Jakarta 2017

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO ANDA SEMUA DI BALTYRA….

Senang, boleh kembali menumui anda semua di sini…Dj. doakan semoga anda semua ada dalam keadaan sehat dan tidak kurang satu apapun.

Puji TUHAN…!!! Setelah minggu lalu Dj. cerita kalau kami dari Semarang, terbang ke Jakarta….Puji TUHAN…!!! Maka kamipun telah mendarat di Jakarta dengan selamat.

Tidak terasa, liburan selama 5 Minggu lebih sudah akan berakhir. Namun apa yang telah kami alami selama 5 minggu, juga satu hal yang sungguh sangat menyenangkan. Saat sudah mendarat dan baru akan ambil begasi, maka HP Dj. berdering dan sobat GMDj. sudah menunggu di luar. Luar Biasa…!!!

Di mana-mana banyak sobat yang baik hati dan mau menjemput dan mengantar kami ke mana-mana…Kami diantar ke rumah adik di BSD, walau dalam perjalanan ke BSD sempat kesasar…Hahahahahaha…!!!

Okay, karena sampai BSD sudah malam, maka kami hanya sempat sedikit ngobrol dan kemudian istirahat. Pagi hari, adik cerita ada kiriman makanan untuk kami dan juga ada 3 sobat GMDj. yang datang ke rumah adik utk menemui kami. Ini yang paling setia, selalu hadir kalau kami liburan ke Indonesia. Haaaaaach… Kiriman makanan… Ternyata ada sobat GMDj. yang kirim SATEEEEEE….!!! Waaaaaaw…Terimakasih Wid, satenya mak Nyuuuus…!!! Banyak sekali, tapi Dj. pameri dua tusuk saja ya, agar tidak ada yang ngiler kalau kebanyakan pamer…Hahahahahahaha…!!!

Kami sungguh menikmatinya…Karena sate seperti ini hanya bisa kami dapat saat di Bali dan itupun harus pesan extra, juga rasanya lain.

Yaaaaa…Setelah sarapan, maka kami malah ditawari oleh sobat yang kami sebut namanya dengan 3 huruf (RMD). Akhirnya kami dia ajak jalan-jalan ke Ancol, karena Eva ingin melihat “SEA WORLD”. Maklum, dia terakhir ke Sea World di Kuala Lumpur tahun 2010, atau 7 tahun yang lalu.

Tapi sebelumnya, kami diajak untuk makan siang di Bandar Jakarta.

Kami banyak melihat binatang laut yang masih hidup, yang siap untuk dimasak…Baik kepiting, macam-macam ikan laut, kerang dan lain-lain….

Namun baik Susi, apalagi Eva (sebagai guru Biologi), langsung bilang…Saya tidak mau makan di sini…Hahahahahahahahaha…!!!

Ingat dan lihat binatang laut ini, Dj. jadi ingat Jokes lawas, tapi masih selalu bikin tertawa…Dalam keluarga, si Ibu, memberitahu ke suami dan anak-anaknya…Pa…hari ini ibu akan masak seafood…Waaaaaaaw…jelas semua wajah berseri dan merekapun penasaran dan si bapak langusng bertanya…Lobster…??? Ikan Salmon…??? Udang besar…??? (sambil membayangkan yang dia katakan). Hhhhhhhmmmmmm…pasti uuueeenaaaak…!!!
Si Ibu…Salah semua…!!!
Si Bapak…Salah…???
Apa dong…???

Dengan santai si ibu menjawab…IKAN TERI….! ! ! (ikan teri juga seafood…Hahahahaha…). GUBRAAAAAK…!!! !
Hahahahahahahahahahahahaha…!!!

Okay…Okay.. Okay…Jangan tertawa sendiri ya…

Akhirnya kami keluar lagi dan mencari tempat makan yang biasa saja dan kami menemukan, satu
Restaurant…dengan nama…TELAGA SAMPIREUN

Ini Restaurant ala makanan Sunda dan justru ini yang lebih nikmat…Dan sebelum pesan makanan, ternyata ada sobat GMDj yang bikin kejutan dan datang…Sungguh menyenangkan…Terimakasih Sierli, terimakasih Wid dan Lie juga terimakasih Hanni…yang telah menyempatkan datang…Hani adalah pemilik Restaurant Bumbu Desa di Jogjakarta.

Banyak makanan sehat yang bisa kami pesan…misalnya…Karedok…

Juga sate dan banyak lagi…

Tapi bukan soal makanan, yang Dj. rasakan hari itu. Lebih dari itu adalah kedatangan sobat untuk menemui kami, walau mereka datang dari rumah yang cukup jauh dan mana Jakarta dengan macetnya…Namun tidak mematahkan semangat Sobat GMDj. untuk bertemu dengan kami. Bahkan Wid dan Lie yang membawa oleh-oleh yang unik untuk kami sekeluarga. TERIMAKASIH….! ! !

Setelah puas (belum puas sekali sih), tapi semua ada kesibukan yang lain, maka kamipun berpisah dan kami pun
melanjutkan ke arah Sea World…

Tapi di sana, Dj. memilih untuk menunggu diluar (di cafe) saja, hanya Susi dan Eva yang masuk. Dj. dan RMD nunggu di Cafe…

Dan ada banyak foto yang mereka ambil saat ada di dalam, untuk kenang-kenangan…Seperti foto- foto yang di bawah ini…

Yang Eva mengagumi, ikan purba yang begitu buesar…

Dimana Eva belum puas untuk pegang kura-kura dan juga ikan hiu yang masih kecil…

Dia sangat menikmati dan banyak cerita…Maka saat di luar Sea World pun masih ingin berfoto…Hari itu kami sore hari sudah sampai rumah lagi dengan tujuan agar ada waktu untuk atur koffer kami. Tapi satu hal yang sangat menyenangkan…Karena teman-teman pilot pada datang dan ngobrol sampai larut malam…

Tidak terasa waktu begitu cepatnya, namun kami masih sempat menengok saudara di Halim dan makan siang bersama di salah satu Restaurant. Juga bertemu dengan teman lama yang ditahun 1975 sama-sama belajar di Mainz.
Sekarang sudah juga pensiun, dia seorang Prof yang hebat dan tidak congkak, bahkan tahun 2010 pernah memberi kami berempat untuk tinggal di Mandarin Oriental Hotel di depan Bunderan HI. Bahkan saat itu dimas Josh Chen beserta 2 Jagoannya yang menjemput kami di Bandara SuTa. Malam itu kami ke Pondok Indah Mal untuk bertemu kawan sekeluarga.

Hanya sedikit kebingungan saat mencari Restaurant yang dimaksud. Dj. mendengar di telepon, Restaurant Bulan, jadi nanya kiri-kanan tidak ada yang tahu. Sampai seseorang yang kami tanya, dia menjelaskan, bukan bulan tapi Restaurant Remboelan…Hahahahahahaha…!!!

Puji TUHAN…Akhirnya kami bisa bertemu dan makan-makan seperti biasa dan banyak ngobrol…

Dari Reataurant kami pindah ke salah satu Cafe untuk sekedar ngobrol, karena di Restaurant Remboelan cukup bising…Hahahahahahahahaha…!!! Dan ini foto saat kami akan berpisah… Karena kami sudah seperti saudara, maka perpisahanpun terasa cukup berat…

Puji TUHAN….!!! Hari itu bisia kami lalui dengan pertolongan TUHAN, sehingga semua berjalan lancar… Dan cukup pagi kami ingin segera berangkat ke Bandara SuTa, dengan menyewa mobil agar adik tidak perlu repot-repot.
Tapi mobil yang akan kami sewa tidak datang, ya akhirnya adik juga lah yang mengantar kami ke Bandara SuTa.
Karena barang yang begitu banyaknya dan harus diatur dengan baik agar 3 Koffer besar dan 3 koffer kecil serta bawaan di tangan bisa masuk semua…Sampai di Bandara, Dj. tepuk jidat…

Karena lukisan yang Dj. beli di Bali dengan susah payah malah ketinggalan di depan garasi rumah adik. Apa boleh buat, kamipun harus melanjutkan untuk Check In…dan melalui Duane…di sini Susi dan Eva nunggu cukup lama, ternyata visanya lewat 1 hari dan harus bayar denda…Hahahahahahaha…!!!

Puji TUHAN…!!! Kami sudah ada dalam Bandara dan masih bisa menghabiskan uang Rupiah untuk berbelanja di airport. Walau sedikit lebih mahal, namun banyak juga pilihan dan bahkan kami masih sempat sarapan dengan tenang. Setelah semua beres, maka kami menuju ruang tunggu…

Dan ini pesawat yang akan membewa kami ke Singapura, Boing 737

Kami cukup tenang, karena tidak seperti 2 tahun lalu, kami naik Lufthansa, dari SuTa ke Singapura, dinaikkan Batik Air yang sering diundur jam keberangkatan dan juga saat di udara, minum pun harus beli. Ini Singapore Airline, sangat lain, pelayanan di pesawat sangat baik.

Yaaaaa….Bahkan dapat makan, walau perut masih kenyang dari sarapan di airport… Puji TUHAN…!!! Kami landing di Singapura dengan selamat dan bahkan masih ada waktu hampir dua jam untuk bisa melihat dan sedikit berbelanja…

Kami akhirnya dari Singapura ke Frankfurt dengan pesawat seperti saat dari Frankfurt ke Singapura, yaitu dengan Air Bus A 380 yang sangat besar. Hanya sayang dalam perjalanan pulang ini ingin Dj bisa istirahat dengan tenang (tidur), tapi apa boleh buat. Sering sekali Pramugari datang menawarkan minuman dan makanan…

Setiap kali makan, bisa milih… mau ikan, daging ayam, daging kambing…Hanya saja, seperti anda semua ketahui, makanan di pesawat adalah makan yang sangat sederhana, pun rasanya. Tapi daripada lapar, ya dimakan juga…Hahahahahahahahaha…!!! Puji TUHAN…!!! Akhirnya kami mendarat di Frankfurt dengan selamat…!!! Anak-anak sudah nunggu di luar…setelah ambil bagasi…!!! Satu pertemuan dengan anak-anak, bahkan sampai di rumahpun masih banyak cerita. Hahahahahahahahahahaha…!!!

Okay…Banyak sudah yang Dj. ceritakan, semoga tidak menjadi bosan…Mohon maaf, bila banyak kata-kata yang kurang berkenan…Terimakasih untuk perhatian anda semuanya…Terimakasih kepada penggasuh Baltyra…

Dari Mainz, kami sekluarga juga mengucapkan kepada anda semua…

SELAMAT HARI RAYA NATAL 2017
  dan
SELAMAT MEMASUKI TAHUN BARU 2018

Semoga Kasih dari Allah Bapa, Berkat dari TUHAN YESUS KRISTUS serta penghiburan dari ROH KUDUS…Selalu menaungi kita semuanya…

 

Salam manis dari Mainz…
Dj. 813

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

25 Comments to "Jakarta 2017"

  1. Dj. 813  5 January, 2018 at 18:15

    Maaaaf Corry . . .
    Belu selesai nulis kok sudah terikirim . . .
    Hahahahahahahaha . . . ! ! !
    Ya, lain kesempatan , kita masih banyak waktu untuk bertemu di Makassar untuk mencoba lemper bikinan mu .
    Atau kita makan bersama di Rumah Makan Ratu Muda di Lamadukeleng .
    Hahahahahahaha . . . ! ! !
    Apakah Bamboo Dance masih ada . . . ? ? ?
    Ingat dulu pernah kesana tahun 1970 mi .
    Salam manis untuk keluarga Angkasa, kalau ada yang bertemu .

  2. Dj. 813  5 January, 2018 at 18:11

    Cornelia 4 January, 2018 at 08:25

    Klo baca cerita Dj. tdk jauh2 pasti ad makanan sungguh luar biasa mnyenangkn. Sy jd brpikir mungkin klo sy blum pindah k Mks, mungkin jg sy ktemu Dj. dn tntunya bisa merasakn lemperku hehehehe dn bs brfoto bareng huhuhuhu dn sy ikut mngantar yg tdk bikin nyasar hahahaha ….
    ——————————————–

    Hallo Corry . . .
    Ante kama kau Corry . . . ? ? ?

  3. Dj. 813  5 January, 2018 at 18:10

    Linda Cheang 3 January, 2018 at 16:54

    bagina yang menarik untukku : MAKAN! hehehe.

    Karena makan-makan selalu membuat gembira.
    ———————————————–

    Hallo Linda . . .
    Hatur Nuhun Linda . . .
    Memang benar . . .
    Makan adalah bahagian yang selalu menarik .
    Dan cerita makanan salalu adasaja dan tidak bikin stress .
    Hahahahahahahahaha . . . ! ! !
    Salam manis dari Mainz .

  4. Dj. 813  5 January, 2018 at 18:07

    uchix 3 January, 2018 at 15:43

    Selamat Natal dan Tahun Baru juga buat bapak Dj sekeluarga, kiranya berkat Tuhan selalu menyertai
    ———————————————-

    Hallo Uchix . . . .
    Terimakasih sudah mampir . . . .
    Semoga di Tahun Baru 2018 ini kita semua di berlkati kesehatan .
    Salam Sejahtera dari Mainz .

  5. Dj. 813  5 January, 2018 at 18:06

    James 3 January, 2018 at 08:38

    mas DJ, wow sate, nasi, tempe goreng, karedok plus restoran sunda bikin iler tumpah ruah…. itu ikan Purba nya mirip Arowana, gak dibawa pulang mas DJ?….itu satu teman mas DJ mukanya mirip si Wowo Prabowo tuh….pelayanan Singapore Air Lines sih salah satu the best in the world….keren
    ————————————————-
    Hallo James . . .
    Hatur Nuhun sudah mampir . . .
    Benar sekali itu semua makanan sehat yang harus kita konsumsi .
    Hahahahahahahahaha . . .
    Iya, itu bung Prabowo . . .
    Dimams Josh Chen, mas Iwan dan mbak Elnino, tahun 2010 pernah
    Dj. kenalkan saat beliau memberi kami kamar di Mandarin Orienthal Hotel di Bundaran HI .

    Juga benar, menurut kami, bahkan Lufthansa kalah, karena
    2015 lalu dengan Lufthansa dari Jakarta ke Singapur dinaik kan batik air.
    Sama sekali tidak lucu .
    Tapi Singapur Air sangat lain, disamping on time, juga service nya sangat bagus.
    Hahahahahahaha . . . ! ! !
    Soal kepiting jantan atau betina, Dj. kurang paham .
    Okay, selamat beraktivitas di Tahun 2018 .
    TUHAN MEMBERKATI . . . . ! ! !

  6. Dj. 813  5 January, 2018 at 17:58

    wibies tirtoprodjo 3 January, 2018 at 02:41

    Terkesan dengan sambutan antusias saudara & teman” di Indonesia sy baca apalagi mas Dj seperti senang dg oleh” bawaan spt sate dll. Khas kuliner Indonesia. Termasuk kejadian” lucu yg sialami waktu mencari reatoran Bulan ternyata namanya Remboelan (hehehe). Jg pada saat si sea world, banyak kesan mbak Susi dan Dewi. mas Dj suatu hal” yg baru dialami selama liburan 5 minggu di Indonesia terutama pd akhir” hari. Seperti pd saat dibandara karena visa lewat waktu sehari didenda jg. Hehehe. Selamat jalan ms Dj dan kembali pada aktifitas rutin di Mainz. Sampai jumpa kalau di Indoneaia lagi semoga sy bisa tau apabila nanti ke Indonesia lagi. Salam hormat kami.
    ——————————————————

    Hallo Wibisono . . .
    Terimakasih sudah mampir . . .
    Nah ya, itu semua adalah pengalaman yang baik dalam kehidupan ini .
    Salam manis untuk keluarga diirumah .

  7. Dj. 813  5 January, 2018 at 17:57

    Sierli FP 2 January, 2018 at 16:24

    Om Dj jadi selebritis selama di Indonesia ha ha ha..
    Sy sangat senang baca perjalanan liburan Om dan kelg semuanya selalu berkesan.
    Terimakasiih atas pengalaman dan sudah mau sharing di Baltyra.
    Salam
    ———————————————

    Hallo Sierli . . .
    Terimakaksih sudah mampir dan terimakasih juha telah bersedia menumui kami di Ancol . . .
    Salam manis untuk keluarga dirumah ya .

  8. Dj. 813  5 January, 2018 at 17:55

    Hallo Baltyra . . .
    Terimakasih sudah menayangkan oret-oretan Dj .
    Semoga kita semua selalu sehat dan selalu dibawah naungan Kasih Nya .
    Selamat Berkarya .
    TUHAN MEMBERKATI . . . ! ! !

  9. Grace Tardan  5 January, 2018 at 14:36

    Keluarga bahagia.. indahnya kebersamaan. Gbu all always

  10. rahajeng  4 January, 2018 at 12:05

    masih istimewa …. senang sekali baca cerita dari pak Dj ,,, kapan k indonesia lagi pak Dj??? salam manis dr Jeje

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.