PLACE DE LA CONCORDE

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

 

PESAWAT Concorde, Jakarta, 8 Nov 1976.

Pesawat supersonik antarbenua karya seni teknologi Prancis-Inggris. Jarak London-New York ditempuh hanya 2 jam 53 menit (Columbus berbulan-bulan dan nyasar pula). Phil Collins bisa manggung Live Aid 1985 di dua tempat antarbenua (London dan Philadelphia) dalam sehari karena naik Concorde. Pasien di Chicago bisa selamat dapat organ tubuh dari Eropa diterbangkan dengan pesawat ini. Suaranya yang menimbulkan suara sonic boom, dilarang terbang di atas udara Indonesia. Tamu negara yang pernah memakai ini – satu-satunya – hanya Presiden Prancis Mitterand (dia yang punya) waktu ke Jakarta pada 1986. Paris-Jakara yang biasa ditempuh 15 jam penerbangan dengan pesawat subsonik biasa, bisa dipercepat dengan Concorde hanya 8 jam (Macet Jumat malam hujan dari Bunderan HI ke Depok bisa 6 jam lho).

Hanya karena lempeng logam kecil di landasan bandara Paris, Concorde terbakar dan jatuh 25 Juli 2000, semua penumpang dan awak tewas. Hebatnya orang bule, bisa menyelidiki dari puing hangus Concorde disebabkan lempeng logam terlindas ban Concorde (kecepatan take off 250km per jam), terpental mengenai body bawah saya dan mengenai kabel listrik, terbakar, kena bahan bakar dan dalam hitungan menit jatuh).

Orang Indonesia yang sembrono (melas tanpa kacamata, bermobil tanpa sabuk pengaman, bermotor tanpa helm, sembarangan nyambung kabel listrik), seperti masih jauh dengan teknologi ringkih njlimet dan penuh kehati-hatian cermat.

Lebih baik ngurusin halal-haram saja. Selamanya…

 

 

5 Comments to "PLACE DE LA CONCORDE"

  1. Lani  29 May, 2017 at 11:35

    James: aku klu ngakak2 ya dirumah klu pas melihat video atau baca kiriman email teman2 yg lucu2……..mungkin tetangga aja yg dengar………….klu diluar ngakak2 bersama teman2 jd ndak ada org berpikir “wah itu perempuan sinting kkkkkkk”

  2. James  29 May, 2017 at 09:39

    Ci Lani memang tertawa itu menyehatkan dari pada stress tapi tertawanya jangan berlebihan saja tar disangka yang enggak-enggak lagi

  3. Alvina VB  28 May, 2017 at 07:32

    James, ha..ha….kecepatan para kenthirs bisa lebih cepet dari Concorde.
    Bung Iwan, itulah bedanya Ind sama dunia barat, disini mah udah lagi sibuk ngurusin kemajuan teknologi, gimana bikin beef yg bukan dari sapi, bikin pork ribs yg bukan dari babi lagi, ja…. di Ind cuman ribut haram dan halal doang….masih jalan di tempat prok..prok…entah sampe kapan euy….

  4. Lani  27 May, 2017 at 12:36

    ISK: spt biasanya pasti bikin ngakak, tebakanmu benul eh betul James…………aku baca dan ngakak2, katanya ketawa bikin sehat jd moga2 sll ada tulisan ISK tiap hari agar bisa ngakak………

  5. James  27 May, 2017 at 09:46

    1….seperti biasa kata penutup bang ISK selalu membawa pembacanya ngakak, mbak Lani pasti ngakak deh…..

    Concorde ini sebenarnya memiliki reputasi cukup baik dan kecepatan yang mempersingkat jarak suatu tempat ketempat lainnya, sekarang di Museum kan, sayang….

    tapi kecepatan para Kenthirs lebih cepat loh ….

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *