Pohon Anggur dan Buahnya

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO ANDA SEMUA DI BALTYRA YANG BERBAHAGIA…

Tahun lalu saat kami (seperti biasanya) setiap akhir pekan berbelanja bersama. Kali itu kami mampir di salah satu toko tanaman dan di sana Dj. bisa berjam-jam menikmati pemandangan yang sangat menarik perhatian Dj. Dan saat Dj. memperhatikan satu pohon kecil, tahu-tahu dari belakang Dj. ada suara dan langsung bertanya. Bagus ya pa, kalau papa mau akan aku beli untuk papa. Dj. jawab… Mau ditaruh dimana lagi, di balkon sudah tidak ada tempat.

Tapi Dewi anak Dj. sedikit bersekukuh dan dia masih bicara… Kalau hanya untuk satu pohon kecil saja pasti masih ada tempat. Nah ya… Akhirnya dia beli juga untuk Dj. Saat itu (tahun lalu) sudah menjelang musim gugur seperti sekarang. Jadi pohon anggur yang masih sangat muda itu, sudah ada beberapa daunnya yang dilepaskannya.

Jadi tahun itu Dj tidak bisa banyak berbuat sesuatu untuk pohon anggur tersebut, selain memotong beberapa dahannya dan mencarikan tempat yang sedikit dapat melindunginya dari udara winter yang kemungkinan akan sangat dingin. Saat musim semi tahun ini, dia telah mengeluarkan kuncup daun yang baru dan Dj. berusaha untuk menempatkan di tempat yang sedikit agak tinggi, agar bisa lebih banyak kena sinar matahari.

Tidak disangka, awal musim panas, ternyata dia mengeluarkan pentil-pentil kecil dan kelihatan lucu.

anggur-1

Hal ini membikin kami sekeluarga gembira, saat Dj. pamerkan ke Susi, anak-anak dan cucu-cucu. Dan satu bulan kemudian, maka pentil-pentil anggur tersebut telah bisa dilihat sebagai buah anggur, walau masih sangat kecil.

anggur-2 anggur-3

Satu hal yang sangat sederhana, tapi bisa membikin kami sekeluarga satu kebahagiaan tersendiri. Terlebih saaat buah itu mulai berubah warna, walau belum jelas dan hanya satu atau dua saja.

anggur-4

Tidak disangka, kalau tanaman anggur ini banyak memerlukan air, karena kalau pagi lupa disiram, maka siang hari
daunnya akan menunduk, seolah layu. Tapi kalau langsung Dj. siram, tidak lama lagi daunnya mulai kelihatan kembali normal dan segar. Dan dengan berjalan nya waktu, maka semakin banyak buahnya yang berubah warna.

anggur-5 anggur-6 anggur-7 anggur-8 anggur-9 anggur-10 anggur-11

Hal ini membikin Dj. semakin penasaran dan saat Susi bertanya apa Dj. sudah coba… ?? Dj. hanya jawab, sayang untuk dimakan… Hahahahahahahaha…!!! Memandangnya saja Dj. sudah sangat puas dan tidak perlu untuk memetik dan memakannya. Kalau ingin makan buah anggur, atau buah yang lainnya… ya mending beli, tidak mahal ini. Hahahahahahahaha…!!!

anggur-12

Di samping pohon anggur kecil ini, tahun ini Dj. juga masih banyak menanam beberapa macam pohon dari biji.
Seperti asam (pernah Dj. ceritakan), jambu klutuk (jambu batu dari Thailand), avocado, delima, sawo, nangka, mangga dan lain sebagainya. Tapi maaaf… sudah kebanyakan foto… Hahahahahahahaha…

Okay…

Mohon maaf bila banyak kata-kata yang kurang berkenan…

Terimakasih untuk perhatian anda semuanya. Terimakasih juga kepada pengasuh Baltyra yang belum bosan menerima oret-oretan Dj.

Jadi ingat Firman TUHAN.

Dalam Kitab Johanes 15:5 “Akulah pokok anggur yang benar dan kamulah ranting-rantingnya. Barang siapa tinggal didalam Aku dan Aku tinggal di dalam dia, ia berbuah banyak. Sebab di luar Aku, kamu tidak bisa berbuah apa-apa.

Semoga Kasih dan Berkat TUHAN, selalu menaungi kita semuanya.

Bila anda suka dengan oret-oretan Dj. maka silahkan minggu depan mampir lagi…Hahahahahahahahaha…!!!

 

Salam manis dari Mainz dan semoga anda sehat selalu.
Dj. 813.

anggur-djokopaisan

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

23 Comments to "Pohon Anggur dan Buahnya"

  1. Dj. 813  20 December, 2016 at 23:05

    Hallo yu Lani . . .
    Tidak sempat dicoba sudah dimakan oleh tupai yu .
    Hahahahahahahaha . . .
    Sekarang musim dingin, ya sudah digundulu agar tahun depan keluar cabang ( ranting yang baru )
    Salam manis dari Mainz yu .

  2. Lani  20 December, 2016 at 07:23

    Mas DJ: tanaman apa saja klu ditangan mas DJ bisa hidup dan tumbuh subur……..apakah sdh dicoba? Maniskah? Apakah seedless/tanpa isi? Mengingatkanku ktk msh tinggal di California sering keliling diperkebunan anggur tentu saja beda mas krn ini anggur utk dibikin wines jd kecutttttttttttt

  3. Dj. 813  16 December, 2016 at 01:06

    Saras 15 December, 2016 at 11:16

    Pakde Dj, ilustrasi ayatnya cantik…secantik buah anggur hasil tanamnya. Boleh comot yahhh

    oOh ya, kalau diayat tersebut kalau nggak salah ada lanjutan juga, dibilang kalau ranting2 yg tidak berbuah dan kering akan dibuang ke api. Heeeemmm…..artinya sebagai manusia kita harus “berbuah” dan berguna buat org lain dan sesama, bener nggak nih

    Rasanya dari buah2 anggur baik yg duniawi atau yg ilustrasi gunanya banyak ya Pakde Dj

    Salam maniz dari Rmh Kost Ungu, God bless

    —————————————————————————–

    Hallo Saras . . .
    Terimakasih sudah mampir . . .
    Boleh, silahkan . . .
    Hahahahahahahaha . . . ! ! !

    Benar sekali , itu hanya satu ayat saja .
    Musim dingin saat ini, pohon anggurnya sudah Dj bersihkan .
    Dj. potong dahan yang berlebihan, agar nanti musim semi akan nongol dahan-dahan baru yang akan mengeluarga buah .

    Yup, kita harus seperti pohon anggr yang berbuah dan berguna .
    Salam manis dari Mainz .

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *