Bermuda Roses

Alvina VB – Canada

 

Selama kunjungan ke Bermuda belasan tahun belakangan ini, saya gemar memperhatikan aneka ragam hibiscus/bunga sepatu dan roses/bunga mawar yang tumbuh di kepulauan tersebut. Karena tidak begitu ahli dengan jenis dan nama-nama bunga mawar tersebut, pada kunjungan terakhir ke Bermuda tahun ini, saya iseng-iseng cari informasi jenis dan nama bunga-bunga mawar tersebut.

Kebetulan waktu kirim kartu pos di kantor pos pusat, saya lihat ada Sampul Hari Pertama bunga mawar yang diterbitkan di tahun 2013-2014. Kebetulan saya koleksi Sampul Hari Pertama (http://baltyra.com/2014/05/13/sampul-hari-pertama/), maka tanpa pikir panjang lagi, saya beli perangko tersebut dan keterangan di dalam amplop tersebut mencantumkan jenis dan nama bunga-bunga mawar yang ada di Bermuda. Keisengan saya untuk cari info tentang bunga mawar malah terjawab di kantor pos…

Berikut ini beberapa jenis bunga mawar yang ada di Bermuda:

 

TEAS

Diberi nama tea/teh karena bau bunga mawar jenis ini seperti bau seduhan daun teh segar. Kemungkinan besar, jenis mawar ini dibawa ke dunia barat dari Canton, China dengan kapal laut.

Termasuk dalam jenis tea roses:

Baronne Henriette de Snoy (amplop 1 no.5 ki-ka)

William R. Smith (amplop 1 no.3 ki-ka)

 

HYBRID TEA

Jenis mawar ini pertama kalinya merupakan silangan dari ‘Hybrid Perpetual’ dan ‘Tea’. Juga dinamakan ‘La France’ oleh orang yang mengembangkan bibit mawar ini di tahun 1867.
Termasuk dalam jenis hybrid tea:

Lovers’ meeting (amplop 1 no.1 ki-ka)

Pertama kali diimport ke Bermuda 35 tahun yang lalu. Warnanya oranye dan bunga mawar ini bisa beradaptasi baik dengan iklim di Bermuda.

Queen Elizabeth (amplop 2 no.5 ki-ka)

Mawar ini berwarna pink, berkelopak banyak dan kalau mekar sempurna, warnanya menjadi silvery-pink.

 

FLORIBUNDAS

Jenis mawar ini adalah hasil silangan ‘Drawf Polyanthas’ (produk dari bunga mawar yang telah disilang dengan ‘hybrid china antecedents’) dengan Hybrid Teas.

Termasuk dalam jenis floribundas:

The Brownie Rose (amplop 2 no.1 ki-ka)

Mawar ini biasanya berwarna kuning. Tahun 2004, dikembangkan di England untuk memperingati 90 tahun bunga mawar Brownie.

 

CLIMBERS & RAMBLERS

Jenis mawar ini tumbuh, berkembang, bergerombol dan merayap, menghiasi tembok, teralis, pagar, pergola, punjung/anjang-anjang.

Termasuk dalam jenis climbers:

Mermaid (amplop 1 no.4 ki-ka)
Warnanya kuning krem and bunga mawar ini hanya punya 5 kelopak bunga dan banyak putiknya (di tengah-tengah, berwarna kuning terang).

 

HYBRID MUSKS

Jenis bunga mawar ini dikembangkan di Inggris oleh Rev. Joseph Pemberton (1852-1926) yang meninggalkan gereja untuk mengabdikan dirinya dalam perkembangan bunga mawar.

Termasuk dalam jenis ini:

Prosperity (amplop 2 no.4)

Kembang mawar ini berwarna putih dengan pink di tengah-tengah bunga. Jenis bunga ini tumbuh dengan sangat baik di Bermuda.

 

BERMUDA MYSTERY ROSES

Jenis ini disebut bunga mawar misteri di Bermuda karena jenis bunga ini telah kehilangan asal muasalnya. Biasanya, jenis bunga ini dinamakan sesuai dengan nama orang yang menanam bunga ini atau tempat dimana bunga ini ditemukan.

Termasuk dalam jenis bunga ini:

Carnation (amplop 1 no.2 ki-ka)
Biasanya berwarna pink tua seperti bunga carnation.

English Rose (amplop 2 no. 3 ki-ka)

Bunga mawar ini diklasifikasikan segagai ‘shrub roses’ dan sudah terkenal di seluruh dunia.

– Amplop no.3 (ki-ka):

 

35c Pacific

Bunga mawar ini diberikan kepada seorang captain Bermuda, Samuel Conyers Nelmes (1777-1867) oleh seorang captain Perancis, yang dia bantu dalam pelayarannya di lautan Pacific.

Setelah kembali ke Bermuda, kaptain Nelmes menanam bunga mawar tersebut di kebun anak wanitanya. Captain Nelmes adalah bebet dari president pendiri Bermuda Rose Society, Laura Pattisson. Awalnya. Mawar ini lebih dikenal dengan nama Cabbage Rose. Jenis mawar ini sangat harum baunya dan warnanya crimson (merah hati). Mawar ini juga tumbuh di Fiji dan Caribbean Islands. Di India, mawar ini disebut Kakinda Red dan di US disebut Maggy. Studi banding dari DNA bunga mawar tersebut dilakukan oleh Prof. Anne Bruneau di Kebun Raya Montreal (Montreal Botanical Garden) dan ditemukan bahwa Pacific, Maggy dan Kakinda Red punya 3 markers yang sama dalam DNAnya.

 

70c Maitland White

Pada awalnya mawar ini ditemukan di kebun Alfred Maitland di Spanish Point, Bermuda oleh Dr.Charles A. Walker Jr. dan Elizabeth Carswel.Warna mawar ini apricot-pink, menjadi warna pink putih-krem ketika kembangnya mekar sempurna.

 

85c Soncy

Jenis mawar ini bisa tumbuh sampai 4-5 feet (1.2-1.5 m) dan ditemukan di Soncy, Point Shares, Pembroke, Bermuda oleh Carol Flieger, kira-kira tahun 1970an. Warnanya kuning tetapi tidak terang (medium yellow). Analisa DNA di Montreal University, Canada memperlihatkan Soncy, Alexander Hill Gray dan Amazone setengah genetiknya sama.

 

$1.10 Spice

Jenis bunga mawar ini sudah lama sekali berada di Bermuda dan kaum pengoleksi dan penggemar mawar berspekulasi bahwa ini jenis mawar kuno jenis Hume’s Blush Tea-scented China yang ditemukan di Eropa tahun 1800an. Mawar ini diilustrasikan oleh Redoute (1817) dari kebun Empress Josephine di Malmaison, Perancis. Jenis hume’s blush adalah bebetnya Tea Roses.

 

Sumber: Bermuda Rose Society

 

 

 

19 Comments to "Bermuda Roses"

  1. Alvina VB  21 December, 2016 at 00:37

    Iya, Linda banyak banget jenisnya. Di Indonesia pasti ada ragamnya. Di Bandung sendiri, krn udaranya sejuk, pasti banyak tuch bunga mawarnya.

  2. Linda Cheang  20 December, 2016 at 16:05

    wah, jenis mawarnya banyak.

  3. Alvina VB  18 December, 2016 at 12:32

    OK, ditunggu dech….

  4. Lani  17 December, 2016 at 13:46

    Al: yang akan nulis artikel jalan2ku Handoko hahaha

  5. Alvina VB  17 December, 2016 at 11:27

    Halah….gaya euy…punya assistant di Ind, he..he….coba nanti dilihat apa si Handoko punya waktu utk nulis kopdarannya. Apa sempet ngunjungi para baltyrawan/wati di Ind?

  6. Lani  17 December, 2016 at 08:15

    Al: aku ndak ada niat utk menuliskan……….aku minta Handoko klu seandainya dia ingin menuliskannya…….kkk

  7. Lani  17 December, 2016 at 08:13

    Al: aku sdh pasrahkan Handoko saja yg menuliskannya………..aku ndak niat menuliskannya………..sdh ada asisten kkk

  8. Alvina VB  17 December, 2016 at 05:50

    Ok mas Dj, ditunggu tulisannya ttg (mangga) bonsai ya?

  9. Alvina VB  17 December, 2016 at 05:48

    OK, mas Dj ditunggu artikelnya minggu depan ya….

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *