Berapa Kali Mandi Per Hari?

Ki Ageng Similikithi

 

Berapa kali harus mandi per hari? Mungkin sangat beragam antar orang. Ada yang hanya sekali per hari bahkan beberapa hari sekali. Ada yang dua kali per hari, tiga kali per hari atau lebih. Waktu kecil di sekolah rakyat di tahun lima puluhan, kami mandi paling tidak 3 kali perhari. Pagi sebelum berangkat sekolah. Siang atau sore habis sekolah, saat main di sungai. Banyak sungai kecil dan mata air yang jernih di sekitar desa. Dan pulang ke rumah sore hari pasti harus mandi lagi.

Seorang senior yang pernah training di negeri kincir angin pernah cerita di tahun 70an. Di negeri sana orang hanya mandi sekali seminggu, atau dua kali seminggu. Gak ada keringat keluar. Kulit tetap kering. tetapi tetap saja bau badan katanya bisa menyebar di ruangan dengan jarak 10 meter. Saya percaya dan mengerti alasannya. Saya meliat orang-orang usia lanjut di tahun 60an pun jarang-jarang jarang mandi. Mungkin seminggu sekali atau dua kali. Ketika tinggal di Inggris di tahun 80 – 83, saya mandi 3 kali per minggu. Berendam lama-lama di bath tub dengan air hangat. kadang-kadang sambil minum kopi dan baca majalah. Rasanya nikmat. Tiap hari hanya shower saja.

Ketika di Manila, ada beberapa teman yang suka mandi lebih dari dua kali per hari. Termasuk teman dari Kamboja, Perancis dan Norwegia. Pagi, siang pas istirahat, sore pulang kantor, dan ada beberapa teman yang mandi sebelum berangkat tidur. Padahal sepanjang hari di ruangan ber AC, tidak berkeringat. Tetapi mandi menjadi peristiwa ritual yang harus dilakukan beberapa kali per hari. Dalam suatu diskusi konservasi air, saya mempertanyakan kenapa harus mandi beberapa kali per hari. Kenapa enggak sekali saja per hari, menghemat air. Saya dikritik habis oleh seorang teman dari Finlandia, katanya di musim dingin pun mereka mandi paling tidak dua kali. Bahkan ada ritual hiburan, selang seling masuk air sedingin salju di luar, berendam beberapa saat, lalu lari masuk ke dalam berendam dalam air spa yang hangat. Pernah diperlihatkan di National Geography.

Ketika menginjak pension, saya semakin mantap mandi sekali per hari. Jarang sekali mandi lebih dari dua kali. Jika tidak ada acara mandi pagi sekitar sesudah jam 09:00. Tidak khawatir bau badan. Sudah manula gak butuh bau wangi. Kalau toh pengin wangi banyak parfum di pasaran. Yang penting bisa ikut menghemat konsumsi air.
Biar saja orang bilang macam macam. Inilah keragaman cara hidup. Variability in human responses in life. Berapa kali anda mandi per hari?

 

Ki Ageng Similikithi

 

 

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerRSS

5 Comments to "Berapa Kali Mandi Per Hari?"

  1. Budiono Santoso  29 December, 2016 at 00:13

    Terima kasih bu Alvina, bu Lani dan pak James, memang sangat beragam. tetapi sebagian besar antara sekali dan dua kali per hari.
    salam damai

  2. Alvina VB  28 December, 2016 at 04:13

    Winter: 2x saja, ttp Summer bisa 3-4x, tergantung panas dan banyaknya kegiatan. Spring dan Fall gak mandi, he..he…just kidding, 2-3x, tergantung banyaknya kegiatan.

  3. Lani  27 December, 2016 at 12:42

    James: bisa dimengerti klu summer bisa mandi 2-3 kali, terutama mandi malam

  4. James  27 December, 2016 at 08:11

    mbak Lani, kalau winter dua kali kadang satu kali tapi kalau summer semakin sering tergantung udara panasnya bisa 3-4 kali, apalagi lagi summer itu sebelum tidur malan mandi dulu

  5. Lani  27 December, 2016 at 07:06

    Yg umum mungkin sekali dan dua kali sehari entah kalau sangat panas dan adus kringet bisa juga 3-5 kali sehari?????

    Berapa kali kamu James???

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *