sana Ratu Kona yg lagi plesiran di Ind dulu donk….

  6. EA.Inakawa  30 November, 2016 at 10:47

    james : jangan ke Kona, rugi para kenthir…..Ci Lani tukang tidur,ntar nggak asyik kalau tidak ada yg nemanin para khentir kelayapan, ke tempat pak DJ aja

  7. James  30 November, 2016 at 08:24

    lomba Kenthirs hadiahnya tour ke Kona

  8. EA.Inakawa  30 November, 2016 at 07:57

    dari masa kanak kanak hingga dewasa, saat ada sebuah event kita memang selalu berharap mendapatkan hadiah atau bingkisan,paling tidak sebagai sebuah motivasi…..dan kegembiraan itu rasanya seperti permen Nano Nano, salam sehat

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *