Onigiri

Dewi Aichi – Brazil

 

Onigiri adalah salah satu menu kesukaan kami sehari-hari. Kalau kebetulan kami ke Liberdade, yaitu sebuah tempat mana di situ berpusat imigran Jepang, dengan pusat perbelanjaan tipical Jepang. Di Liberdade, serasa berada di Jepang.

Bagi yang punya ikatan keluarga Jepang, keturunan Jepang, atau pernah tinggal di Jepang, pastinya mengenal jenis makanan ini dan merasakannya. Onigiri itu semacam rice ball, namanya rice ball tapi kebanyakan bentuknya segitiga ya. Makanan yang sangat popular dan disukai, hampir segala usia. Kalau yang tinggal di Jepang belum pernah merasakan onigiri, sayang sekali lho, karena selain praktis, enak, onigiri kayak dengan nutrisi.

Nigiri (握り) artinya genggaman, tombol, atau kenop. Kalau Onigiri (おにぎり) , artinya rice ball, bahasa Indonesia apa ya kira-kira? Bola nasi? Onigiri disebut juga Omusubi (おむすび) dari kata Musubi (むすび) yang artinya ikatan. Ini sedikit tambahan pengetahuan mengenai kata onigiri.

onigiri01 onigiri03

Asal usul onigiri juga tidak jelas. Banyak sumber yang mengatakan bahwa onigiri muncul pada abad ke-11, ketika itu disebut Tonjiki. Ceritanya, onigiri ini sangat praktis, sehingga menjadi makanan bekal pasukan perang ketika itu. Dengan kemudahan membuatnya dan gampang dibawa, maka inilah salah satu cara pasukan perang berbekal makanan. Dulu dibungkus dengan daun bambu. Sekarang dibungkus dengan lembaran nori yang menambah lezatnya rice ball.

Onigiri dalam bentuk segitiga, dibungkus dengan nori lalu luar masih dilapisi plastik. Ini untuk menjaga agar nori tetap kering, tidak melempem. Maka dibutuhkan teknik sendiri dalam membungkus onigiri. Jepang memang canggih sekali. Di bawah ini adalah gambar untuk memberikan petunjuk bagaimana cara membuka bungkus plastik Onigiri. (gambar terlampir)

onigiri02

Di Jepang akan banyak ditemui toko khusus onigiri. harganya bervariasi, tetapi dulu kisaran Y130. Toko khusus Onigiri ini punya sebutan tersendiri yaitu Omusubi Gonbei (おむすび 権兵衛). Siapa yang sudah mencicipi onigiri?

Cara bikinnya gampang. Beli cetakan segitiga khusus cetakan onigiri, atau asal cetakan saja, ngga perlu segitiga. Lalu masak nasi Jepang yang biasanya lengket kayak ketan. Campur nasi dengan furikake, lalu cetak. Kemudian bungkus dengan lembaran nori. jadi deh onigiri.

Mengenai furikake dan nori akan saya bahas di artikel sendiri.

 

 

About Dewi Aichi

Berasal dari Sleman Jogjakarta, saya blasteran (antar kelurahan maksudnya), happily married to a Brazilian guy. Dari Jogja merambah dunia. Pernikahan lintas benua adalah pilihannya. Setelah beberapa tahun di Distrik Aichi, Jepang, sekarang tinggal di Brazil bersama keluarga tercintanya. Tingkat sudrunnya setara dengan saudara-saudara sepersudrunannya seperti Nur Mberok, Elnino, Fire dan jelas Lani van Kona. Di sini saya bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, saya hanya sekedar menulis apa yang saya rasakan, apa yang saya alami, dan apa yang menarik buat saya untuk ditulis. Jika ini bermanfaat untuk diri saya sendiri dan juga untuk teman-teman, saya sangat bersyukur

My Facebook Arsip Artikel Website

5 Comments to "Onigiri"

  1. Linda Cheang  6 December, 2016 at 12:32

    Keponakanku pernah beruipaya bikin Onigiri sendiri dari nasi yang asalnya dari Beras Cianjur. Susah merekatnya, hahahaha, walaupun rasanya tetap enak karena norinya enak.

  2. Handoko Widagdo  5 December, 2016 at 14:22

    Onigiri itu makanan khas Wonogiri ya?

  3. Dj. 813  4 December, 2016 at 21:32

    Mbak DA . . . .

    Kalau rasa asin, masih bisa makan .
    tapi kalau manis, ya maaaf saja .
    Karena Dj. memang sejak kecil tidak suka yang manis-manis .
    Hahahahahahaha . . . ! ! !
    Terimakasih dan salam .

  4. James  3 December, 2016 at 05:18

    Hadir, mau dong Onigiri yang bentuknya dan artinya sama dengan Bakcang kan ? sushi saja sama seperti Lemper ?

    para Kenthirs lainnya mau Onogiri gak ?

  5. Alvina VB  2 December, 2016 at 21:55

    Dewi: Onigiri emang enak dan praktis. Saya suka pake furikake yg banyak sesame seedsnya. Di sini, furikake banyak jenisnya dari yg pake ikan kering sampe yg utk vegetarian. Sekarang furikake gak hanya dari Jepang, ttp China juga sudah memproduksi dan rasanya kurang mantep krn banyak bahan penyedapnya.
    Para khentirs doyan onigiri gak?

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *