Sam Poo Kong

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO ANDA SEMUA DI BALTYRA YANG BERBAHAGIA….

Salam jumpa dengan oret-oretan Dj di hari Selasa yang indah…Dj. yakin bahwa anda semua ada dalam keadaan sehat dan tidak kurang sesuatu apapun…

Seperti janji Dj. minggu lalu, maka kali inipun Dj. akan cerita saat kami jalan-jalan di Sam Poo Kong di Semarang…
Puji TUHAN….!!! Pagi itu kami bangun dengan badan sehat dan semangat untuk melewati hari itu. Segera, setelah mandi, maka kami menuju ke ruang sarapan…Menu pertama…Dj. ambil suuuup bakso ikan….!!!

Waduuuuh…Ternyata rasanya bukan selera Dj….Okay, cari yang lain…Bubur ayam yang sangat menggoda…meracik sendiri…Hahahahahahaha….!!!

Waaaaaaw….!!! Ini baru mantab, 100% selera Dj., tapi hanya dengan bubur ayam, mana tahan sampai siang, ,, Hahahahaha….!!! Cari lagi yang lainnya…steack dan salat…? Okay… Mungkin anda akan bertanya, ini Dj. lapar atau rakus…Tidak juga, Dj. hanya berusaha jujur saja…Sebenarnya bisa juga steacknya tidak usah dipamerkan…Hahahahahahahahaha….!!!

Mengapa makan begitu banyak….??? Ya, Dj. ingat beberapa tahun lalu saat kami berdua Susi ke Sam Poo Kong, dimana di sana udara sangat puanaaaas…Dan tidak ada Cafe, apalagi restaurantnya, jadi dari pada kelaparan disana, lebih baik makan yang kenyang…Hahahahahahahahaha….!!! Akhirnya…Kami pun sampai di tempat yang kami maksudkan…Here is…. S A M P O O K O N G….!!!

Jelas kami harus beli tiket dan di sini ada yang sedikit aneh… Si Mbak yang jual tiket bertanya…Mau masuk pak….??? Ini kan lucu, mosok beli tiket lalu tinggal di luar…Konyol juga ya… Hahahahahaha….!!! Lalu dia jelaskan kalau ada dua macam tiket… Satu hanya untuk di pelataran saja dan yang satu lagi bisa untuk masuk ke tempat ibadah (di dalam).

Naaaaah…kalau begitu kan jelas, bukannya dari awal bicara demikian…Malah bertanya, mau masuk pak….??? Apakah dia selalu bertanya ke para pengunjung…. mau masuk pak…bu….??? Hahahahahahahaha….!!! Pacar Dj. akan jawab…Huuuuuuust….!!! Jangan dibahas itu lagi….!!!

Akhirnya kami pun terlebih dahulu masuk dalam pelataran…

Dan ini Figur yang tinggi basar…, Susi dan Eva beri nama figur coklat, karena seperti dibikin dari coklat…Hahahahaha….!!!

Ini Susi sedikit mengikuti si Macan yang membuka mulutnyna…Dasar keluarga Koplak…hahahahahahahaha….!!!

Dan akhirnya, setelah puas kepanasan di pelataran, maka kami masuk ke dalam…Dan di dalam terasa tenang dan nyaman… Semua pengunjung harus lepas sepatu atau sandal, karena memang sudah seharusnya demikian, di tempat yang dipakai untuk ibadah…

Dan di tempat ini Eva sangat menikmati…

Dimana ada tembok panjang dengan banyaknya ukiran dari beton…Hanya sayang tidak ada pemandunya. Misalnya ada, maka bisa menceritakan apa arti itu ukiran yang ada di tembok.

Kami masih keluar masuk di banyaknya ruangan… Dan akhirnya kamipun akan menuju pintu keluar, hanya saja Eva masih terkagum dengan pobon beringin yang begitu besar. Jelas, di Mainz, ini beringin, hanya dalam bentuk kecil saja…

Naaaah…di sini kami mendadak dikagetkan dengan suara keras yang kemungkinan tidak begitu jauh dari kami. DUUUUG….!!! DUUEEEER….!!! DUUUG….!!! DUUEEEER….!!! Segera kami bergerak kearah suara, dengan keyakinan ini satu permainan…BINGO….!!! Ternynata ada satu pertunjukan, Lion-Lion yang sedang beraksi…Untuk Eva adalah satu hal yang baru dan dia sangat penasaran…

Susi dan Eva sangat menikmati dan tidak bergerak dari tempat dimana mereka berdiri…Karena pemain yang begitu cekatan, kadang si Lion jalan normal sedikit loncat-loncat dan kadang bisa berdiri…Sampai satu saat kami lihat beberapa orang memasukan uang ke dalam mulut Lion. Jelas, Eva pun dengan sukarela membuka dompetnya, kapan lagi kan, bisa melihat pertunjukan seperti itu…Dia memberikan uang saat itu Lion berdiri…

Lalu diikuti Susi…

Hanya Dj. yang sedikit nakal, mau dikasih lalu Dj. cabut lagi…Tapi bukan tanpa alasan…Karena Susi belum siap untuk ambil foto…Hahahahahaha….!!!

Okay…. Akhirnya kamipun meninggalkan Sam Poo Kong dan menuju ke tengah kota untuk mencari makan siang.
Seandainya di Sam Poo Kong ada Chinese Restaurant, Dj. rasa pasti laris…Bisa makan Cap Chay Goreng (ala Semarang) atau Lumpia seperti di Gang Lombok atau yang di Jalan Mataram. Atas saran adik, maka kami masuk ke satu Rumah Makan yang ada di tepi jalan besar, namum suasananya sangat sederhana. Di sini adik menyerankan, karena Dj. ingin makan Kopyor, mengingat kota Semarang juga terkenal dengan Kopyornya.

Ternyata makanan di Rumah Makan ini, sungguh okay, selain karena Kopyornya, juga ada sate kesukaan Susi dan Eva. Juga Cha kangkung yang sangat puedes…. juga ayam kampoeng yang digoreng… Rasanya mengingatkan Dj. masa kecil, kalau kami sekeluarga potong ayam, rasa masih sama…Mohon maaf, karena keasikan makan, sampai lupa ambil foto, ingat saat sudah selesai makan…Hahahahahahaha….!!!

Akhirnya kamipun kembali ke Hotel untuk istirahat, namun apa boleh dikata…Telpon berdering dan ada teman yang ingin bertemu, bahkan dia sudah nunggu di Lobby… Nah ya, akhirnya kami pun turun dan ajak dia dengan Taxi ke salah satu Mal dan kami ngobrol di sana di satu Cafe (EXCELSO) kalau tidak salah.

Setelah ngobrol kiri kanan, kami berpisah daaaaaan…Jelas Susi dan Eva ingin melihat keliling Mal…Dan sudah Dj. duga…Saat Eva lihat Salon, dia langsung masuk dan ajak kami untuk potong rambut.

Dj. pun ikutan untuk pijatan, kapan lagi kan…. dipijat wanita cantik… Yaaaaa…dinikmati saja…. Hahahahahahahaha….!!!

Setelah dari salon, ternyata di lantai bawah banyak penjual batik dan kamipun turun…

Waduuuuuh… Ternyata banyak barang yang menarik perhatian Eva dan Susi…

Dan satu hal yang lucu kembali terjadi…Eva banyak mencoba pakaian dan beli hanya satu…Tapi yang lucu ini penjualnya yang kecil mungil, sangat ramah dan selalu senyum…Kami heran, ini penjual sangat mungil dan dia selalu melihat ke Eva, mungkin dia pikir, ini cewek tinggi amat…Hahahahahahahahahahaha…. ! ! !

Akhirnya Eva akan bayar apa yang dia sudah pilih untuk dibeli, tapi Dj. terlambat ambil foto, jadi Dj. minta uangnya dikembalikan. Agar Dj. bisa ambil foto saat uangnya Eva kasih…Tapi dia sambil senyum, bayar lagi saja…Kami semua tertawa…Hahahahahahahahaha….!!!

Melihat ini penjual kok jadi ingat mbak Asrida Alinuha yang juga dari Semarang dan mungil dan cantik…

Okay…Kami akhirnya dengan taxi pulang ke Hotel dan istirahat. Maunya istirahat, tapi baru ingat ada saudara dari Jogya yang bawa 1 kendil gudeg Yu Jum…

Maaf ya, Dj tidak cerita bagaimana nikmatnya Gudeg Yu Jum…Hahahahahahahaha….!!!

Esok paginya, setelah sarapan dengan Soto Bangkong….

Lalu makan Bakmi Goreng, Cha pa choy dan Martabak Telur…Kapan lagi, pagi bisa makan bakmi goreng… Hahahahahaha….!!! Disini lah, mengapa kami senang tinggal di Gumaya Hotel, karena ruang breakfast yang luas dan banyaknya macam-macam makanan yang bisa dipilih menurut selera masing-masing…Dari makanan lokal sampai international…(banyak pilihan)

Okay….Maka pagi itu, kamipun dengan mobil yang kami sewa, menuju ke Bandara (Kali Banteng). Seperti biasa, jalanan ke Bandara sudah macet, untung kami berangkat lebih pagi. Karena lebih baik nunggu di Bandara, sambil cari Cafe daripada duduk-duduk di Hotel. Puji TUHAN….!!! Di ruang tunggu di Bandara ada Starbucks Coffee…Hahahahahahaha….!!!

Hanya saja di dalam Cafe penuh, jadi kami menikmati Java Chip Chocolate di ruang tunggu.

Sambil menunggu, entah sudah berapa bungkus tempe kripik yang kami makan…Habis…Beli lagi…habis lagi…beli lagi…Hahahahahaha….!!!

Akhirnya, kamipun boarding…

Dan menuju Jakarta…Tapi akan Dj. ceritakan di cerita berikutnya, anda masih harus menunggu sampai minggu depan…

Terimakasih untuk perhatian anda semuanya. Terimakaksih kepada pengasuh Baltyra yang selalu menayangkan oret-oretan Dj. yang kacau balau ini. Hahahahahahahaha….!!! Mohon maaf, kalau banyak kata-kata yang tidak berkenan dan juga salah ketik.

Kiranya Kasih dan Berkat TUHAN, selalu menaungi kehidupan kita semua, setiap harinya.

 

Salam manis dari Mainz
Dj. 813

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

18 Comments to "Sam Poo Kong"

  1. Dj. 813  23 December, 2017 at 00:58

    Untuk anda semua yang sudah membubuhkan jempolnya . . .
    Terimakasih dan TUHAN MEMBERKATI . . . ! ! !

  2. Dj. 813  23 December, 2017 at 00:57

    Andik 21 December, 2017 at 19:45

    Wauw pakde lagi potong rambut ya sama putrinya pakde

    Jadi menu enak enal pakde mantaab sekali
    ——————————————————————

    Hallo Cak fandi . . .
    Terimakasih cak, sudah mampir. . .
    Yuuuuup . . . Potong rambut murah meriah . . .
    Di banding potong rambut di Mainz . . .
    Hahahahahahahaha . . . ! ! !
    Salam manis untuk keluarga dirumah ya cak . . .

  3. Dj. 813  23 December, 2017 at 00:53

    Cornelia 20 December, 2017 at 21:53

    Lagi lagi ceritamya mknan melulu bikin yg mbaca ikut ngiler.
    Eva masukkan uang d lion awas d gigit lho tangannya. hehehehe.
    Seneng dong Dj. D pijitin cewe cantik mumpung d Indonesia yg serba ada.
    ————————————————————-

    Haallo Cory . . .
    Tarimakasih mi . . .
    Hahahahahahahahaha . . . ! ! !
    I ya lah, siapa orangnya yang tidak senang dipijat . . .
    Itu salah satu yang bisa kammi nikmati saat di Indonesia . . .
    Salam manis untuk Coto Mangkasara . . .
    Hahahahahahahahaha . . . ! ! !

  4. Dj. 813  23 December, 2017 at 00:50

    Sierli FP 20 December, 2017 at 11:36

    Kebayang capenya…
    Baru mao istirahat eh eh tau2 datang penggemar
    Senang banget Om dan kelg selalu menikmati perjalanan.
    ————————————————————–

    Hallo Sierli . . .
    Terimakaksih sudah mampir . . .
    Ya jellas cape . . .
    Tapi juga menyenangkan . . . .
    Salam manis dari Mainz . . .

  5. Dj. 813  23 December, 2017 at 00:49

    Lani 20 December, 2017 at 11:26

    Mas DJ: Memang kuliner jossssss markotosssssss………mengingatkan ktk mudik dan mampir Semarang tiap hari berkuliner ria…….sampai weteng rasane arep mbledossssssss kkkkkk
    ————————————————————

    ALOHA yu Lani . . .
    Mahalo yu, sudah mampir . . .
    Nah ya, itu pun belum semua dicoba . . .
    Mungkin lain kaki beberapa bulan di Indonesia biar puas . . .
    Hahahahahahahahaha . . . ! ! !
    Mbedooos iku rak yo plembungan to yu . . .
    Hahahahahahahahaha . . . ! ! !
    Salam manis dari Mainz yu . . .

  6. Dj. 813  23 December, 2017 at 00:46

    James 20 December, 2017 at 09:04

    ha ha ha mas DJ waktu saya ke Sam Poo Kong itu ditahun 1957 belum pernah kesono lagi sampai saat ini 60 tahun lalu
    ——————————————————————–

    Hallo James . . .
    Terimakash sudah mampir . . .
    Waaaaaw . . . sudag 60 tahun . . .
    Padahal 60 tahun yang lalu Dj. kesana kok tidak ketemu ya . . .
    Hahahahahahahahahaha . . . ! ! !
    Salam Sejahtera dari Mainz .

  7. Dj. 813  23 December, 2017 at 00:43

    Alvina VB 20 December, 2017 at 03:58

    Blm pernah ke Sam Poo Kong, jadi danke buat ceritanya dan kulinernya sekalian ya…
    ————————————————————

    Hallo Alvina . . .
    Danke Gleichfalls . . .
    Satu saat Dj yakin pasti anda sekeluarga akan kesana .
    Salam manis dari Mainz .

  8. Dj. 813  23 December, 2017 at 00:41

    Hi . . .
    Yee Lan . . .
    Hatur Nuhun neng . . . ! ! !
    Salam manis dari Mainz . . .

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.