Gombal Gambul Transformer

Fire – Yogyakarta

 

Kemarin waktu habis lebaran kami nonton pilem Transformer yang sekuel paling anyar. Sekalian njajal bioskop yang baru di mall baru.

Boleh dibilang sekarang Jogja mulai “dikepung” bioskop dan mall. Bioskop jaringan XXI di Ambarukmo Plaza, Jogja City Mall, dan di jalan Solo. Bioskop jaringan CGV Blitz di Hartono Mall dan Sahid J Walk. Bioskop jaringan Cinemaxx di Lippo Mall. Saya kadang mikir siapa yang bakal menuhin mall dan bioskop sebanyak itu? Apa wong Jogja tiap hari kerjaannya maen ke mall ama bioskop?

Kembali ke Transformer, selesai nonton kayaknya ceritanya masih bagusan Transformer yang awal. Mungkin dari segi teknologi pilem-nya makin canggih, tetapi ceritanya kok makin ngayawara. Gimana Transformer disambungin sama legenda Raja Arthur dan mbah dukunnya yang bernama Merlin, dan ngapain Transformer ikut-ikutan ngepruki balatentara Nazi Jerman di Perang Dunia II. Transformer yang pertama dan kedua, masih lebih nggenah ceritanya. Biarpun sama-sama nggedabrus, lha wong namanya juga pilem, tetapi alur ceritanya masih radak wangun, nggak terlalu ngomyang. Mungkin yang mbikin skenario cerita lagi kehabisan ide.

TRANSFORMERS, Optimus Prime, 2007. ©Paramount/courtesy Everett Collection

Sebenarnya di wilayah Nusantara ini kita lebih kaya cerita, legenda, hikayat, mitos, dongeng dan tahayul apapun yang bisa menjadi latar belakang dari cerita Transformer. Berikut sejumlah skenarionya :

1.
Buah Palapa di zaman Majapahit, ternyata berasal dari benda bertuah di Cybertron. Dan saat ini Autobot dan Decepticon saling memperebutkan buah Palapa tersebut. Lokasi syuting di daerah Trowulan. Ending cerita: Seorang keturunan Gadjah Mada akhirnya berhasil memperoleh buah tersebut dan menyelamatkan dunia.

2.
Keris Mpu Gandring ternyata berasal dari sejenis logam langka yang membawa kutukan dari Cybertron. Para pendahulu Optimus Prime dan Megatron saling bertarung berabad-abad karena kutukan tersebut. Ending cerita: Optimus Prime dan Megatron diruwat untuk menghapus kutukan tersebut, dan diselenggarakan halalbihalal yang dihadiri oleh Autobot dan Decepticon dengan bintang tamu Tukul dan Sule, dan para tamu akan dijamu dengan sajian ketupat, tapi ketupat ini bungkusnya bukan dari janur tapi dari stainless steel.

3.
Legenda Ajisaka dan Dewata Cengkar. Sosok Dewata Cengkar sering digambarkan sebagai raksasa atau monster ganas. Nah, di cerita ini ternyata Dewata Cengkar adalah leluhur dari Megatron. Setelah kalah dalam pertarungan dengan Ajisaka, maka Dewata Cengkar terpendam ribuan tahun. Saat ini Megatron berusaha membangkitkan lagi Dewata Cengkar. Tetapi Megatron gagal mengendalikan Dewata Cengkar. Dewata Cengkar mengamuk karena kurang sajen saat berusaha dibangkitkan oleh Megatron. Megatron lupa menyertakan rokok Dji Sam Soe. Optimus Prime akhirnya berhasil memancing Dewata Cengkar untuk bertarung di pesisir pantai selatan, sebelum akhirnya Dewata Cengkar musnah disapu ombak Laut Selatan. Kesalahan fatal Dewata Cengkar adalah dia mengenakan pakaian berwarna hijau.

4.
Pernah dengar sandiwara radio Saur Sepuh yang mengisahkan Raja Brama Kumbara dari kerajaan Madangkara? Nah, burung besar yang menjadi tunggangan Raja Brama Kumbara itu sebenarnya adalah Autobot. Pedang Setan milik Manthili itu sebenarnya dipinjami oleh Optimus Prime.

5.
Beberapa tahun lalu pernah heboh paranormal cilik bernama Ponari. Nah, Batu Ponari sebenarnya adalah cube dari Cybertron. Gara-gara itu, maka Megatron ngubek-ubek tanah Jawa untuk menemukan Ponari. Akhirnya Ponari berhasil memancing Megatron dan Decepticon untuk menyingkir ke pulau Madura. Endingnya: Tahu sendiri kan nasib “pasukan besi” ini kalo udah nyampe Madura? Sekrupnya pun nggak ada yang tersisa ….

6.
Kapak Naga Geni Wiro Sableng sebenarnya adalah Autobot yang menyamar. Saat menjadi Transformer ia akan berubah menjadi naga yang menyemburkan api. Tapi sayangnya skenario yang ini nggak bakal disetujui oleh produser, karena khawatir Optimus Prime ketularan gendheng, dan Megatron jadi sableng.

7.
Pernah dengar mitos gerhana bulan terjadi karena bulan ditelan oleh Batara Kala? Nah, Batara Kala sebenarnya adalah Transformer raksasa di jaman kuno yang merupakan leluhur Megatron. Batara Kala akhirnya melepaskan bulan karena digelitikin oleh leluhur Optimus Prime. Karena ulah Decepticon, maka Batara Kala terbangkit kembali dan mengancam bumi. Untuk mengakhiri ancaman ini maka Batara Kala mesti dibikin tersedak. Dan yang bisa membuat Batara Kala tersedak hanyalah magma dari gunung Merapi. Untuk mengambil magma tersebut haruslah dengan irus sakti peninggalan Mbah Maridjan.

8.
Legenda gunung Tangkuban Prahu. Di jaman kuno, pesawat luar angkasa berukuran superbesar dari Cybertron jatuh di tanah Sunda, dan setelah berabad-abad tertimbun menjadi gunung. Di saat yang sama, pesawat luar angkasa lainnya jatuh di pulau Sumatra di tempat yang sekarang menjadi Danau Toba, dan tertimbun pulau Samosir. Megatron berhasil membangkitkan para Transformer kuno di gunung Tangkuban Perahu. Optimus Prime dan Autobot kewalahan menghadapinya. Untuk bisa mengalahkan mereka, maka Optimus Prime harus membangkitkan Transformer kuno di pulau Samosir.

Kalo skenarionya kayak di atas, syuting pilemnya di Indonesia, siapa kira-kira yang paling cocok jadi sutradaranya? Jelas Kang Mitro, nggedebus omonge ….

Kalo di pilem Transformer, sedan sport atawa truk trailer berubah jadi robot raksasa, nah kalo di sini berikut sejumlah kendaraan yang bisa bertransformasi:
-bajaj
-bemo
-bentor (becak motor)
-sepeda motor menyeret gerobak yang biasa buat ngangkut galon aqua atau elpiji

Tapi sehebat apapun kendaraan Transformer, kalo di Indonesia dia nggak bakal bisa ngalahin manuver dua kendaraan ini: angkot dan emak-emak pake matic.

Baiklah teman-teman, kalo produser Transformer pengin syuting di Indonesia, nggak bakal kehabisan cerita. Sekuel Transformer bisa dibikin sebanyak-banyaknya ngalahin sinetron Tersandung atau sinetron Tukang Bubur Naik Bajaj. Kalo soal ndobos, kita jagonya …..

 

NB: Selain Transformer, berikut potensi kerjasama pembuatan sejumlah pilem yang bisa dijajagi antara sineas Hollywood dengan Indonesia:
1. Fast and Furious Terjerat Tali Pocong Perawan
2. James Bond – From Sarkem With Love
3. Annabelle vs Jaelangkung

 

 

About Fire

Profile picture'nya menunjukkan kemisteriusannya sekaligus keseimbangannya dalam kehidupan. Misterius karena sejak dulu kala, tak ada seorang pun yang pernah bertatap muka (bisa-bisa bengep) ataupun berkomunikasi. Dengan tingkat kreativitas dan kekoplakannya yang tidak baen-baen dan tiada tara menggebrak dunia via BALTYRA dengan artikel-artikelnya yang sangat khas, tak ada duanya dan tidak bakalan ada penirunya.

Arsip Artikel

7 Comments to "Gombal Gambul Transformer"

  1. J C  4 August, 2017 at 05:39

    Huahahahaha…wis jiaaaann…tobat, tobaaattt…skenario mas Fire boleh diusulkan ke Hollywood tuh…casting pemain Nyai Kona n Dewi Aichi…

  2. Lani  1 August, 2017 at 03:53

    Hahaha kenthir gawan bayi…………pentulise kapusan film-e elek……….kkkk

  3. Alvina VB  31 July, 2017 at 22:49

    Tulisan wong kenthir spt biasa yo…..Weleh 100x…..itu pembodohan masyarakat di Yogya (yg terkenal kota pelajar) itu namanya kl kebanyakan mall dan biskop, entar para mahasiswa/i pada gak belajar, malah pada sowan/gentayangan ke sana donk….

  4. Fire  31 July, 2017 at 17:14

    no (1) kenthir
    no(2) gendheng
    no(3) sableng

  5. James  31 July, 2017 at 16:39

    sy lihat preview nya langsung kagak jadi nonton Transformer seri dua, yang pertama nonton sih karena memang lumayan jalan ceritanya

  6. Dewi Aichi  31 July, 2017 at 15:14

    Kang Fire….haha..samaaaaaaaaaaaaa…anakku bete abis nonton ini, lha aku yg nemeni nonton, tidur aja di bioskop…tau-tau brisik dan bubar tuh film, cuma anak cerita klo transformer yang terbaru ini bener-bener buruk.

  7. Lani  31 July, 2017 at 12:42

    Wakakakak…………..pentulisnya semakin nggedabrussss……….!

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *