Kosa Kata Alma

Dian Nugraheni

 

Kami para orang tua sedang ngobrolin soal ramenya orang punya gawe menikahkan anaknya, maka kosa kata yang muncul dalam obrolan tersebut antara lain: manten, mantu, dan jagong. Alma ada di antara kami, maka kemudian dia bertanya banyak.

Alma, “Mah, mantu itu apa…”
Dijelaskan oleh si Mak…

Alma, “Kalau manten…?”
Dijelaskan oleh si Mak…

Alma, “Lha kalau mantan..?”
Dijelaskan oleh si Mak…

Alma agak rancu dengan masing-masing kata yang hampir sama.

Lain hari, dia tanya, “Jago itu apa..?”
Lagi, “Kalau jagong, apa..?”

Kemaren, kami berkunjung ke rumah teman, disuguhi kripik Pare. Alma ambil, dimakan. Bagi kami yang orang biasa makan Pare, kripik Pare ini enggak pahit. Tapi buat Alma masih terasa pahit.
Akhirnya dia juga nanya lagi, “Mah, ikan apa itu yang bentuknya kotak..?”

Aku, “Bawal..”

Alma, “Bukan…, yang Stingray…”

Aku, “Ohh, ikan Pari…”

Alma, “Iya.., aku kira ini kripik ikan Pari….” (ternyata kripik Pare…)

Nahh, yang agak parah, kemaren sore, ketika kami putar-putar kota bermobil, dan salah satu rumah pinggir jalan ternampak berhias layaknya sedang ada pesta, “Ada yang mantenan tuh, Al…”

Alma, dengan tenang, “Moga-moga aja enggak mantenan sama mantan…”

Yang tuwa-tuwa pada ngakak, soalnya di dalam mobil ada sepasang mantan. Untung sepasang mantan yang udah sama-sama uzur tersebut sudah “hilang sawan”, alias sudah nggak baperan lagi, jadi ya, cuma ketawa-ketiwi…

AKu, “Lhaa, banyak kok Al, orang-orang seusia Mamah yang akhirnya malah pada menikah sama mantannya dulu…”

Alma, “Apa iya..?”

Si Mak, stop membahas…, lalu cari topik pembicaraan lain…hixixixi…

 

 

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerRSS

6 Comments to "Kosa Kata Alma"

  1. Linda Cheang  30 August, 2017 at 10:15

    HAHAHAHAHA.

  2. Didik  29 August, 2017 at 18:51

    mantenan sama mantan.. Uhuk!..

    Aaaah, pernah jadi mimpi beberapa puluh tahun lalu..
    Tulisannya bikin baper berat ih..

    hahahha…

  3. Tri  29 August, 2017 at 14:06

    Mbayangke alangkah bahagianya mantenan ama mantan

  4. Alvina VB  29 August, 2017 at 12:22

    Ha…ha…….ttp betulan loh bisa kejadian. Thn lalu ada anak kenalan yg manten e ya lah calon suaminya yg gemblung itu ngundang mantannya ke kawinan tsb. Malah berbuntut panjangggggg sang suami selingkuh sama mantannya dan akhirnya mereka cerai stl bbrp blnkawinnya. Ibu bapak mempelai wanita shock, bapaknya sampe diopname ke RS, krn mereka dua2nya sudah menikah lebih dari 40 thnan dan mereka berharap anaknya bisa spt mereka nantinya. Ada betulnya kl manten jangan ngundang2 mantan dech….

  5. Lani  29 August, 2017 at 11:10

    Dian: ngakak aku bacanya………lanjuuuuuuuuuuuut!

  6. James  29 August, 2017 at 10:05

    bikin ngakak, rupanya Alma harus banyak belajar istilah-istilah baru di Indonesia yang sudah banyak perubahan juga

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *