Elastic Heart by SIA

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

 

INI foto Patung Nandiswara dalam Candi Nandi di kompleks Candi Prambanan yang sedang diperhatikan dengan penuh perhatian oleh Senator Bob Kennedy saat di ke sana 1962. Bob suka sekali dengan patung ini. Andai dia tidak dibunuh, Bob hampir pasti jadi presiden AS pada 1969. Benda ini paling favorit bagi saya setiap mengunjungi candi ini. Ketika Barack Obama mengunjungi kembali Candi Prambanan minggu lalu, dia tertarik dan banyak diskusi soal Patung Nandiswara sambil mengenang bahwa dia pernah berfoto di patung itu saat kecil dulu.

Candi Prambanan adalah visual abadi bukti keberadaan pengaruh Hindu yang sangat kuat di nusantara sebelum agama-agama Timur Tengah datang. Indonesia adalah Hindu Rashtra (negeri Hindu) sampai kapanpun (Kak Nandito Brotowinoto pasti senang nih). Negara dengan pengaruh Hindu terbesar di dunia setelah India, ya Indonesia, meski penduduknya mayoritas muslim. Teman expat saya asal India semasa saya bekerja di ahensi, shock ketika baru datang di sini. Hampir semua nama orang Indonesia berasal nama dari Hindu (Sansekerta), tapi agamanya Islam! Nah!

Hindu adalah ajaran yang sangat membumi dan mengakar di nusantara, karena mengajak kita mengikat batin dan emosi dangan tempat kita berada. Jadi, apapun ajaran dari luar yang masuk ke Indonesia setelah keberadaan Hindu di Indonesia, tidak bisa berdiri sendiri. Harus menyatu dengan pengaruh lokal, yaitu Hindu dan sedikit paganisme yang sudah sangat kecil. Islam yang datang ke sini, dilokalkan oleh para ‘wisdom fighter’ menjadi Islam Nusantara. Islam yang unik dan tidak akan ada di bagian dunia lain.

Coba saja datangkan nilai/ajaran/apapun ke nusantara tanpa ‘customized’ dengan unsur lokal (baca Hindu), tidak akan bisa hidup lama tanpa sentuhan nilai-nilai ‘home grown’. Mau menolak atau menghilangkan atau memotongnya? Ya unsur Hindu akan tetap ada.

Elastis sekali bentuknya.

 

 

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerRSS

2 Comments to "Elastic Heart by SIA"

  1. Lani  20 July, 2017 at 14:04

    James: hahaha………..lagi2 coba bikin puisi?

  2. James  19 July, 2017 at 11:54

    Wooden Heat by Elvis Prestley

    Broken Heart by Pacar

    Rubber Heart by Dunlop

    Metal Heart by K.A

    Racis Heart by FPI

    Hawaiian Heart by Kona

    Kenthirs Heart by Baltyra

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *