Kafunsho (花粉症) – Alergi Di Musim Semi

Dewi Aichi – Brazil

 

Musim semi adalah musim di mana bunga-bunga bertebaran di mana-mana. memang indah. Sangat indah. Tetapi bagi sebagian orang, keindahan itu membawa penderitaan. karena banyaknya bunga-bunga, serbuk bunga yang beterbangan terbawa angin bisa menimbulkan alergi. Saya pernah mengalami alergi berat pada bulan April 2004. Hampir 3 minggu lamanya saya tidak mempunyai suara alias bisu. Komunikasi dengan bahasa tulisan. Sungguh sangat tersiksa, yang awalnya adalah batuk-batuk dan sakit kepala.

Setiap orang yang alergi, tidak musti batuk. Gejalanya berbeda-beda. Ada yang seperti sakit flu, meriang, sakit kepala, atau batuk-batuk. Kebanyakan penderita alergi atau kafunsho adalah bersin-bersin dalam waktu yang lama. Ini sangat menyiksa, karena dengan bersin-bersin, bisa menimbulkan sakit kepala yang hebat, atau mata perih. Belum jika ditambah hidung ingusan.

Kafunsho, di Jepang sangat banyak dialami oleh masyarakat begitu musim semi tiba. masyarakat sudah tidak kaget. Bagi penderita , akan memakai masker untuk menghindari alergi yang semakin parah. Jepang adalah negara paling parah dengan kafunsho. Masa paling gawat yaitu antara Februari sampai April.

Orang kadang tidak tau apakah ia flu atau kafunsho. karena ciri-ciri alergi ini yang hampir sama dengan penyakit flu, yaitu hidung ingusan, bersin-bersin,sakit kepala, batuk,gatal di tenggorokan dan mata, kadang ada yang mengalami sakit telinga. lebih parah lagi jika disertai panas badan.

Bagi yang lahir di Jepang, alergi ini bisa diderita sejak bayi. Tetapi bagi warga asing, biasanya baru bisa kenal kafunsho setelah minimal 1 tahun di Jepang.

Jika sudah mengalami gejala-gejala alergi, segera ke dokter specialis otorhinolaringology atau bahasa Jepangnya adalah jibika. Di dokter spesialis ini akan diketahui jenis-jenis alergi dan pengobatannya. Penderita biasanya disuruh memakai masker selama sakit.

Bagi yang mudah kena alergi ini, jangan menjemur baju di luar rumah, karena baju-baju akan terkena serbuk-serbuk bunga yang kena angin. Jika dari bepergian, sebelum masuk rumah, bersihkan dulu seluruh baju yang dipakai dengan cara mengibas-ngibaskan atau tepuk-tepuk pakai tangan, seperti layaknya menghilangkan debu yang menempel di baju. Ini untuk mencegah serbuk bunga masuk ke dalam rumah. Jika memungkinkan segeralah mandi , membersihkan seluruh badan dari ujung rambut sampai ujung kaki.

Selama musim semi, jika berada di luar rumah, usahakan selalu pakai masker. Memakai pakaian yang meminimalkan serbuk bunga menempel di bahan pakaian. atau jika perlu memakai plastik tipis untuk melindungi pakaian dari serbuk,biasanya tersedia di apotik.

kushami ga deru / くしゃみが出る– bersin-bersin

hana-mizu ga deru / 鼻水が出る– ingusan

hana ga kayui / 鼻がかゆい– hidung gatal

hana ga tsumaru / 鼻が詰まる– hidung mampet

me ga juketsu suru /目が充血する – mata merah

namida-me / 涙目– keluar air mata

me ga kayui /目がかゆい – mata gatal

nodo ga kawaku / 喉が渇く– tenggorokan kering

nodo ga kayui / 喉がかゆい-tenggorokan gatal

mimi ga kayui / 耳がかゆい-telinga gatal

zutsu ga suru / 頭痛がする– sakit kepala

jukusui dekinai / 熟睡できない– tidak bisa tidur

shuchu-ryoku ga nakunaru / 集中力がなくなる– tidak bisa berkonsentrasi

 

 

About Dewi Aichi

Berasal dari Sleman Jogjakarta, saya blasteran (antar kelurahan maksudnya), happily married to a Brazilian guy. Dari Jogja merambah dunia. Pernikahan lintas benua adalah pilihannya. Setelah beberapa tahun di Distrik Aichi, Jepang, sekarang tinggal di Brazil bersama keluarga tercintanya. Tingkat sudrunnya setara dengan saudara-saudara sepersudrunannya seperti Nur Mberok, Elnino, Fire dan jelas Lani van Kona.

Di sini saya bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, saya hanya sekedar menulis apa yang saya rasakan, apa yang saya alami, dan apa yang menarik buat saya untuk ditulis. Jika ini bermanfaat untuk diri saya sendiri dan juga untuk teman-teman, saya sangat bersyukur

My Facebook Arsip Artikel Website

8 Comments to "Kafunsho (花粉症) – Alergi Di Musim Semi"

  1. Dewi Aichi  23 April, 2017 at 04:38

    James: aku pernah kena parah banget sampai suara habis kayak orang bisu seminggu, benar2 ngga ada suara, kalau komunikasi harus nulis, terima tilpon ngga bisa…jadi pernah ngerasain gimana menjadi bisu hihi..

    pak Handoko: waduh..saya termasuk yang tidak tau itu, tanaman angsana ….

    Lani: banyak banget ini alergi akibat pollen….menyiksa sekali, meski aku termasuk ngga setiap tahun kena…tapi pernah sekali ya itu yang aku ceritakan ke James sampai ngga ada suara.

    mas Sumonggo: hahahahahhaha…itu mah tiap orang alergi ………

    pak DJ: haloooooo pak DJ, iya mungkin usia juga berpengaruh terhadap ketahanan tubuh, kalau menjelang musim semi harus siap2 pak DJ, makan makanan yang nutrisi untuk ketahanan tubuh, paling tidak, dalam keadaan tubuh sehat, alergi tidak semakin parah menyerang tubuh, kalau misalnya pas menderita batuk….akan sangat parah efeknya. Salam hangat untuk pak DJ sekeluarga…

  2. Dj. 813  20 April, 2017 at 23:03

    Benar mbak DA . . .
    Dj yang tadinya tidak mengenal alergi .
    Sudah beberapa tahun ini kena juga, karena serbuk bunga :
    Puji TUHAN . . . ! ! !
    Tahun ini tidak parah, hanya beberapa hari saja bersin-bersin .
    Biasanya selain bersin karena hidung gatal dan meler, jga mata ikutan gatal .

    Mungkin juga imun sistym Dj. molai baik kembali .

    Salam manis dari Mainz dan semoga sehat selalu .

  3. Lani  19 April, 2017 at 01:39

    James: gimana pendapatmu mengenai allergy yg spt kang Monggo utarakan kkkkkk

  4. Lani  19 April, 2017 at 01:38

    Kang Monggo: klu itu mah allergi yg sdh diketahui hahaha………….

  5. Sumonggo  18 April, 2017 at 14:48

    Kalau pening dan aras-aras-en setiap kali didatangi debt collector leasing motor apakah termasuk alergi?

  6. Lani  18 April, 2017 at 12:30

    DA: mmg sebagian orang allergy pas musim spring tiba krn banyak Pollen atau serbuk bunga yg beterbangan terbawa angin. Aku bisa merasakan betapa tersiksanya ktk melihat almarhum dulu setiap spring time langsung bersin2, mata berair dan menderita………

    Bagus disisipkan pelajaran bahasa Jepang

    James: apakah kamu allergy serbuk bunga/pollen?

  7. Handoko Widagdo  18 April, 2017 at 10:44

    Sejak Indonesia memasukkan tanaman angsana dari Brazil dan akasia dari NFT alergi pollen juga terjadi. Tapi banyak yang tidak tahu.

  8. James  18 April, 2017 at 05:56

    Istri terkena hayfever sejak 4 tahun pertama tinggal di Ozi sedang hayfevet saya sejakl di Indo malah jadi sembuh

    Apa para Kenthirs ada yg alergi?

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *