Save Your Body

Audry Djayasupena – Belanda

 

Kanker payudara  ataupun kanker kandungan adalah hal sangat menakutkan bagi perempuan ketika mengetahui bahwa dirinya terkena kanker payudara ataupun kanker  kandungan.Dunia rasanya mau runtuh.Di Belanda setiap perempuan memasuki usia 35 tahun dapet surat panggilan untuk Papsmear (Periksa kandungan) kalau tidak ditemukan apa-apa setelah  di Papsmear akan dipanggil lagi setiap lima tahun sekali untuk diperiksa lagi begitu seterusnya sampai usia 60 tahun.Dan setiap perempuan memasuki  usia 50 tahun dapet surat panggilan untuk payudara di momografie (momogram) kalau tidak ditemukan apa-apa akan dapet panggilan lagi setiap dua tahun sekali sampe usia 75 tahun.

Sebetulnya itu wajib tapi banyak juga perempuan yang mendapat surat panggilan untuk  Papsmear dan Momogram  tapi tidak memenuhi panggilan karena rasa takut atau rasa malas menganggap nggak perlu karena tidak merasakan apa-apa di payudaranya ataupun pada kandungannya padahal itu salah besar seharusnya datang untuk control karena kalau ada kanker misalnya masih stadium awal masih bisa cepat ditangani daripada terlambat akhirnya tidak tertolong dan meninggal sementara anak-anak masih kecil. Sedangkan bagi laki-laki dan perempuan memasuki usia 55 tahun akan mendapat surat panggilan untuk Colonoscopy (Periksa Usus).

Semua pemeriksaan itu gratis nggak mengganggu asuransi kecuali kalau ditemukan bahwa terkena kanker maka dikirim ke rumah sakit berarti semua biaya pengobatan di rumah sakit harus asuransi yang bayar. Kanker bisa mengenai siapa saja walau kita sudah melakukan hidup sehat berhati-hati sekalipun dalam hal makanan ataupun kebugaran bisa kena kanker juga tapi walaupun begitu bukan berarti kita patah semangat untuk melakukan hidup sehat karena orang yang kena kanker itu kebetulan apes aja.

Sebaiknya para perempuan segera memeriksakan diri  terhadap payudara dan kandungannya sebelum semuanya menjadi terlambat dan sebaiknya percayakan pada dokter umum ataupun dokter specialist jangan pergi ke dukun atau paranormal.Obat-obatan natur boleh diminum  tapi bukan berarti nggak pergi ke dokter menjalankan pengobatan ilmiah. karena kalau sudah parah pengobatan apapun nggak bisa menolong lagi selain hanya membantu menghilangkan sakit dan memperpanjang umur beberapa hari, minggu, bulan, tahun, pada akhirnya akan pergi meninggalkan dunia.

Di Belanda semua warga wajib punya asuransi kesehatan, bagi warga yang penghasilannya minimum setiap bulannya maka pemerintah akan memberi subsidi, besar subsidinya tergantung berapa penghasilan warga setiap bulannya jadi disesuaikan setiap warga beda-beda mendapat subsidi setiap bulannya yang dibayarkan setiap tanggal 20 oleh kantor pajak Belanda secara otomatis ke rekening masing-masing.

 

Salam Bhinneka Tunggal Ika

 

 

About Audry Djayasupena

Dulu dikenal dengan nama La Rose Djayasupena, kemudian menggunakan nama Pingkan Djayasupena dan sekarang menjadi Audry Djayasupena. Tinggal di Negeri Kincir Angin. Pemikirannya yang 'progresif' terlihat dari artikel-artikel dan buku-bukunya. Sudah menerbitkan karyanya berupa beberapa buku, di antaranya yang cukup 'sangar' judulnya adalah "Bedroom Fantasy".

My Facebook Arsip Artikel

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerRSS

3 Comments to "Save Your Body"

  1. Lani  21 June, 2017 at 12:41

    Setuju dgn kamu, yg penting usaha hidup sehat dan rutin check-up the rest in God’s hands

  2. James  21 June, 2017 at 05:39

    Pemeriksaan kanker payudara dan kandungan untuk wanita. Periksa prostate untuk Pria, ruwetjuga yah? Que sera sera sajalah sembari tetap check up dan alert

  3. Lani  20 June, 2017 at 13:13

    Demikian juga spt di America semua check-up yg ditulis diartikel ini, dan saya sll menjalankan dgn rutin setiap tahun………..

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *