KEINDONESIAAN

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

 

KAGUM waktu melihat Presiden RI Joko Widodo memakai batik saat menerimaan kunjungan kenegaraan (state visit) Presiden Filipina Duterte tahun lalu. Pertama kali presiden RI pakai batik, busana khas Indonesia. Kini hal serupa ‘diulangi’ lagi oleh Presiden Joko Widodo dengan memakai sarung untuk acara kenegaraan menghadiri perayaan keagamaan.

Kita tunggu apakah Presiden RI berani pakai batik saat kunjungan kenegaraan ke luar negeri? Pasti berani untuk ukuran profile seorang Jokowi. Tunggu saja.

Pak Harto berani memakai beskap (sejenis pakaian pria dalam tradisi Jawa Mataraman Islam) waktu acara jamuan makan kenegaraan saat berkunjung ke Kamboja April 1968.

Yang paling mungkin Presiden Joko Widodo berani pakai beskap saat kunjungan kenegaraan ke Australia (harusnya 5 November 2016 tapi ditunda karena ada 411). Ke Tiongkok, India, Asia Timur, ASEAN, Saudi Arabia atau Eropa Barat sudah dilakukan. Hanya Australia atau NZ yang belum dan tempat yang tepat mamer beskap ke dunia.

Masak pakai daster putih?

 

 

7 Comments to "KEINDONESIAAN"

  1. Swan Liong Be  16 January, 2017 at 17:33

    Kalo gak salah aku masih ingat bahwa presiden Philipina Marcos dan juga Magsaysay sewaktu pemerintahan mereka,mereka juga sering pake pakaian chas filipina. Kan protokol tidak mengharuskan dresscode dalam upacara resmi, jadi gak perlu pake stellan ala barat. Pake baju batik juga sangat representatif!!

  2. IWAN SATYANEGARA KAMAH  16 January, 2017 at 00:34

    Kalau cagub saya menang, sy mau nazarnya nih pakai daster putih.

  3. Handoko Widagdo  15 January, 2017 at 17:25

    Jokowi belum pinjam keris dari saya. Jadi sepertinya masih lama tuh kunjungannya.

  4. Alvina VB  15 January, 2017 at 05:38

    ISK: He..he….daster putih dibawa-bawa. Kl Jokowi mah Indonesia banget, gak kaget kl beliau akan pake beskap utk kunjungan kenegaraan, coba tanyain para habib di tanah air, ada yg tertarik gak? he..he…..
    James: Lah kl pake batik mah udah sering…

  5. Lani  14 January, 2017 at 00:40

    ISK: daster putih?????? buat apa? krn hanya ngapusi saja……spt ….hahaha sdh pada tahu lah

  6. Dj. 813  13 January, 2017 at 23:53

    Bagaimana ya, kalau President kita pakai daster seperti habib brisik . . .
    Hahahahahahahahahaha . . . . ! ! !

    Puji TUHAN . . . . ! ! !
    Presiudent Jokowi, masih punya jatidiri sebagai orang Indonesia dan bukan orang asing .

  7. James  13 January, 2017 at 15:01

    1…..ayo para Kenthirs berani memakainya gak ?

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *