260 TAHUN PURA MANGKUNEGARAN 1757-2017: Mangkunegara VIII

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

 

PADA 2 Agustus 1987, 30 tahun silam, KGPAA Mangkunegara VIII wafat. Pertama kali dalam sejarah Indonesia merdeka sejak 1945, terjadi suksesi dalam kerajaan Mataram Islam (Pakubuwono, Hamengkubuwono, Mangkunegaran dan Pakualaman). Selama sejarah bangsa Indonesia modern, pergantian (suksesi) di kerajaan Mataram Islam itu selalu dibarengi dengan friksi atau pertikiaian kecil hingga perang pertumpahan darah.

Mangkatnya KGPAA Mangkunegara VIII pada 1987 menjadi awal kisah pergantian raja-raja Mataram Islam dalam alam Indonesia merdeka. Setahun usai wafatnya, Pura Mangkunegaran tidak memiliki raja. Baru pada 8 Januari 1988, dinobatkan putra keempat KGPAA Mangkunegara VIII, yaitu Gusti Pangeran Haryo Sujiwokusumo menjadi KGPAA Mangkunegara IX. Proses pemilihan sebagai penguasa Pura Mangkunegaran sangat unik, karena melibat juga pihak luar dari Pura Mangkunegaran.

Saat penobatan KGPAA Mangkunegara IX terjadi pada era Orde Baru di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto yang istrinya adalah kerabat dekat Pura Mangkunegara. Ayah kandung Ibu Tien Soeharto, yaitu RM Soemoharjomo adalah cicit KGPAA Mangkunegara III (1835-1853). Sedangkan KGPAA Mangkunegara IX pernah menikah dengan putri kandung Presiden Soekarno, Sukmawati Sukarnoputri yang membuahkan anak yang kemungkinan kelak menjadi KGPAA Mangkunegara X. Tapi dalam sejarah Pura Mangkunegaran, tidak ada pakem (succession line) dalam pemilihan raja mereka. Bisa putra, cucu atau kemenakan atau kakak/adik dari sang raja.

KGPAA Mangkunegara IX adalah raja Mataram Islam yang paling lama berkuasa dalam alam Indonesia merdeka. .

 

 

2 Comments to "260 TAHUN PURA MANGKUNEGARAN 1757-2017: Mangkunegara VIII"

  1. James  17 August, 2017 at 05:52

    Hadir Al baru selesai morning tea

  2. Alvina VB  17 August, 2017 at 01:58

    Apik nich sejarahnya. 260 thn yg lalu, blm ada Canada, lah wong umurnya baru 150 thn ini, ttp kota Montreal, Quebec City udah berdiri lebih dari itu.
    Mana nich para kenthirs kok blm muncul ya?

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *