Curang Sepanjang Jaman

Dian Nugraheni

 

Mantan pacar masa mudaku dulu, pernah sangat curang padaku, salah satunya dengan berusaha menahan dan mengikat aku supaya enggak pergi jauh-jauh dari dia, tapi ketika aku tantang menikah, dia masih mletha-mletho dengan alasan Ibunya…Ibunya…Ibunya…dan Ibunya lagi, bla..bla..bla..

Jadi bagaimana, sudah lulus kuliah, nggak boleh pergi (ke Jakarta waktu itu), tetep harus ada di sekitar dia, tanpa kepastian apa-apa, curang kan..?

Aku ga mau dong…, karena waktu itu usia sudah dewasa, harus ada yang pasti-pasti. Pasti pergi jauh untuk cari kerja, atau pasti menikah saja, bagi aku waktu itu, sama baiknya.

Lalu karena aku ga mau, dan dia masih Iba Ibu mlulu, akhirnya aku tekadkan saja pergi ke Jakarta dengan bilang, “Kalau aku sudah sampai Jakarta, aku ga bakalan balik ke kamu, soalnya pasti banyak yang antri mau jadi pasanganku..”

Ngomong begitu sih judulnya cuma nggertak, pengennya sih jadi kayak film roman gitu, berharap dia berani lepaskan Iba-Ibunya, dan bilang, “okay, please jangan ke Jakarta, kita akan menikah…” Kalau dia bilang gitu, pasti aku batalin pergi ke Jakarta.

Tapi sayangnya, enggak… Dia, dengan muka galau tetep melepas aku naik kereta ke Jakarta, sendirian. Dan aku menangis sepanjang jam perjalanan kereta ke Jakarta, hixixixi..

Putus deh hubungan…Aku sedih banget. Aku juga paham dia sedih banget, cuma ga berani putuskan masalah Iba-Ibu itu…

Sampai…akhirnya sejak saat itu kami ga pernah jumpa. Nah di jaman FB ini, dia kadang inbox. Tapi inboxnya selalu pas dia susah, kayak pas Ibunya sudah koma, dia bilang, “tolong maafin Ibuku ya..bla…bla..bla..” Trus gue mau bilang apa..ya pasti maafin lah, meski gara-gara si Ibu ini akhirnya anaknya galau antara milih aku atau dia..ha..ha…

Lalu, sang mantan ini inbox lagi, bilang udah ga kerja, capek, mau usaha sendiri, “tapi kok ternyata usaha sendiri itu susah juga ya..?” Nahh, susah lagi kan beritanya…

Truus, pagi tadi dia inbox lagi, “kemaren aku mimpi kamu..”

Aku, “gimana mimpinya..?”

Dia, “Waktu itu entah gimana, pokoknya aku sedang sekarat, lalu kamu malah ketawa-tawa. Kok gitu sih kamu..?

Aku, “Lha, kalau kamu sekarat di hadapanku, trus aku suruh gimana, nangis-nangis gitu..? Lah ya enggak ya…masak urusan kamu senang-senang, kamu sama orang lain, giliran susah kok selalu lapor ke aku..ya sudah good job itu kalau aku dalam mimpimu malah ngakak-ngakak melihat kamu sekarat…” (Idih, Mak…bener nih tega..haha..)

Ada yang curang sepanjang jaman, yang begini-begini nih yang mendorong orang jadi Raja Tega…

_Pelajaran yang aku petik, sekarang aku sudah jadi Ibu buat kedua anak perempuanku yang beranjak dewasa, aku harus belajar banyak supaya nggak jadi ibu yang egois, di mana akhirnya seorang Ibu malah menjadi penghalang bagi anak-anaknya, apalagi membikin anak-anaknya patah hati. Jangan deh…sebaiknya anak-anak punya kemerdekaan untuk menentukan pilihan dan membuat putusan bagi mereka sendiri_

 

(Foto: Sang Mantan)

 

 

9 Comments to "Curang Sepanjang Jaman"

  1. Lani  19 January, 2017 at 13:40

    James: para kenthirs ndak curang, dan bukan pecundang……..hahaha semakin tdk nyambung dgn artikelnya………

  2. Alvina VB  19 January, 2017 at 02:48

    James, ha..ha….saya cuman tahunya dulu ada ikan hias, namanya ikan cupang dan jenis ikan ini demen berantem.

  3. James  18 January, 2017 at 17:01

    AL, saya juga baru baca di Berita Detik com istilah Betawi, Cupang = bekas ciuman yang memerah karena saking kuatnya

  4. Alvina VB  18 January, 2017 at 01:42

    Dian: laki2 kek gitu ke laut aza…..he..he….
    James: kita gak pernah curang lah….cupang itu apaan? Ikan cupang kah?

  5. Dj. 813  17 January, 2017 at 17:05

    Laki-laki yang tidak ada pendirian, tidak akan ada tanggung jawab .
    Jadi laki-laki harus tahu dan yakin apa yang dia inginkan .

    Bagus sudah pisah.

    Terimakaksih dan salam.

  6. James  17 January, 2017 at 14:44

    ci Lani, gak tau deh bagian mananya curang, mungkin kaga ada

  7. Lani  17 January, 2017 at 13:52

    Dian: oot………itu topi Sombrero made in Indonesia? Beli dimana?

    James: kenthir curang? Curangnya dibagian mananya??

  8. James  17 January, 2017 at 09:28

    curang jangan, cupang boleh

  9. James  17 January, 2017 at 09:14

    1….curang abadi

    hayo para Kenthirs jangan Curang yah di Baltyra

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *