Tradisi Tahun Baru 2017

Dewi Aichi – Brazil

 

Baru saja melihat acara di tv, tentang orang-orang yang akan menyambut datangnya tahun baru 2017. Setiap orang, setiap keluarga, dan setiap negara pasti punya cara sendiri untuk menyambut tahun baru. Tahun baru sepertinya sangat special sebab negara juga menyediakan anggaran tersendiri untuk memberikan kemeriahan kepada masyarakat.

Seperti dalam acara tv semalam, di setiap states di wilayah Brasil, rata-rata menyediakan kembang api yang akan dimainkan pas detik-detik pergantian tahun. Berdurasi antara 10 hingga 12 menit, bahkan konon di pantai Copacabana akan berdurasi 15 menit.

Persiapan sudah dimulai, panggung-panggung hiburan juga sudah dipersiapkan, lokasi paling dekat dengan rumah saya adalah sepanjang Av. Paulista, persiapan panggung berada di lokasi stasiun Brigadeiro, berujung sampai sekitaran Museum MASP. Meriah memang.

Orang-orang berduit pasti sudah booking tempat habis-habisan untuk menikmati pergantian tahun. Di pantai Copacabana, banyak sekali boat yang sudah full booking. Konon biaya untuk 24 jam adalah sekitar R$50. 000,00, kurs saat ini USD 1,00=R$ 3,40. Dengan menyewa boat, bisa menempatkan boat di tempat paling strategis untuk menikmati pergantian tahun.

Di Indonesia juga pastinya puny acara sendiri untuk memberikan kemeriahan menyambut pergantian tahun. Tak lepas juga dibumbui acara ramalan di tahun 2017. Tapi apapun itu, kita sambut tahun 2017 dengan rasa semangat, optimis dan harapan besar untuk lebih baik dari tahun sebelumnya.

Tahun 2017 merupakan tahun Ayam Api, yang akan dimulai dari tanggal 28 Januari . Wah, baca-baca dari banyak sumber, tentu saja ini media Indonesia sumbernya, katanya, tahun ayam api sangat tepat bagi mereka yang ingin merencanakan kehamilan, atau yang single, katanya akan menjadi tahun yang baik untuk menemukan cintanya. Sudah ahh…. ntar pada minta diramal ama saya kan repot haha…

Kalau di Jepang lain lagi. Jepang masih banyak melakukan tradisi, ritual, atau saling kirim kartu. Wah yang masih dalam ingatan saya, kartu pos edisi tahun baru ini keren-keren. Perusahaan percetakan kartu di Jepang, akan menerbitkan kartu-kartu cantiknya. Dulu saya suka sekali koleksi kartu, namanya nengajo  (年賀所) . Tradisi mengirim kartu pos untuk rekan kerja, teman sekolah, guru, saudara masih sangat trend di Jepang. Maka dari itu, bulan Desember, kantor pos Jepang akan sangat sibuk.

Karena temanya adalah tahun ayam, maka desain kartu pos tentu sesuai dengan tema, yaitu tahun ayam api. Ini beberapa koleksi kartu pos yang telah diterbitkan di Jepang:

Ini Kantor pos akan mengirimkan ke alamat serempak pada tanggal 1 Januari. Bayangkan gimana tertibnya nih negara soal beginian. Keren banget. Praktek seperti ini sebagai kewajiban sosial dan sudah menjadi akar Budaya Jepang. Tradisi Jepang ini sangat kuat, tak seorangpun akan menerima nengajo sebelum tanggal 1 Januari.

Kantor pos tentunya bekerja lembur untuk mengurus jutaan nengajo. Saya ingat dulu belakang apartemen saya adalah kantor pos pusat kota Toyohashi, tampak kesibukan sampai tengah malam. Pada saat itulah kantor pos akan merekrut tenaga kerja yang disebut arubaito, yaitu pekerja sementara, biasanya hanya beberapa jam saja mereka kerja. Bisa dari pelajar atau ibu rumah tangga yang sedang ada waktu. Pekerjaan yang mereka lakukan sangat mudah yaitu memberi stampel “nengajo” pada setiap kartu pos.

Ada kartu pos special, namanya Otoshidama-tsuki nenga hagaki (お年玉付き年賀はがき), dalam kartu pos special ini tercantum nomer keberuntungan semacam lotre. Dikeluarkan oleh menteri kantor pos dan telekomunikasi. Nomer akan diundi pada bulan januari, dan yang beruntung akan menerima kabar di hari yang sama, juga akan diumumkan di tv dan media cetak.

Kalimat khusus tahun baru ini adalah  “Akemashite omedeto gozaimasu”, yang artinya adalah selamat tahun baru. Ada lagi beberapa contoh ucapan seperti misalnya: “Kinga Shinnen (谨 贺 新年)”, “Kyouga Shinnen (恭贺 新年)”, “Gashou (贺 正),” dan “Geishun (迎春)”.

 

 

About Dewi Aichi

Berasal dari Sleman Jogjakarta, saya blasteran (antar kelurahan maksudnya), happily married to a Brazilian guy. Dari Jogja merambah dunia. Pernikahan lintas benua adalah pilihannya. Setelah beberapa tahun di Distrik Aichi, Jepang, sekarang tinggal di Brazil bersama keluarga tercintanya. Tingkat sudrunnya setara dengan saudara-saudara sepersudrunannya seperti Nur Mberok, Elnino, Fire dan jelas Lani van Kona.

Di sini saya bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, saya hanya sekedar menulis apa yang saya rasakan, apa yang saya alami, dan apa yang menarik buat saya untuk ditulis. Jika ini bermanfaat untuk diri saya sendiri dan juga untuk teman-teman, saya sangat bersyukur

My Facebook Arsip Artikel Website

12 Comments to "Tradisi Tahun Baru 2017"

  1. Dj. 813  3 January, 2017 at 21:27

    Selamat Tahun Baru mbak DA .
    Salam manis dari Mainz .

  2. James  3 January, 2017 at 08:35

    iya ci Lani, Kiribati duluan dari Sydney tapi Sydney duluan dari Hawaii karena penggantian tahun start dari Kiribati, itu seingat saya dengar penjelasan 2 tahun lalu

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *