Menjelang-Menjelang

Dian Nugraheni

 

Beberapa minggu lalu dalam lingkupan suhu udara beku, aku dan anak-anak masih sempatkan jalan ke DC, khususnya pengen liat pohon Natal besar yang setiap tahun memang dipasang di halaman belakang rumah tinggal Presiden.

Habis itu, agak-agak gloomy dikit gitu, ketika memandang jauh ke lampu-lampu dalam ruangan rumah putih yang senja itu sudah mulai dinyalakan. Di dalam sana, tinggal manusia-manusia yang secara pribadi, banyak disayangi oleh orang-orang di Amrik, bahkan mungkin di dunia. Dan sebentar lagi, rumah putih itu akan berganti penghuni, presiden yang baru saja terpilih.

Pro kontra, itu pasti. Senang tak senang, itu nyata. Satu sisi orang bersorak, satu sisi orang masih tetap ingin menyangkal, bahkan tak kunjung percaya, bahwa Amerika akan mempunya presiden baru, yang oleh sebagian banyak orang, saat itu, diyakini tidak bakal menang.

Mas Obama dan keluarga bakal keluar dari rumah putih, dan pindah menempati rumah yang katanya disediakan untuk mereka selama 2 tahun setelah tak menjabat sebagai presiden, masih di sekitar area tengah kota Washington, DC. Tepatnya di mana, entar aku googling lagi deh, kemaren cuma baca sekilas aja di koran.

Rumah putih, suka tak suka, akan menjadi tempat tinggal bagi presiden yang baru saja terpilih.

Inagurasi, inauguration, pengambilan sumpah oleh presiden terpilih, akan dilaksanakan hari Jumat, tanggal 20 Januari 2017, bertempat lapangan The Mall, tepatnya west front United States Capitol. Teman-teman, untuk bisa menyaksikan bagaimana kemeriahan acara tersebut, silakan panthengin American TV channel, ya…

Mulai hari ini, daerah-daerah, jalan-jalan tertentu, sudah mulai disterilkan. Fasilitas-fasilitas umum mulai dipasang, salah satunya adalah WC, toilet portable yang ditaruh di mana-mana. Selanjutnya, banyak jalur, jalan raya yang akan ditutup dan ga bakal bisa dilalui kendaraan apa pun. Orang, akan sangat tergantung pada kereta bawah tanah hari itu. Udah kebayang gimana susahnya hari itu aku berangkat dan pulang kerja, berhimpitan dengan orang-orang yang akan hadir di acara inagurasi.

Meski kabar seru terdengar, banyak artis yang menolak untuk hadir dan meramaikan acara inagurasi saat ini, presiden terpilih tetap nampak percaya diri, “Aku ga butuh artis.., I need people..”

Ditulis di koran Express pagi ini, banyak warga DC, yang notabene adalah “daerah biru pekat”, dengan jumlah lebih dari 90% pemilih adalah Demokrat, akan meninggalkan daerah DC untuk vacation, ogah menyaksikan riuhnya acara inagurasi presiden dari partai Republik ini. tapi, pastinya ribuan orang akan datang, untuk menyaksikan acara inagurasi yang kali ini, nampaknya lumayan “tak terduga.”

Kabarnya, hari itu dan hari-hari selanjutnya sudah dijadwalkan, akan ada semacam banyak orang berkumpul, untuk menyuarakan haknya atau keinginannya masing-masing, salah satunya adalah Women’s March on Washington. We stand together in solidarity with our partners and children for the protection of our rights, our safety, our health, and our families — recognizing that our vibrant and diverse communities are the strength of our country. Begitu kurang lebih dituliskan dalam linknya.

Aku sudah mendaftar, dan akan turut serta jalan bersama para Perempuan itu, tapi anak-anak sooo worry…keduanya teriak bareng-bareng, “Jangaan, Mamah nggak usah ikutan, ntar kenapa-kenapa malah bahaya..”

Selamat kepada Presiden terpilih, DJ. Trump, kami menunggu hal-hal baik yang akan kau lakukan sebagai seorang presiden, bagi seluruh rakyat Amerika…

(Jadi gimana ini, Women’s marchnya, ikut, nggak, ikut, nggak, ikut…*nunggu Tokek memberi keputusan…)

 

 

5 Comments to "Menjelang-Menjelang"

  1. Sugiarto Goh  24 January, 2017 at 13:32

    And I will bless them that bless thee, and curse him that curseth thee: and in thee shall all families of the earth be blessed.

  2. Lani  21 January, 2017 at 10:38

    Dian: aku saja yg WN America ndak ngurusi mau riotlah, mau ini itu………krn mau gimana lagi sdh terpilih pro kontra itu wajar2 saja……..seneng tdk seneng……….aku jg tdk ikut mentelengin nonton sumpah Trump.

    Krn Hawaii jauh dr mainland yg jelas santai org msh berseliweren dgn bikini kiwir2nya kkkkkkkkkk

  3. Alvina VB  21 January, 2017 at 02:28

    Demo di Washington dan NY saat ini dan protest dan demo juga di kota ini, bikin macet euyyyy….

  4. James  20 January, 2017 at 15:16

    di Australia di tayang sekitar jam 3 subuh….ha ha ha males bangun nontonin muka si Trump, ogah ah dah kagak suka lihat profilnya,sorry…

  5. Alvina VB  20 January, 2017 at 10:08

    Dian: sama di sini juga akan ada march hari Sabtu utk solidaritas wanita dan human rights, saya udah pesen wanti2 anak saya jangan ikutan, krn kl ada riot gimana???? eman2 dah…..
    Good luck for tomorrow….

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *