Bijak

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

 

MALAYSIA kebangetan, kata Cak Imin, ketum PKB soal bendera RI yang terbalik. Kebangetan maksudnya, bendera kita paling mudah, masak bisa salah. Ditambah Malaysia sudah 6 kali tuan rumah SEA Games. Mosok makin bego di jaman digital. Plus, yang kecewa ya anak buahnya yang jadi menpora RI dari PKB. Apalagi peserta SEA Games cuma 11 negara. Cemenkah (take it easy) soal visual bendera. (Bandingkan dengan olimpiade yang 200an bendera negara?)

Kesalahan Malaysia seperti refleksi kita untuk menjadi tuan rumah Asian Games XVIII 2018 nanti. Ada 45 negara dengan benderanya dan namanya yang sering ketuker. Inget lho, orang kita masih bego-bego. Belum bisa membedakan /chicken/ dan /kitchen/, /thursday/ dan /tuesday/, /austria/ dengan /australia/. Apalagi dari 45 anggota OCA (Komite Olimpiade Asia) yang bakal ikut Asian Games di Palembang dan Jakarta, namanya membingungkan.

Ada Kyrgystan, Uzbektistan, Turkmenistan, Kazakstan dan Tajikistan. Bisa ketuker-tuker. Belum lagi bendera-bendera beberapa negara Arab sama warna, seperti bendera Kuwait, Palestina, Yordania dan UEA itu sama cuma beda variasi minor. Sudan dan Yemen samaan benderanya. Untungnya tak ikut karena di Afrika. Ditambah lagi sebut nama Republic of China untuk Taiwan, bisa boikot kontingen raksasa Tiongkok. Fatal. Panitia Olimpiade Los Angeles juga dimarahi tim Korea Selatan, karena menulis nama resmi mereka ‘Republic of South Korea’. Ngamuk mereka! Bagi mereka, Korea satu. Gak ada utara dan selatan.

Pusinggggggggggggggg….

 

 

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerRSS

6 Comments to "Bijak"

  1. Didik  23 August, 2017 at 18:54

    Ada saja ya hal-hal “ribet” di tengah-tengah semarak pesta olah raga ini.
    Sayangnya, lagi-lagi hal ini dilakukan oleh negeri tetangga yang itu lagi, jadi terlepas dari itu disengaja atau tidak, tapi kesannya jadi seperti boleh dijudge bahwa ini disengaja..

    Di situ kadang saya merasa sedih dan pilu…

  2. Lani  23 August, 2017 at 03:48

    ISK: Menurutku klu ini asli krn salah cetak, bukan krn disengaja, kesengajaan, dgn permintaan klarifikasi, maaf ,, dan jangan sampai terulang kembali, ya selesailah sudah………jgn diperpanjang mbleber kemana-mana………apalagi ditambah dgn kata2 hinaan atau yg lainnya………..

  3. Swan Liong Be  22 August, 2017 at 16:55

    Disini keliatan bagaimana praktisnya bendera Austria, di-bolak-balik ya tetap merah-putiih-merah!!

  4. Budi Margomuljo  22 August, 2017 at 15:07

    Saya baca, mobil dengan bendera Malaysia terbalik banyak berkeliaran di jalanan kota Solo..

  5. Sumonggo  22 August, 2017 at 11:00

    Yang membolak-balik bendera itu pasti belum pernah merasakan kunduran truk …..

  6. James  22 August, 2017 at 10:00

    Merah Putih bisa dibolak-balik tapi Bendera Malaysia kagak bisa dibolak-balik, itulah bedanya maka Malaysia bisa ngeledekin Indonesia

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *