Kado Tahun Baru bagi Pembaca Baltyra

Mgr. Paskalis Bruno Syukur O.F.M

 

Perayaan akhir tahun biasanya diwarnai oleh spirit mengevaluasi serta semangat bersyukur. Sedang perayaan Tahun Baru, semangat mengharapkan sesuatu yang baik dan lebih baik mendominasi perasaan orang.

Maka saya menyapa anda dengan Salam “Pace e bene”! Salam yang menjadi “trade mark”-nya santo Fransiskus dari Assisi. Salam itu kusampaikan untuk menyapa anda sekalian, sebab kita semua adalah “ambassador of peace and the goodness of God”.

Di penghujung tahun 2016 ini dan pada saat Gereja Katolik tanggal 30 Desember merayakan “Perayaan Keluarga Kudus Nazareth”, saya ingat akan keluarga-keluarga yang kujumpai dalam perjalanan penggembalaanku, baik di Keuskupan Bogor maupun di luar keuskupan ini. Hidup sebagai suami-istri, bapak, ibu, anak, dalam bingkai keluarga adalah sesuatu “organisma”, sesuatu yang dinamis-hidup, bertumbuh. Aneka suka duka, tawa ria, bertemu berpisah, marah senang, sakit sehat, lahir meninggal, ada uang, krisis uang, mengiringi langkah hidup berkeluarga.

Kubersyukur banyak sekali keluarga yang “teguh” setia menghayati hidup berkeluarga dalam terang Injil dan Tradisi sehat Gereja Katolik. Kuberdoa senantiasa bagi keluarga-keluarga yang sedang berjuang membangun keutuhan hidup, memberikan yang terbaik bagi suami, istri, anak-anak demi masa depan mereka.

Sebagai hadiah akhir tahun dan kado di awal tahun 2017, saya mengusulkan 3 unsur sukacita yang perlu diwujudkan dalam hidup sehari-hari:

  1. The joy of being loved and to love: kita merasa bersukacita, bergembira karena dicintai Tuhan, sesama dan dengan sukacita juga mencintai Tuhan, sesama kita, mulai dari dalam keluarga. Keluarga menjadi “Rumah Sukacita”.
  2. The joy of being cared and to care: bersukacita karena diberi perhatian dan bersukacita juga memberi perhatian kepada sesama dalam keluarga.
  3. The joy of being pardoned and to give a pardon: merasa bergembira karena dimaafkan, diampuni dan dengan sukacita pula memberi pengampunan kepada sesama. Rumah kita menjadi “Rumah Pengampunan dan Rumah Kedamaian”.
  4. The joy of being in mission as one family in the Catholic Church: bersukacita karena dipercayakan untuk memberikan kesaksian sebagai satu keluarga kepada dunia ini.

Selamat merayakan hari Keluarga Kudus. Bersama Yesus, Maria dan Yoseph, kita memasuki Tahun Baru 2017.

 

Salam “Magnificat Anima Mea Dominum”

 

Note Redaksi:

Mgr. Paskalis Bruno Syukur, selamat datang dan selamat bergabung di rumah kita bersama BALTYRA.com ini. Semoga betah dan kerasan ya dan ditunggu artikel-artikel lainnya. Terima kasih Angela Kwee yang sudah mengenalkan BALTYRA kepada Mgr. Paskalis Bruno sekaligus mengajak bergabung di sini…

 

 

11 Comments to "Kado Tahun Baru bagi Pembaca Baltyra"

  1. Nur Mberok  14 January, 2017 at 17:55

    pitenah ki lurah e. wkwkwk

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *