BAKPAO

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO…HALLO…

Salam jumpa dengan oret-oretan Dj. di hari Selasa yang indah ini. Mungkin bagi anda yang biasa masak makanan ringan pun yang berat adalah satu hal yang biasa. Tapi tidak demikian dengan kami minggu lalu.

Satu hari si ragil bertanya ke Dj. bagaimana bibir Dj. yang luka karena tergigit gigi sendiri…Dj. jawab, sudah lumayan, tapi kalau ada makanan yang nyenggol ya masih terasa sakit. Terutamna roti yang kulitnya cukup keras, waduuuuh…!! Diam-diam dia seperti mikir sesuatu dan ternyata benar adanya, saat Dj. pulang dari jalan kaki, sampai rumah tercium bau khas yang agak asam, tapi malah membikin penasaran.

Benar sekali dugaan Dj., ternyata dia (Daniel) sedang bikin bakpao…Karena penasaran, maka Dj. buka tutup pancinya dan dia teriak…Paaaaa…jangan dibuka dulu. Dj. tanya, mengapa kan papa hanya ingin lihat. Yaaaaaah…papa…Itu kan, kalau air dari tutup nya netes ke bakpao, bentuknya jadi jelek. Waaaaaaw…ternyata benar dan Dj. minta maaaaf, karena tidak tahu…

Tuh yang ketetesan air jadi jelek…Ternyata dia benar dan Dj. minta maaaaf…melihat si ragil begitu perhatian
Hahahahahahahahaha…!!! Ini special aku bikin agar papa bisa makan, kan bakpao lunak dan tidak keras kulitnya seperti roti. Puji TUHAN…!!!

Satu kebanggan, karena si ragil begitu perhatian untuk Dj. Dan dia silahkan Dj untuk mencobanya, tapi Dj. masih bersabar, nanti saja untuk makan malam bersama. Tapi dia bilang, ini aku bikin ada 17 bakpao, jadi untuk makan malam masih cukup ada banyak. Hahahahahahahahahaha…!!!

Waaaaaaw…bahkan rasa “ngoh yang“ nya sangat menusuk…Tapiiii…sekali lagi…waaaaaaaw…. benar-benar lecker sekali, sampai lupa akan sakit bibir yang tergigit…Hahahahahahahahahaha…!!!

Akhirnya makan malam pun siap….

Isinya…??? Dia bikin bakpao dengan isi daging cincang kesukaan Dj. Ya jelas dong, dagingnya harus dimasak terlebih dahulu…Hahahahahahahahaha…!!!

Nah ya, untuk Nok…mungkin untuk makan malam tidak cukup 1 bakpao. Tapi untuk kami sudah cukup, karena, makan malam biasa sedikit saja. Apalagi sorenya untuk tea time, kami juga sudah makan kueh keju.

Okay…Itu tadi bakpao dari Mainz…Hahahahahahahahaha…!!! Terimakasih untuk perhatian anda semuanya, semoga berkenan dan siapa tahu ada yang lebih baik cara bikin bakpaonya. Jadi kita bisa saling belajar…

Terimakasih kepada pengasuh Baltyra yang selalu menayangkan oret-oretan Dj di setiap hari selasa.

Mohon maaaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan.

Kiranya Berkat dan Kasih TUHAN, selalu menyertai kita semuanya.

 

Salam bakpao dari Mainz. Hahahahahahahahaha…!!!

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

20 Comments to "BAKPAO"

  1. Dj. 813  9 April, 2017 at 22:59

    SW Pratikasari 24 March, 2017 at 22:59

    Gede amat ya mas Bakpaonya…sesuai ukurannya Daniel he…he…
    Aku sukanya bakpao yg isi kacang hijau….
    Jangan lupa kirim ya kalo lg buat Bakpao kacang ijo
    ———————————————————————————-

    Hallo Ning . . .
    Terimakasih sudah mampir . . .
    Di e-Mails sudah Dj lihat komentar Ning, tapi di balgtyra baru hari ini Dj. lihat .
    Terimakasih sudah mampir . . .

    Okay, itulah ukuran yang dia kenal . . . Hahahahahahahaha . . . ! ! !
    Nanti kalau bikin lagi, pasti Dj. akan kirim .

    Salam manis dari Mainz dan semoga sukses selalu ya .
    Salam manis dari Mainz .

  2. Dj. 813  9 April, 2017 at 22:55

    Hallo nevergiveupyo . . .
    Terimakasih sudah mampir . . .
    Sangat disayangkan, sudah sampai di Jerman tidak mampir .
    Tapi Dj. bisa mengerti, kalau liburan memang waktunya sangat sempit .
    Karena pasti sudah ada yang penting yang sudah direncanakan .
    Semoga satu saat nanti bisa bertemu ya.
    Salam manis untuk keluarga dirumah .

  3. nevergiveupyo  3 April, 2017 at 17:30

    halo Pak Dj.. lama tidak meninggalkan jejak meskipun mengikuti artikel disini..maaf ini sedang khilaf..hehehe
    semoga Pak Dj dan keluarga semua sehat.. maaf kemarin saya sempat singgah ke ansbach dan Leipzig tapi tidak melapor ke mainz karena sempitnya waktu.. kebetulan adik saya lg ausbildung di ansbach sementara adik sepupu sedang persiapan mau kuliah di Lepzig..

    semoga lain waktu bisa kembali singgah dan sowan..

    salam,

  4. Dj. 813  25 March, 2017 at 01:24

    Linda Cheang 23 March, 2017 at 17:06

    Di sini bakpao spesial banget, isinya cunyuk, pakai daging belut plus telor asin & lap chiong.

    Mantapfff, deh! hehehehe Udah tenar puluhan tahun
    ————————————————-

    Hallo Linda. . .
    Hatur Nuhun Linda . . .
    Damang Linda . . . ? ? ?

    Cunyuk dan bukan kunyuk kan . . . ? ? ?
    Hahahahahahahahaha . . . ! ! !

    Yang jelas jadi ingat setelah makan bebek di Paduka bebek di P v J
    Lalu kita makan bakpao unyil ( kecil ).
    Hahahahahahaha . . . ! ! !
    Salam manis dari Mainz .

  5. Dj. 813  25 March, 2017 at 01:21

    Linda Cheang 23 March, 2017 at 17:06

    Di sini bakpao spesial banget, isinya cunyuk, pakai daging belut plus telor asin & lap chiong.

    Mantapfff, deh! hehehehe Udah tenar puluhan tahun

    —————————————————–

    Hi Linda . . .
    hatur Nuhun sudah mampir .
    Damang Lind . . . ? ? ? ?

    Cunyuk dan bukan kunyuk kan . . .
    Hahahahahahahahaha . . . ! ! !

  6. Dj. 813  25 March, 2017 at 01:19

    HennieTriana Oberst 22 March, 2017 at 18:13

    Keren ya Daniel bisa bikin bakpao. Tampilannya saja sudah mengundang selera, pasti enak rasanya.
    Liebe Grüße nach Mainz!

    ——————————————————–
    Hallo Hennie . . .
    Terimakasih sudah mampir .
    Terimnakasih juga untuzk pujian nya buat Daniel .
    Itu soal kebiasaan saja .
    Benar sekali , Dj sangat senang kalau dia mau bikin bakpao .
    Kalau bau asam nya sudah sampai ruang tamu, maka Dj tahu ada yang bikin bakpao .
    Hahahahahahahahahahaha . . . ! ! !

    Salam manis juga dari Mainz .

  7. Dj. 813  25 March, 2017 at 01:17

    Lani 22 March, 2017 at 09:22

    Mas DJ: pertanyaanku sama dgn Al itu isi bakpao nya apa? Kalau B 2 jelas ya monggo dinikmati dewe hehehe………..

    Di Hawaii ada bakpao dgn isi B2, taro, dan red bean paste namanya Manapua

    Atau juga ada yg mirip namanya Anpan mungkin bedanya krn satu di bake satunya dikukus dua2nya enak dan inuukkkkkkkkkkk………

    James, Al: jelas kenthir di Kona suka Manapua dan Anpan wuenaaaaak je………tiap hari ada di supermarket pagi hari jd msh menuk2 dan empuk minal minul kkkkkkk
    ———————————————————-

    Hallo yu, kalau sama ya bisa lihat jawaban untuk Alvina . . .
    Hahahahahahahahaha . . . ! ! !

    Ya bersyukurlah kalau di Kona ada yang jual yu, jadi tidak harus repot bikin :
    Yang penting enak .

    Terimakasih sudah mampir yu .
    Salam manis dari Mainz .

  8. Dj. 813  25 March, 2017 at 01:13

    James 22 March, 2017 at 04:53

    Cheese cake dan bapao, msauuuu. .

    Para Kenthirs. Mau bapao gak?
    ———————————————–

    Silahkan ambil James . . . .

    Hahhahahahahahahah . . . ! ! !
    Salam Sejahtera dari Mainz .

  9. Dj. 813  25 March, 2017 at 01:12

    Alvina VB 21 March, 2017 at 22:58

    Wow Daniel bisa bikin bakpao sendiri, hebat….isinya daging sapi/babi mas Dj?
    para kenthirs doyan bakpao gak?
    ————————————————————-

    Hallo Alvina . . .
    Tterimakasih suah mampir . . .

    Yuuuup, daniel bisa dan memang hobby nya ngutik didapur .
    Hahahahahahahahahaha . . .
    Kali ini isinya daging babi ( daging cincang yang di oseng dengan ngoh yang .
    Tapi kadang dia bikin dengan daging babi bahagian perut seperti kalau bikin babi kecap.
    Tapi juga bikin dengan isi kacang ijo yang sudah dikupas kulitnya, bisa beli sudah putih .

    Ini dia sering bikin banyak, sebahagian di bekukan .
    Kalau dia akan ke kampus, paling mudan dia ambik dari freezer dan di microwafe selama
    2-3 menit sudah bisa dimakan.

    Okay, salam manis dari Mainz

  10. Dj. 813  25 March, 2017 at 01:07

    Hallo Soiierli . . .
    Makasih ya, sudah mampir . . .

    Ala bisa karena biasa , itu kan pepatah kita orang Indonesia .
    Kalau tidak bisa beli, ya harus bikin sendiri dan lama-lama akan bisa .
    Hahahahahahahahahaha . . . ! ! !

    Yuuuuuup . . . . ! ! !
    Apa lagi itu kueh keju, itu tidak sulit .
    Tapi setiap tangan akan memiliki rasa lain ( sedikit berbeda ).
    Dari kami, yang pinter bikin kueh keju adalaah si Jana ( menantu )

    Okay, salam manis untuk keluarga dirumah ya .

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *