Menua dan Diet

Dian Nugraheni

 

Kata diet itu, bagi aku sungguh bikin ogah pakai banget. Secara, aku ini sosok yang hampir selalu berdekatan dengan makanan, baik memasaknya, atau memakannya. Juga, yang namanya diet, butuh ketetapan hati dan disiplin tinggi…nggak boleh mudah tergiur lalu “cheating’ ya…Dan gue, orangnya slebor, nggak mau diatur-atur…

Kalau kita masih muda, sehat, dan metabolisme tubuh masih bagus, tak apalah makan apa pun juga ya…kecuali yang bikin alergi, ya jangan…Tapi kalau udah mulai menua, metabolisme tubuh udah mulai amburadul, nahh, ini dia…akhirnya rasa sakit ini itu, timbul…

Aku pun begitu…karena akhir-akhir ini keadaan kesehatan agak tidak bisa dipercaya seperti waktu-waktu lalu, bahkan sempet drop banget, maka mau ga mau, tengok-tengok lebih dalam diri kita sendiri. Artinya, mencoba mengenali lebih jauh, tentang diri sendiri…

Yang pertama adalah, sejak dulu kala muda belia, tidurku enggak teratur. Lebih tepatnya, bisa dibilang, jarang tidur… Bisa semalaman sama sekali enggak bisa merem, besoknya kerja full time, pulang, mandi, nggak bisa tidur lagi…Dan saat ini, iramanya malah 3 hari melek ngebyar, 3 hari berikutnya baru bisa tidur enak. Itu dalam ilmu kesehatan, enggak baik…

Lalu soal asupan, ini diyee…Aku ga doyan air putih, jadinya ya nggak minum air putih. Minumku cuma kopi 5 gelas sehari. Bagusnya cuma, nggak minum soda banget-banget. Kalau pengen banget ya minum soda cuma beberapa teguk aja. Enggak sarapan, makan siang cuma avocado dan apel, kadang ceplok telor. Malam, ya makan kalau mau, kalau ga..ya ga makan.

Ngemil…
Nahh…iyaa..jangan tanya…kalau di meja deket laptop ada cemilan, sudah ga bisa brenti tuh..Nahh, sekarang cemilannya diganti yang agak bagusan dikit. Ini lagi suka Pistachio, dried Cranberry, dan dried garlic…

Bla..bla..bla.. ke dokter dong..Cek lab, ini tinggi, ini rendah, lainnya normal.

Okay, lalu apa…

Lalu atur makanan dulu sebagai sumber utama kekuatan tubuh. Belajar minum air putih yang ph balance. Setelah seminggu belajar minum air putih, akhirnya tubuh nagih…kalau ga minum air putih, rasanya ga nyaman. 1.5 liter aja per hari (baru segitu kuatnya, atau tubuhku cukup dengan jumlah itu).

Jus, aneka buah, selang seling. Kali ini 3 hari jus merah berry’s family, besok 3 hari lagi jus hijau, timun, nanas, jeruk lemon atau nipis plus kulitnya, besoknya lagi ganti dehh…pokoknya cobain aja semua yang diliat di groseri.

Juga makan ramuan buat detox, 11 bawang putih, 3 jeruk nipis sebiji-bijinya dan sekulit-kulitnya, 2 bawang bombay, blender, simpan kulkas…, dimakan satu sendok sehari 3 kali, tapi cuma mau sekali aja 2 sendok…

Bla..bla..bla..selanjutnya, semua jenis pengaturan makan dicobain…So far yang paling enak di badan, ya makanan utamanya aneka jus aja, karena sehari makan seliter jus, udah kenyang banget…

Yang jelas kurangi karbohidrat dan gula, tapi nggak usah brenti sama sekali.

Ini sih, bukan diet…Cuma re-arrange pola makan dan jenis asupan disesuaikan dengan keadaan tubuh kita sendiri. Apalagi kalau mbak Di, setelah aku nilai-nilai, ternyata sekian puluh tahun, hidup dalam pola makan yang ngawur…

Oya, back to basic, puasa nganyep akan diaktifkan lagi mulai minggu ini…Nggak usah pakai nuduh mbak Di sirik, si Siti Sirik, atau apalah…, karena jalanin puasa begini…

Ini jenis puasa nggak ada hubungannya dengan agama, cuma biar sehat….dan biar tambah sakti…hixixixi…

(Maturnuwun dumateng Gusti Allah ingkang murbeng dumadi, sayangi aku, dan peluk aku selalu…)

 

 

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerRSS

3 Comments to "Menua dan Diet"

  1. Lani  18 April, 2017 at 12:37

    Dian: baru tahu ternyata pola makanmu sehari-hari amburadul……….usaha diperbaiki.

    Aku tdk minum soda dan sgl macam yg bubbling, tdk minum yg mengandung alcohol krn allergy.

    Jadi minum air saja 10 gelas/hari, kopi 1-2 cup saja pagi hari, tdk bisa minum sore apalagi malam iso ora turu lek2-an cilaka!

    Teh jarang2 mungkin mmg tdk begitu suka. Aku tdk pernah mengenal diet mmg tdk bisa, tp mengurangi makan yg asin2, ndak suka manis2, mengurangi makan daging, plg suka ikan apa saja mau tp ndak mau mbeteti ikan sendiri, jd bau amis kemana-mana, jd lebih suka beli tinggal setor mangap hahaha………..

    James: mmgnya kamu pernah diet? Terutama mengontrol pabrik gulamu ya

  2. Handoko Widagdo  18 April, 2017 at 10:47

    Diet(jek) supaya langsing (ilang singsete).

  3. James  18 April, 2017 at 06:06

    1… ..absenin para Kenthirs sembari diet

    Memang tambah usia ya hrs diet, sayangnya usia gak bisa di mundurin

    .

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *