Ucapan Selamat Ulang Tahun ke 72 Republik Indonesia dari Brazil

Dewi Aichi – Brazil

 

Di dinding Facebook, masyarakat Indonesia baik di Indonesia maupun di luar Indonesia semua mengucapkan salam kemerdekaan dengan postingan aneka foto yang meriah. Banyak foto yang penuh luapan kebanggaan terhadap tanah air Indonesia…saya ikut merasa bangga menjadi warga negara Indonesia. Meski sudah lebih dari separoh hidup saya tidak berada di Indonesia. Menyaksikan upacara di Istana Negara bikin haru. Abaikan postingan yang memancing perdebatan.

Di sekolah juga mempersiapkan upacara untuk memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia. Dibandingkan dengan di Brasil sini, di sekolah tidak dikenalkan upacara untuk memperingati kemerdekaan negaranya, atau Dia de Independência setiap tanggal 7 September. Tidak dikenalkan pengibaran bendera, tidak dikenalkan baris berbaris. Dan di medsos juga sepi-sepi saja dari masyarakatnya tidak antusias seperti yang tampak sejak kemarin dari masyarakat Indonesia.

Pernah ditanya oleh kenalan-kenalan di Brasil, “kalau kau punya uang banyak sekali, kamu pilih hidup di Brasil atau di Indonesia?”, jawab saya pastilah ingin hidup di Indonesia. Keinginan hidup di Indonesia tidak ada kaitannya dengan punya uang atau tidak. Tetapi sebagai orang yang akar budayanya dari tanah kelahiran, di manapun berada pastilah kecintaan terhadap tanah air itu besar sekali.

Mendengar penuturan saya itu, orang Brasil itu berkata, ” impressionante ne..” (impresif maksudnya), aku melihat orang Brasil sendiri tidak seperti itu, biasanya ingin meninggalkan Brasil dan menceritakan ketidakbanggaannya terhadap negerinya (kasus tertentu ya, bukan semuanya warga Brasil).

Kembali ke acara tv yang saya lihat tadi, upacara bendera di berbagai wilayah di Indonesia, saya kira ini sangat layak untuk diberikan apresiasi, bahwa sekolah-sekolah di Indonesia masih menganggap itu penting. Ahh..anak saya sekolah di Brasil tidak kenal upacara, tidak kenal mengibarkan bendera, tidak kenal baris berbaris, tidak mempunyai pengalaman semua itu, etc…

 

 

About Dewi Aichi

Berasal dari Sleman Jogjakarta, saya blasteran (antar kelurahan maksudnya), happily married to a Brazilian guy. Dari Jogja merambah dunia. Pernikahan lintas benua adalah pilihannya. Setelah beberapa tahun di Distrik Aichi, Jepang, sekarang tinggal di Brazil bersama keluarga tercintanya. Tingkat sudrunnya setara dengan saudara-saudara sepersudrunannya seperti Nur Mberok, Elnino, Fire dan jelas Lani van Kona. Di sini saya bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, saya hanya sekedar menulis apa yang saya rasakan, apa yang saya alami, dan apa yang menarik buat saya untuk ditulis. Jika ini bermanfaat untuk diri saya sendiri dan juga untuk teman-teman, saya sangat bersyukur

My Facebook Arsip Artikel Website

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerRSS

6 Comments to "Ucapan Selamat Ulang Tahun ke 72 Republik Indonesia dari Brazil"

  1. James  19 August, 2017 at 06:58

    Merdeka untuk Koruptor dan Radikalisme……

    Jokowi seorang Presiden Indonesia yang hebat hanya masih banyak Pekerjaannya yang belum dapat di Selesaikan karena di JEGAL terus oleh lawan-lawan Politiknya, apakah masih bisa berlanjut setelah 2019 ???

  2. Sumonggo  19 August, 2017 at 04:35

    Merdeka ….

  3. Lani  19 August, 2017 at 01:44

    Nah, mmg klu ngomong dgn sesama kenthir lebih pas………..lan mudeng, helloooooooooo dimana para kenthir lainnya??

  4. Alvina VB  19 August, 2017 at 00:10

    Semoga di thn 72 tetep NKRI dan selanjutnya….maju terus dibawah pimpinan Pres Jokowi.

  5. Dewi Aichi  18 August, 2017 at 16:22

    Betul Lani….Yesssssssssssss, hanya pak Jokowi yang hebat….

  6. Lani  18 August, 2017 at 12:05

    DA: HUT NKRI jd sgt meriah, hingar bingar itu krn pemimpinnya Jokowidodo……..coba mana ada presiden sebelumnya yg spt beliau??? Aku wae melu bangga spt dirimu juga walau jarak sgt jauh memisahkan negara dimana kita tinggal

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *