Abdi Manggarai Timur dan Uniknya Fashion Show Manggarai Timur

Alfred Tuname

 

Abdi Manggarai Timur adalah nama sebuah Koperasi Kredit (Kopdit) di Kabupaten Manggarai Timur. Sebagai lembaga keuangan non bank dengan asset kurang lebih Rp 24 Miliar, Kopdit Abdi Manggarai Timur (AMT) ikut berkontribusi pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Melalui berbagai jenis tabungan dan pinjaman, masyarakat Manggarai Timur (yang telah menjadi anggota) dapat menikmati kemudahan-kemudahan modal investasi. Makin banyak yang ditabung, makin mudah pula untuk meminjam.

Banyak tabung, banyak pula hasil. Rumusnya, investasi kurang tabung sama dengan belanja (Investment-Saving=Consumption). Menabung itu seharusnya bukan sisa konsusumsi, tetapi konsumsilah sisa dari aktivitas menabung. Budaya konsumerisme perlu ditangkal dengan kesadaran menabung.

Sebagai koperasi, menabung tidak mesti urusan ekonomi, tetapi juga “menabung” generasi muda yang berkarakter, berkepribadian, berdaya dan berbudaya. Karena itulah  Kopdit Abdi Manggarai Timur mengadakan berbagai kegiatan dalam rangka mendukung potensi dan bakat anak dan kaum muda.

Pada tahun 2015, Kopdit Abdi Manggarai Timur mengadakan kegiatan mengambar dan mewarnai bagi 150 anak-anak. Pengenalan akan warna dan berkreasi dengan warna dan gambar membuat anak semakin kreatif. Kreativitas anak perlu didorong dan didukung demi generasi yang bangsa yang cerdas.

Berbeda dengan tahun 2015, pada tahun ini Kopdit Abdi Manggarai Timur mengadakan kegiatan lomba Fashion Show dan Dance 2017 pada hari Minggu tanggap 22 Oktober 2017. Lomba Fashion Show merupakan hal unik dan baru di kabupaten Manggarai Timur. Tetapi hal itu tidak meluluhkan semangat dan antusiasme anak dan para orang tua.

Para orang tua benar-benar mempersiapkan dan mendandani anak agar tampil menawan dan unik. Mereka berkerja sama dengan para penjahit dan salon demi penampilan anak yang terbaik. Para mereka, keberanian dan anak mengenal bakatnya itulah yang terpenting. Soal juara dalam lomba, itu tidak terlalu penting.

Seperti itulah pengakuan Sandri Gagu, seorang ayah yang begitu menyangyangi anak perempuannya. “Saya dan istri hadir dalam kegiatan ini untuk mendukung anak kami, Pachel Gagu, yang mengikuti lomba Fashion Show. Karena dia bersemangat, kami sekeluarga juga bersemangat. Oma-nya juga datang mendukung. Semua ini demi kebaikan anak. kami dukung bakat dan potensinya”, ungkap ayah Pachel Gagu itu.

Lomba Fashion Show yang diadakan oleh Kopdit Abdi Manggarai Timur itu dibuat dalam 2 kategori, yakni kategori pertama, Fashion Show katergori busana bebas bagi pelajar TK (usia3-5 tahun) dan SD (kelas I-III). Kategori kedua, Fashion Show kategori busana motif Manggarai bagi pelajar SD (kelas IV-V). Lomba Fashion Show dijuri oleh Adi Wangga (penata rias dan make up), Yoan (BRI KCP Borong) dan Rosy (Kopdit AMT).

Sementara Lomba Dance terdiri dari kategori traditional Dance modification (pelajar SMP dan SMA/SMK) dan modern Dance (pelajar SMP dan SMA/SMK). Lomba Dance dijuri oleh pegiat seni Candra dan Yulty.

Lomba dimulai pukul 16.30 sampai 21.000 WITA di ruang Aula Hotel Kasih Sayang Borong, Kabupaten Mangarai Timur. Ada 72 anak usia 3-12 tahun yang mengikuti lomba Fashion Show. Penampilan dan gaya mereka lucu, imut dan menggemaskan. Itulah yang membuat ruang perlombaan menjadi ramai penuh gelak tawa dan haru bahagia.

Ada 9 grup anak-anak usia SMP dan SMA/SMK mengikuti lomba Dance. Penampilan mereka penuh percaya diri. Hasil kreasi dance yang mereka tampilkan tidak kalah menarik. Sebagai anak muda, mereka begitu energik. Tarian yang mereka tampilkan sangat menarik dan memukau. Tetapi tetap saja para juri mesti menentukan yang terbaik. Di hati penonton, semua remaja itu telah jadi pemenang.

Juara I Fashion Show Usia TK

Juara II Fashion Show Usia SD

Kontestan Faahion Show Siswa TK

Kontestan Modern Dance

Kontestan Traditional Dance

 

Para juri Lomba berhasil mengumumkan beberapa sang jawara. Juara I Fashion Show katergori busana bebas bagi pelajar TK diraih oleh Nafa Sicilllia Bessie. Juara I Fashion Show katergori busana bebas bagi pelajar SD diraih oleh Yosefa Krisna Geraldyn Ampur. Juara I Fashion Show katergori busana motif Manggarai bagi pelajar SD diraih oleh Kristera Kaniati Stela Kantor. Juara I lomba traditional Dance modification diraih oleh Bengkes Nai Group (Pelajar SMAK Pancasila). Juara I lomba modern Dance juga diraih oleh Bengkes Nai Group (Pelajar SMAK Pancasila).

Para Juara dan Manajer Fransiska Ade Irma

Penari Traditional Dance

Bagi para pemenang, ada rasa bangga. Begitu juga para orang tua dan para kerabat. Seperti itu jugalah kebanggaan yang dirasakan seorang ibu muda yang jelita, Erma Tefa,  atas kemenangan anaknya dalam Fashion Show. Anaknya, Nafa Sicilllia Bessie, Juara I Fashion Show katergori busana bebas bagi pelajar TK/PAUD.

“Tiada kata yang kata yang bisa saya katakan selain syukur dan terima kasih. Terima kasih banyak kepada Kopdit Abdi Manggarai Timur yang menyelenggarakan kegiatan yang sangat bermanfaat ini. Terima kasih kepada para juri yang telah memilih anak saya. Terima kasih kepada salon d’Amor yang telah merias dan mendandan anak saya. Terima kasih semuanya”, ungkap Erma penuh haru bahagia.

Kebahagiaan juga ada pada dua anak, finalis Indonesian Child Award di Jakarta pada bulang Juli 2017, Shelomitha dan Trice. Mereka melakukan peragaan fashion performance untuk menghibur teman-temanya. Yohana Beatrice Henri, nama lengkap Trice, saat itu meraih juara II dan menyandang gelar The Best Princes Kids. Ia mendapat golden ticket mengikuti World Child Award di Filipina, tetapi dengan alasan sekolah ia tidak mau mengikuti ajang tersebut karena tidak dizinkan oleh orang tuanya.

Lomba Fashion Show dan Dance 2017 dimaksudkan sekaligus untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017 dan Hari Ulang Tahun ke-10 Kabupaten Manggarai Timur. Terkait itu, Manajer Kopdit Adi Manggarai Timur Fransiska Ade Irma menyampaikan rasa syukurnya kepada para orang tua dan anak yang terlibat dalam lomba. Kata dia, semua itu selain sebagai ungkapan dukungan terhadap anak, tetapi juga ikut berpartisipasi dalam bahagiaan HUT ke-10 Manggarai Timur bersama segenap warga Manggarai Timur.

Peragaan Fashion Show kontestan

Peragaan Fashion Show pelajar Sekokah Dasar

Peragaan Fashion Show siswa Sekolah Dasar

“HUT ke-10 Kabupaten Manggarai Timur memang tampaknya masih muda, belum apa-apa. Semua warga Manggarai Timur perlu bersyukur dan terus bersama-sama membangun kabupaten ini lebih baik lagi. Kopdit Abdi Manggarai Timur, akan terus hadir bersama masyarakat dan membantu masyarakat untuk meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat perlu memiliki kesadaran untuk menabung. Menabung di Kopdit AMT memudahkan masyarakat untuk mendapatkan modal dalam mendorong peningkatan aktivitas ekonomi”, ungkap Fransiska Ade Irma.

Ibu Siska, sapaan akrab Fransiska Ade Irma, menambahkan, Kopdit AMT sangat mendukung bakat dan kreavitas kaum muda dan anak-anak Manggarai Timur. Ia berharap, kegiatan ini bisa meningkatkan bakat dan kreativitas generasi Manggarai Timur.

“Bakat dan kreativitas sangat penting bagi peningkatan kepribadian dan cita-cita anak dan kaum muda. Oleh karena itu, melalui kegitan lomba Fashion Show dan Dance ini, Kopdit AMT hadir untuk mendukung mendukung semua potensi dan bakat anak dan kaum muda Manggarai Timur”, imbuh manajer Kopdit AMT Fransiska Ade Irma dengan senyum manis .

Kegiatan lomba yang dimulai pukul 16.30 WITA itu dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, SH., M.Hum. Dalam Kata sembutannya, Agas Andreas mengatakan, kehadiran para tua merupakan dukungan yang penting bagi peningkatan bakat dan tumbuh kembang anak.

“Bakat anak perlu digali supaya jadi potensi dan bekal hidup anak kelak. Dengan baka, anak dapat lebih dan mandiri dan kreatif di masa depan. Kelak, kita butuh manusia yang kreatif sehinga ia punya daya dalam menciptakan dunia yang maju dan indah. Setidaknya, bagi dirinya sendiri dan masyarakat sekitar. Tetapi untuk semua itu, kita perlu menabung. Kesadaran menabung penting untuk mendukung potensi dan bakat anak dari sisi finansial”, kata Andreas Agas.

Foto Bersama Para Juara Fashion Show dan Dance

Foto Bersama para Juara dan Manager

Sementara itu, Paul Kurniawan atau akrab disapa Eslo merasakan hal yang luar biasa dari kegiatan yang dihadiri oleh para orang tua dan anak-anak. Eslo, pria Maumere manise, merasa senang karena kegiatan Lomba Fashion Show dan Dance yang disponsori oleh Bank BRI, Tk. Kasih Sayang, Pancaran Mart dan Be Event Organizer, berhasil diselenggarakan.

“Sebagai ketua panitia, saya merasa berhasil. Kami berhasil mengorganisasi kegiatan ini secara baik dan lancar. Semua peserta punya bakat dan kreativitas yang luar biasa. Mereka juga lucu-lucu dan imut. Sungguh menggemaskan. Antusiasme mereka dan dukungan orang tua mereka adalah kebanggaan dan kepuasaan kami. Inilah Borong. Borong harus hidup dan tumbuh dengan kreativitas anak dan kaum muda”, ungkap Eslo, ketua panitia lomba Fashion Show dan Dance 2017 Kabupaten Mangarai Timur.

 

Borong, Oktober 2017

Alfred Tuname

 

 

4 Comments to "Abdi Manggarai Timur dan Uniknya Fashion Show Manggarai Timur"

  1. James  1 November, 2017 at 10:18

    anak-anak yang berbakat dari Sabang sampai Marauke

  2. Alfred Tuname  30 October, 2017 at 18:10

    Sebab bakat anak mesti diterus dik embangkan….

  3. Debbie Laka  30 October, 2017 at 16:51

    owesome……
    inilah salah satu aspek yg jg terus bergeliat, bangkit dan akan berlari menggapai hari depan gemilang….

  4. Ros naingalis  30 October, 2017 at 15:03

    Luar biasa… selamat utk AMT ; berhasil memberi ruang utk anak2 dan generasi muda mengembangkan bakat dan potensi diri

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *