Uang Donasi

Dian Nugraheni

 

Kemaren aku sempet bercerita sedikit di komen, bahwa organisasi seterkenal GREEN PEACE pun memungut dollar demi dollar donasi, sampai menyebar petugas atau volunteernya ke jalanan.

Ya, ke jalanan, lalu mencoba menghentikan pejalan kaki, berkata bla..bla..bla.., lalu ujungnya menawarkan, apakah Anda akan memberikan donasi pada organisasi ini..?”

Baiklah aku ceritakan, malam itu aku pulang kerja, dan dicegat oleh 2 orang, yang ternyata volunteer, dan meminta sedikit waktuku untuk dengarkan mereka bicara. Bla..bla..bla.., mereka sedang menggalang dana untuk mencoba menyelamatkan Orangutan di Indonesia.

Jeglek..! Dia bilang Indonesia, dan ketika dia bertanya, dari manakah aku berasal, maka kujawab dari Indonesia, lalu bagaimana…apa iya aku ga akan kasih donasi untuk menyelamatkan sebagian kecil yang sangat berarti dari milik Indonesia, yaitu Orang Utan, yang rumahnya terus dipepet oleh deforestasi dan menjadikannya lahan Sawit..?

Donasi yang aku berikan itu dipotong dari cardku, sebulan sekali, sesuai jumlah yang aku setujui untuk didonasikan.

Memang, di Amrik, banyak sekali organisasi, nirlaba, yang menghimpun dana dari sedollar demi sedollar, dan sejauh yang aku tau, penggunaannya, tepat sasaran, pada yang benar-benar membutuhkan.

Bla..bla..bla.., cuma mau titip pesan aja, bagi pelaku, aktivis yang bergerak di bidang penyelamatan alam dan lingkungan hidup di Indonesia, semoga dana yang mengalir dari negeri-negeri donatur, bisa digunakan dengan baik, sebagaimana mestinya, karena uang yang Anda-anda pakai itu adalah uang hasil jerih payah, kerja para donatur , bukan duit hasil malak atau gratisan..Bagi gue sendiri, donasi uang sekian dollar itu berarti hasil kerjaku berpanas-panas dan berdiri berjalan hilir mudik di dapur deli. Bukan hal yang sepele..

Iyalah, aku bilang gini, karena banyak teman yang suka kasak-kusuk menceritakan, bahwa organisasi swadaya masyarakat di Indonesia, yang sebagian besar memang menerima donasi dari luar negeri itu, banyak juga yang “abal-abal”..alias kerja nggak tau iya atau enggak, sing penting ada laporan..Inget ya..ga semua..

Tentang pastinya, aku nggak pengen memperpanjang kata, monggo saja bercermin diri masing-masing…

Ini cuplikan email yang dikirim padaku dari Green Peace:

YOU can make an impact. Greenpeace doesn’t accept money from corporations — we are powered by donations and support from people like you. Your monthly support enables us to fight on, and we are forever grateful…

 

 

8 Comments to "Uang Donasi"

  1. Alvina VB  2 March, 2017 at 02:49

    Artikel singkat ini, saya share ke temen yg juga pernah tahu banyak ttg Greenpeace (dlm bhs Inggris) dan mereka geleng kepala. Mereka cuman bisa bilang, kasihan rakyat bisa gak tahu kemana aja itu uang yang mereka donasikan digunakan. Berdasarkan laporan dari NGO Watchdog di sini, Greenpeace tidak termasuk NGO yg bisa dipercaya lagi, krn: uang lebih banyak digunakan utk administrative, travelling, accommodation para pengurusnya (terutama top managementnya), gaji pegawai serta paying the lawyers utk ngeluarin para activists dari Greenpeace yg ngeyel, demo pake kekerasan, ditangkep dan musti dikeluarkan. Prosesnya tentunya pake duit, dan uang donasi digunakan utk ini juga. Berapa persenkah yg beneran jatuh ke project mereka? Sangat memprihatinkan less than 10%. Pantesan projectnya gak maju2 atau gak pernah rampung kl gitu.

  2. Alvina VB  28 February, 2017 at 13:33

    Baru ngomong2 sama temen yg duluuuu pernah aktif di Greenpeace Canada; dia bilang kl mereka claim spt yg ditulis di e-mail: “YOU can make an impact. Greenpeace doesn’t accept money from corporations — we are powered by donations and support from people like you. Your monthly support enables us to fight on, and we are forever grateful…” Itu pernyataan yg misleading and it’s a lie, FYI:
    Donatur terbesar greenpeace di Belanda salah satunya adalah the Dutch Lottery, ini kan money making corporation bukannya NGO/foundation euy… mereka juga dpt donasi dari ‘corporate philanthropic arms’ spt The Rockefeller Foundation yg secara gak langsung ya uangnya sumbangan dari corporates lah. Greenpeace Brazil dapat incomenya dari mana? dari produk organik yg mereka jual sendiri.

    Nasehat temen saya dan juga saya pribadi, sebelum telat, Dian…please do your own homework, cari tahu donatur Greenpeace siapa aja sebetulnya? uangnya berapa persen dipake utk project2 mereka? berapa persen dipake buat admin, gaji org2 mereka, termasuk CEOnya yg demen naik pesawat di kelas executives.

  3. Alvina VB  28 February, 2017 at 12:42

    Silahkan baca artikel ini, yg ada sangkut pautnya dari mana aja Greenpeace dpt donasinya:
    https://www.biggreenradicals.com/group/greenpeace/#financials
    Makanya jangan heran setelah Canada dan New Zealand, sekarang giliran India yg menarik diri dari organisasi ini: https://www.biggreenradicals.com/greenpeace-kicked-out-of-india/

  4. Alvina VB  28 February, 2017 at 12:32

    Tidak hanya di sini aja org2 pada narik diri dari memberikan dana ke Greenpeace, krn sudah dianggap menyimpang dari tujuan semula dibentuknya organisasi ini; di Indonesiapun, sudah lama banyak yg keluar, ini cuma salah satu contohnya aja: http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/01/09/lxj2ju-donatur-cabut-bantuan-ke-greenpeace

    Mas DJ: Greenpeace selalu pake warna hijau krn awalnya adl NGO yg (berdiri sejak thn 1971 di Vancouver dan markas internasionalnya di Belanda, sekarang ada di 40 cabang/negara) peduli lingkungan hidup yg tentunya indentik dgn warna hijau.

  5. Alvina VB  28 February, 2017 at 04:55

    Greenpeace udah kehilangan charity statusnya di Canada dan New Zealand, krn organisasi ini dianggap making profit sekarang. It’s official: Greenpeace Serves No Public Purpose. Silahkan lihat laporan Institute of Economic Affair di UK. Silahkan check on line siapa aja yg jadi donaturnya Greenpeace yg milayaran dollar. Saya lebih support NGO yg grass-root, bukan yg money making organizations. Lagian kekerasan sering digunakan Greenpeace utk menyuarakan pesan2 sosialnya. Money making and violent acts – NO WAY….

  6. Lani  28 February, 2017 at 01:33

    Dian: mmg banyak organisasi donasi ini itu dst. Aku rutin donasi ke rumah sakit anak2 penderita kanker yg didirikan oleh Marlo Thomas dimana rumah sakit ini tdk menarik bayaran se-sen pun utk anak2 yg menderita kanker organisasi ini dinamakan St. Jude children research hospital………

    James: betul donasi terbesar buat member rumah ini adl dgn sll mampir dan menjenguk nya

  7. .Dj. 813  28 February, 2017 at 01:11

    Apa ada yang tahu . . .
    Mengapa tulisan Green Peace itu warnanya hijau . . . ? ? ?
    Terimakasih . . . ! ! !

  8. James  27 February, 2017 at 14:44

    1….di LN memang banyak sekali Donasi yang digelar semacam gini hanya bersifat sukarela tanpa paksaan

    Donasi Kenthirs untuk Baltyra yaitu hadir disini

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *