Princess of The World

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

 

JUTAAN orang tak pernah bertemu dengannya, tetapi merasa mengenal dekat dan selalu mengenangnya. Ketika dia tewas dan dimakamkan secara kerajaan Inggris, miliaran orang menyaksikannya. Putri Diana tewas di Paris, Prancis 31 Agustus 1997.

Anaknya, Pangeran William kelak akan menjadi Raja William V dari Inggris yang akan menguasai Inggris Raya (England, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara), Kanada, Australia, Selandia Baru, Jamaika dan belasan negara mikro di Pasifik dan Karibia serta koloni-koloni kecil di ujung-ujung dunia.

Di Indonesia, bagi generasi 80an dan 90an, namanya tak bias hilang dari ingatan. Putri Diana dua kali ke Indonesia. Sebagai seorang putri kerajaan bersama suaminya yang disambut sangat meriah dan kembali lagi seorang diri menyendiri di sebuah pulau kecil di Nusa Tenggara Barat di tengah badai menghantam rumah tangganya.

Dalam sejarah kedatangan tamu negara, hanya pasangan Putri Diana dan suaminya yang dilepas presiden RI cukup lama. Biasanya kunjungan pamitan hanya basa-basi 15-20 menit. Tetapi dengan Putri Diana dan suaminya, Presiden Soeharto dan Ibu Tien melepasnya sangat sulit. Mereka berempat ngobrol santai di luar kebiasaan protokol sampai satu jam lebih!

Putri Diana dijuluki putri dunia karena dia bergaul dari kalangan elite dan selebriti dunia yang justru mendambakan bertemu dengannya, hingga kaum terlupakan seperti penderita AIDS, korban ranjau darat, penyandang cacat dan penyakit permanen dan kaum papa yang bermimpi sesuatu saat bisa seperti dirinya. Kecintaan mereka bias dilihat saat Putri Diana dimakamkan. Dari kaum yang selalu dibelanya meratapi kepergiannya hingga seleb dunia seperti Steven Spielberg, Tom Hanks, Tom Cruise, Luciano Pavarotti hingga Diana Ross hadir di pemakamannya.

Dalam keluarga kerajaan, Putri Diana banyak mengubah tradisi. Misalnya dalam melahirkan anak, Diana bersikeras harus melahirkan di rumah sakit. Padahal tradisi kerajaan, anak-anak raja/ratu atau putra mahkota harus lahir di Istana Buckingham.

Sebagai anggota trah Windsor, Diana ‘lebih Inggris’ dibanding Ratu Elizabeth II yang masih kental darah Jerman. Diana berasal dari trah Spencer dari keturunan Raja Charles II, dibanding Ratu Elizabeth II dari trah Jerman Saxe-Coburg dan Gotha.

Diana masih berhubungan darah dengan Imam Syiah Ismaili Aga Khan IV yang keturunan langsung Nabi Muhammad, melalui ibu mereka berdua. Dan hubungan darah keduanya lebih dekat disbanding Diana dengan Charles sendiri!. Diana dan Aga Khan IV adalah sepupu ketujuh dari keturunan Raja Charles II, raja Inggris yang pernah menerima duta besar Kerajaan Banten Kyai Ngabehi Naya Wipraya dan Kyai Ngabehi Jaya Sedana tahun 1682. Orang Armenia bangga dengannya karena dalam diri Diana ada 1/64 darah Armenia dari nenek moyannya orang Armenia dari India, Elza Kewark.

Ketika Diana memiliki hubungan dekat dengan Dodi Fayed dari Mesir, ramai diberitakan oleh media-media Arab dengan bangga. Ayah Diana dan ayah Dodi adalah sahabat baik. Apa jadinya bila Diana menikah dengan Dodi? Masa raja Inggris bapak tirinya seorang muslim?

 

 

6 Comments to "Princess of The World"

  1. Alvina VB  1 September, 2017 at 23:18

    James, ini yg muncul di TV sini utk peringatan 20 thn kematian lady Diana: https://www.youtube.com/watch?v=bDjFiN9U0mg
    Kayanya kematiannya akan tetep jadi misteri sampe hari ini, krn banyak yg janggal dan banyak conspiracy theories.

  2. James  1 September, 2017 at 13:17

    AL, hadir nih meski agak telat tapi tetap hadir

    Mbak Lani, huss….Kenthirs semuanya kok. emoh kalau cuma yang di Ozi doang sih

    Putri Diana bersifat Rebellious sedangkan Ratu Elizabeth bersifat Diktator dalam Istana Kerajaan jadi sangat berbeda sekali, kematian Putri Diana hingga hari ini masih menjadi Misterius Besar yang tidak terpecahkan, apakah murni kecelakaan atau kecelakaan yang dibuat manusia

  3. Gunawan Prajogo  1 September, 2017 at 10:04

    Saya selalu setuju dengan Aji yang sering komentar “Hanya Mas Iwan yang BISA MENULIS seperti ini” . Terima kasih dan apresiasi kepada Mas Iwan. Selamat Idul Adha dan libur panjang selama akhir pekan.

  4. Lani  1 September, 2017 at 09:54

    Al: kenthir Kona mencungul nunggu yg dr Australia………..mungkin yg lebih kenthir dr para kenthir kkkkkk

    ISK: Putri Diana mmg sgt legendaris………artikel mu mencritakan yg kemungkinan banyak org yg tdk tahu

  5. Saras  1 September, 2017 at 06:23

    Tragis kematiannya

  6. Alvina VB  1 September, 2017 at 04:12

    Nungguin para kenthirs muncul……
    A tragic story of a princess who never really had her husband’s love and attention (krn suaminya balik sama mantannya, his true love kayanya, lah itu dikawinin akhirnya).
    Ini cerita sebetulnya nyambung sama tulisannya si Dian nich, he…he….mantan muncul pas manten, malah lebih lanjut lagi mantan malah exist banget yo di kehidupan suami yg super gemblung.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *