ARCHE DE TRIOMPHE

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

 

INILAH jembatan lengkung (arch) yang terpanjang di Indonesia. Simpang Semanggi dibangun Presiden Soekarno untuk persiapan Jakarta sebagai tuan rumah Asian Games IV 1962. Dirancang oleh Ir Sutami (dulu diusulkan bernama Jembatan Sutami). Kini Simpang Semanggi jadi cagar budaya.

Pembangunan Simpang Susun Semanggi diprakarsai secara jenius oleh Gubernur Basuki Purnama, tapi ditentang keras oleh pihak kompetitor pilkada Jakarta 2017, karena merusak cagar budaya Jakarta. Padahal tidak ada yang rusak, justru lebih indah dan lebih fungsional mengurangi 33% kemacetan di sekitar itu tiap hari.

Para penentang pembangunan Simpang Susun Semanggi (kaum Bumi Datar) mungkin khilaf. Justru Simpang Semanggi sudah dirusak tahun 1989-1990. Saat itu empat lengkung nya dibongkar geser karena di ruas tengahnya di bangun jalan tol dalam kota. Sudah merusak cagar budaya, ditambah lagi menghilangkan hak warga menggunakan jalan itu, karena dibangun tol berbayar yang memakai uang warga! Tak ada yang protes apalagi mengungkit.

Gubernur Basuki membangun Simpang Susun Semanggi tanpa memakai APBD, tapi dari dana koefisien lantai bangunan (KLB) yang nilainya IDR 579 miliar. Setelah diappraisal, biayanya cuma IDR 360 miliar. Ada sisa lagi! Sebesar IDR 219 miliar yang akan digunakan untuk perbaikan trotoar di sekitar kawasan banking line Jakarta. Era pra Basuki sudah habis-habisan dikorupsi. I know it. Dan…

…warga Jakarta gratis menggunakan Simpang Susun Semanggi (beda dengan tol dalam kota di atas Semanggi yang berbayar). Dibangun dengan biaya IDR 0 uang APBD, gratis lagi.

“Gubernur yang tidak mengerti anggaran”, kata gubernur Muslim terpilih.

 

 

8 Comments to "ARCHE DE TRIOMPHE"

  1. djasMerahputih  11 August, 2017 at 06:50

    Ahok berhasil menetapkan standar tinggi untuk sebuah jabatan Gubernur. Semoga penerusnya nggak kewalahan menyamai atau paling tidak mendekati standar itu. Thanks Ahok..!!

  2. James  10 August, 2017 at 12:56

    begitulah kalau Gubernur Bego Terpilih tapi mengkritik Gubernur Genius, akhirnya Jakarta kembali menjadi Korban Koruptor

  3. Lani  10 August, 2017 at 00:12

    Al: Tidak usah ditunggu sdh jd rahasia umum bagaimana kinerja mereka……..bakal bikin semakin stress dan depress penduduk DKI kkkkkkk

  4. Alvina VB  9 August, 2017 at 13:03

    Mas Sumonggo dan mbakyu Lani, saya cuman ikutan ngakak aja, ha…ha…..ditunggu tuch kerjanya gubernur yg baru, beresin preman2 di Jakarta kl ente bisa kerja.

  5. Donald  9 August, 2017 at 12:09

    Paragraf akhirnya menyentak, “Hahaha …”

    Keren

  6. Lani  9 August, 2017 at 11:48

    Kang Monggo: hahaha……….ya begitulah, yg goblog diri sendiri yg disalahkan orang lain……….ayo ngakak……….

  7. Lani  9 August, 2017 at 11:47

    ISK: Paling jozzz dan menarik alinea pungkasan……….jelas2 Gubernur jozzz sj msh dipaido

  8. Sumonggo  9 August, 2017 at 11:40

    He … he … kemarin ada yang kesasar, yang disalahkan jalannya ….

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *