30 TAHUN KAMPUS UI DEPOK. 5 SEPTEMBER 1987-2017

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

 

DANAU UI (Danau Kenanga) terpaksa diisi air karena musim kemarau saat itu. Kurang asri dipandang saat Kampus UI diresmikan Presiden RI Soeharto, 5 Sep 1987 bila kering dengan tanah merah gundul.Pepohonan masih kurang. Sistem perparkiran buruk. Mobil hilang semudah sendal hilang di mesjid. Selalu ada mahasiswa mati tertabrak KA tiap tahun (tak bersuara karena bertenaga listrik?). Pondokan untuk mahasiswa yang dikelola Yayasan Supersemar sangat asri dan super murah di Desa Kukusan, pinggiran timur kampus. Bila malam anjing liar banyak berkeliaran di beberapa kampus. Kadang dijumpai ular belang kuning hitam mati terlindas mobil bila pagi hari.

Dulu Meuthia Hatta (anak Bung Hatta) kadang naik KA dari St Cikini untuk mengajar. Pernah Prof Mariam Budiardjo (ipar Sutan Sjahrir), Prof Slamet Imam Santoso (pendiri FPsi UI) naik KA ke Kampus UI sebuah perayaan akademik. KA api masih tradsional. Masih pakai sistem abodemen, kadang ada penumpang bawa meja pingpong yang dilipat, pengemis permanen di KA, penumpang bawa karung tape, hasil bumi yang bersamaan dengan mahasiswa dan penumpang umum.

Di UI juga ada kuburan. Satu-satunya kampus yang ada kuburannya walau tidak masuk otoritas UI. Cerita urban legend tentang hantu di Kampus UI Depok juga berterbanan. Pria eksebisionis (memamerkan alat kelamin kepada mahasiswi) sering dijumpai antara jalan tembus Stasiun UI ke Kampus FISIP-UI dan FS-UI (sekarang FIB-UI). HB Jassin masih berjalan kaki bawa payung bila mengajar dengan menumpang KA.

Kampus UI sekarang jauh berbeda saat saya masih baru menempati 30 tahun silam. Presiden AS Barack Obama juga Presiden Iran Mahmoud Ahmadinedjad pernah pidato di Balairung UI, tempat orang pacaran di tepi Danau UI dulu. ATM kini menjamur, ada resto Korea, dikelilingi apartemen, parkiran mobil hampir full terus, Starbucks hadir dan rektornya dipenjara karena korupsi.

Saat Kampus UI Depok 312 hektar yang menelan biaya IDR 60 miliar diresmikan, bersamaan waktu itu, satu lukisan karya van Gogh ‘Sunflower’ laku dibeli pembeli dari Jepang. Harganya setara biaya pembangunan Kampus UI Depok.

🎶 Gaudeamus igitur, juvenes dum sumus..

 

 

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerRSS

3 Comments to "30 TAHUN KAMPUS UI DEPOK. 5 SEPTEMBER 1987-2017"

  1. Alvina VB  13 September, 2017 at 23:07

    Wow…..sudah 30 thn sudah ya Kampus UI di depok. Banyak gosip yg keluar dari UI Depok ttg kel. Cendana yg ternyata kebenarannya diragukan, ttp banyak rakyat kecil yg percaya dgn gosip2 tsb. Bung Iwan pasti lebih tahu banyak dah….

  2. James  13 September, 2017 at 10:50

    menurut berita burung bahwa kalau naik K.A sore atau malam hari suka ada gendruwonya di stasiun UI, pernah ada orang ditanya oleh penjaga peron habis dari mana ? jawabnya saya baru saja turun dari kereta, ternyata tidak ada kereta lewat pada waktu itu menurut penjaga peron……hi serem dong

  3. Lani  12 September, 2017 at 12:38

    ISK: Terimakasih prof sdh menuliskan sepethil sejarah kampus UI krn tdk kuliah disana, belum pernah mampir disana jd sama sekali tidak tahu……….

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *