260 TAHUN PURA MANGKUNEGARAN 1757-2017

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

 

ANTARA Pemerintah Amerika Serikat yang sekarang merayakan Hari Kemerdekaan tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Kerajaan Mangkunegaran. Berbeda dengan Kerajaan Aceh, presiden-presiden AS abad ke 19 masih ikut pusing memikirkan hubungan mereka dengan Aceh. Kerajaan Aceh bebas sedangkan Pura Mangkunegaran masih dibawah Kerajaan Belanda saat itu.

Presiden AS tidak pernah ada yang bertandang ke Pura Mangkunegara. Raja-raja Mangkunegara mungkin pernah ke AS sebagai kapasitas pribadi sebagai WNI. Pemerintah AS pada 1977 meluncurkan satelit yang membawa rekaman gamelan karya KGPAA (Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aria) Mangkunegara IV (1858-1881) ke luar angkasa. Rekaman itu berisi tembang ‘Ketawang Puspawarna’ dan musik dunia lainnya untuk diperkenalkan kepada mahluk selain manusia di maha luas angkasa (kalau ada). Satelit yang membawanya bernama ‘Voyager I’ diluncurkan 5 Sep 1977 dan kini sudah di luar Tata Surya kawasan ingterstellar. Inilah benda terjauh di angkasa buatan manusia buatan AS yang ada karya raja Jawanya dari Pura Mangkunegaran.

Di perpustakaan-perpustakaan AS, khususnya Library of Congress’, banyak tersimpan literatur tentang Mangkunegara yang disimpan rapih dan dapat diakses mudah. (koleksi karya Khoo Ping Hoo saja dikoleksi mereka).

 

 

2 Comments to "260 TAHUN PURA MANGKUNEGARAN 1757-2017"

  1. Lani  26 July, 2017 at 05:51

    ISK: “Di perpustakaan-perpustakaan AS, khususnya Library of Congress’, banyak tersimpan literatur tentang Mangkunegara yang disimpan rapih dan dapat diakses mudah. (koleksi karya Khoo Ping Hoo saja dikoleksi mereka)”
    +++++++++++++++++++++++++++

    Hebat ya, karya dan milik orang Indonesia diopeni dan kopen di luar negeri………..dibandingkan dinegeri sendiri ora kopen atau tdk mendptkan tempat yg layak………

  2. James  24 July, 2017 at 12:47

    sepi amat nih, kagak ada traffic jam nya

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *