Jedar-Jeder-Jedor

http://baltyra.com/wp-content/uploads/2018/01/gambar5.jpg

Fire – Yogyakarta

 

Perayaan tahun baru di Indonesia kayaknya masih sulit untuk dipisahkan dari suara mercon dan kembang api. Meski di sejumlah tempat ada yang pemerintah daerah setempat melakukan “inovasi” untuk meminimalkan suara mercon dan kembang api.

Kayak misalnya saya baca berita yang dilakukan di kota Solo, perayaan tahun baru dilakukan dengan memukul banyak gong. Jadi suara mercon dan kembang api digantikan oleh suara gong. Bagus juga sih, bisa meminimalkan polusi suara dan juga polusi sampah sisa bakaran mercon dan kembang api. Meski pasti para juragan mercon dan kembang api pada nggedumel … wakakak …. Mungkin nantinya di tempat lain bisa dirayakan dengan membunyikan angklung misalnya.

Tapi sebenarnya bagi yang nggak suka (baik itu sekedar sebel ataupun parno) mercon dan kembang api, “penderitaan” di perayaan tahun baru tak sepanjang pada bulan puasa dan lebaran. Paling suara jedar-jeder-jedor hanya menggelegar saat malam tahun baru sampe dinihari. Kalo pun ada “perpanjangan waktu” ya tanggal satu Januari malam, sekedar menghabiskan sisa “arsenal” yang masih tersisa. Besok-nya, kan anak-anak sudah pada sekolah, jadi praktis kegembiraan (sekaligus “kelaknatan” ini …. bagi mereka yang parno dengan gegap gempita jedar-jeder-jedor) hanya berlangsung dua hari saja.

Berbeda halnya dengan pada saat bulan puasa dan lebaran. Puasa-nya belum, merconnya sudah pada “pemanasan”. Saya ingat suatu kali pernah kost di sebuah “pedalaman” Jakarta. Waktu itu masih sebulan sebelum puasa, para “penggiat” mercon sudah mulai beraktivitas. Saya kagum dengan “stamina” mereka, dari jam empat sore sampe jam sepuluh malam baru berhenti.

Di jalan-jalan kampung yang sempit yang kalo sore sampe malam penuh gerobak orang jualan dan anak-anak ABG pada nongkrong, hampir tiap menit selalu terisi suara mercon. Dan orang-orang tersebut kayak nggak terpengaruh sedikitpun. Yang jajan nasi goreng ya tetep lahap saja, yang lagi nggosipin tetangga juga tetep lanjut. Tapi eh, ternyata ada juga yang parno jedar-jeder-jedor.

Pas saya masuk ke sebuah wartel untuk nelpon (masih zamannya wartel dan kiostel), penjaga wartelnya kelihatan bersungut-sungut setiap kali ada ledakan mercon yang disulut terlalu dekat dengan tempatnya. Repotnya buat saya adalah ketika harus menelpon di tengah hingar-bingarnya suara jedar-jeder-jedor. Maka, telinga kiri harus saya rapatkan ke gagang telpon, sementara tangan kanan menutup telinga kanan.

Habis lebaran juga nggak langsung steril dari jedar-jeder-jedor. Mungkin sekitar seminggu-an, ntar kalo anak-anak sudah pada masuk sekolah lagi, barulah mereka pulih dari kebiasaan “laknat” itu … wakakak … Ada juga sih yang ngeles kalo itu merupakan bagian dari memeriahkan perayaan. Memeriahkan ndhasmu amoh … Yang namanya meriah itu kalo merconnya ditancepin di lubang telinga masing-masing, terus disulut. Nah, mungkin dengan cara itu baru bisa menghayati dan meresapi kemeriahan tersebut. Masak sudah beli mercon, begitu disulut kok telinga sendiri ditutupi, orang lain yang suruh ndengerin?

Saya pernah dengar cerita kalo jaman dulu ada anak kepergok nyuri nangka, lalu dihukum menghabiskan seluruh nangka curiannya seketika itu juga sampe mblenger. Mungkin cocok juga treatment itu diterapkan buat yang gemar maen mercon. Ikat kedua kakinya supaya nggak kabur, terus ikat kedua tangannya supaya nggak bisa dipake nutup kuping. Lalu, kita “sajikan” suara mercon itu satu persatu sampe habis ke dekat telinganya supaya dia bisa “menikmati” dengan penuh penghayatan.

Ternyata banyak juga yang nggak suka dengan suara mercon dan kembang api. Ada yang anak bayinya rewel karena terganggu mercon. Ada juga yang kucing atau anjing piaraannya jadi panik. Kasihan juga kalo bagi yang lansia dan lemah jantung. Ada juga lagi butuh istirahat karena kurang fit. Bayangin kalo ada yang lagi sakit gigi, mungkin dengar suara mercon, penginnya nyumpel mulut bocah-bocah yang pada maenan mercon tersebut pake mercon bantingan. Seandainya saja mercon juga bisa di-mode-getar atau di-silent. Orang yang nggak parno mercon saja kalo lagi BAB yang memerlukan “konsentrasi khusus” tiba-tiba dikagetin mercon, bisa jadi gagal “nurunin muatan” …..

Berikut sebagian curahan hati di social media, mereka yang sebel sama kemeriahan mercon di lingkungannya masing-masing:

1. Apa bagusnya tahun baru? Apalagi justru dzolim ma orang-orang yang gak bisa dengar mercon dar der dor. Norak. Polusi suara woi. Dua anak sy nangis bersahut2an dari tadi denger mercon. Ampe adegan tutup telinga, ttp aj nangis.

2. Opo seng wes mbok siapke nggo bumi seng tambah tuo? Terompet mbek mercon opo seng simple wae dongo
Tolong dong anyone pls consider to invent kembang api n mercon yang silent :( sedih banget sungguh nervous dan tida nyaman denger suara ledakan sahut-sahutan yang makin lama makin kenceng selama hampir setengah jam gini

3. Seantero kota terdengar suara letusan kembang api dan mercon, bagaikan kota sedang dilanda perang. Berapa uang yang habis hanya untuk bunyi duar..der..dor itu? Apakah cara kita sudah benar melewatkan pergantian tahun? Mari kembali sama-sama merenung!

4. Dan kembang api dan mercon mengingatkan saya pada korban kebakaran pabrik kembang api di Tangerang. Semoga tahun 2018 adalah tahun baik untuk semua, terutama untuk rakyat miskin kota dan buruh.

5. Menghambur hamburkan uang beli mercon … coba uang nya disumbangkan buat para pengungsi gunung sinabung ada mampaaatnyaa…

6. Langit meneng” ditembak’i mercon .. Gantian Langite nembak’i mercon malah do bingung ..

7. Darderdor suara mercon semalaman. Disebut toleran kalo memaklumi itu. *naseb*

8. Kalo mau maen mercon jangan di atas atap rumah orang napa-_-

9. Nya petasan, nya mercon… Ditambah ku knalpot beberewekan… GARANDENG WOOYY!!!

10. Berisik yang masang petasan,kembang api, mercon dsb. ganggu ketenangan, tahun baruan diem-diem aja gak bisa apa ya.

11. Kudu banget yah taun baru ngahurungkeun mercon ?ga ada yang lebih bermanfaat gitu ??? garandeng keur bobo jadi kebangun??

12. Doa malam tahun baru: “Tuhan, segerakanlah tengah malam lewat supaya bising mercon dan petasan berhenti karena membuat anak-anak dan binatang piaraan stres. Amin.”

13. Pingin nyumet mercon tapi sing suorone merdu, soal e aku kaget an….

14.Buat para orang tua yang punya anak yang malem ini main mercon. Tolong dikasih tau ya, selain mercon berisik, bahaya kalo kena mobil. Untung gak sampe meledak di tangki bensin. Bisa meledak tuh mobil -_-

15. Selamat merayakan malam old & new. 2018 Kalau bakar kembang api atau mercon hati2 jangan sampai bakar sekolahan dan bakar orang. seperti kejadian yang dituduh maling ampli.. ya…!!!

16. Semoga di tahun baru ini pabrik mercon pada tutup semuanya

17. Udah setengah merem kebangun gara-gara petasan dan mercon yang luar biasa berisiknyaaa. Padahal jarak rumah dan alun-alun ga deket banget.

18. Intensitas kembang api di komplek udah berkurang, udah pada dewasa, sadar duitnya mending dijadiin nasi timbang jadi mercon wkwk

19. di luar kyk mau kiamat anjir suara mercon kyk suara gluduk:((

20. Rutinitas malam tahun baru : dirumah, gak kemanamana, gabisa tidur lalu akhirnya terpaksa bergadang karna suara petasan dan mercon. nice

21. Ngantuk pol.. gerebeken mercon ngarepe omah

22. mercon apa gunung meletus sih abunya sampe genteng heran.

23. Aduh berisik bgt mercon di belakang rumah huaaa mo bobok ??

24. Mercon laknat.. mengganggu sy tidur

25. Tiap tahun baru dari jaman old ampe jaman now tetep mercon n kembang api yang bikin ribut. Skali2 nuklir biar lebih jaman now..

26. Wkwk kalo pas ramadhan yang paling ngeselin tuh nyalain mercon di deket masjid,bener dah pen gue pelukin yang main mercon ??

27. Parade makhluk zonder otak dimulai. Mercon, ngebut & mabuk … optimis punya nyawa cadangan

28. karna aku gampang kaget di tahun baru yang aku gak suka itu suara mercon atau petasannya, bisa gak sih pake mode getar aja :”)

29. Pokoknya…. kalo malem ini kebangun gara2 ada mercon nyala di deket rumah…. yang nyalain tak doain aneh-aneh!

30. Alhamdulillah kotaku pekan baru duquyur hujan lebat,selamat dr suara terompet dan mercon plus kembang api

31. Adek sepupu main mercon lempar dalem rumah nenek hampir jantungan ?????? tuhan keluargaku sungguh unik

32. Sedang memikirkan bagaimana caranya agar nanti malam kuping saya ga denger mercon. lah mang enak tidur diganggu.
33. Masih juga magriban udh ad aja yang maen mercon hadehh dsr ayam opor >
34. Arek cilik-cilik’i sangune piro sih kok iso tuku mercon sak arat-arat, ket mang ashar sampe saiki gak mandek2 nyumet jingan

35. Ini orang malem tahun baru masih beberapa jam lagi, eeh sekarang di SEDUT Mercon aaah ngeributan doank.
Bebas aja si mau ledakin mercon juga, cuma tiap aku dengar suara mercon yang meledak-ledak di langit aku selalu kepikiran gimana ya kalo langit membalas, langit meledakan mercon kepada bumi:'(

36. Suara kembang api dan petasan taun baru juga bisa disediakan streaming. Jadi bisa didenger pake earphone, ndak ganggu, dan ndak perlu beli mercon tiap taun.. Dananya bisa buat hal2 move on lainnya..

37. Mimpi membakar mercon, namun yang terbakar malah diri sendiri, pertanda ceroboh dalam melakukan suatu hal.

38. Selamat Tinggal Tahun 2017 kamu sudah menjadi warna tersendiri bagi diriku, keluargaku, negaraku dan bangsaku, pesannya cuma satu! jangan sampai ada berita koplak, kecelakaan karena terkena petasan! Selamat Tahun baru 2018 – Happy New Year, Welcome 2018.

39. I hate the sound of petasan now. apakah saya sudah tua?

40. SAYA LEBIH SENANG DENGAR BUNYI PETASAN TERBANG, ADA SUARA NGING DULU SEBAGAI ABA-ABA, JADI TIDAK TERLALU KAGET

41. Terbangun oleh orang-orang kaya yang lagi buang uang lewat petasan…hebat bener da ah keren

42. Sumpah suara petasan ganggu banget buat yang kagetan macam aku. lemes tau kaget mulu

43. Lagi mau kencing:) Tiba tiba ada suara petasan yang suaranya segede gaban, gede bat sial. Gua kaget. Gua kepleset depan kamar mandi. Sialnya:) Ada kecoa anyink. Menuju gua. Mana jantung gua lg gakaruan gegara kembang api Udh gt kecoanye terbang ke sana kemari. .

44. Untuk semua sahabat, selamat tahun baru. Saya tidak membakar petasan, kecuali menyalakan doa; mudah-mudahan selalu dalam kegembiraan dan kebahagiaan. Seperti kegembiraan menyebar malam ini, semoga tetap menyebar sampai akhir tahun lagi nanti.

45. Percuma tahun baruan cuma buat bakar duit lewat petasan dan kembang api ?? Anyep broh

46. Kalo ditanya taun baruan dimana w akan jawab ‘q dari jam 23.57 sampe jam 00.10 berada di wc. pas lagi ee terkaget kaget karena petasan. jadi ee ak malu keluarnya jadi ketas lagi’

47. Adakah yang merugi saat sebelum, saat, dan setelah berpesta dengan terompet, petasan kembang api? . Tentunya ada. Tapi kita tak tahu: penghuni rumah sakit, tetua yang butuh istirahat dan kesejahteraan tubuh-jiwa esok harinya, atau orang yang mudah kaget?

48. Nek eneng suara petasan aku tak macak ra krungu wae Arep tak mode getar

49. Himbauan*. Penggunaan PETASAN di malam tahun baru 2018 diperbolehkan, Tetapi dianjurkan agar suara petasan di silent atau getar saja…jika tidak mau di silent atau getar, Silahkan pake HEADSET.*dengerin sendiri.!! Terima kasih..???? Hormat Kami, ( Panitia Tahun Baru 2018)

50. berisik yang masang petasan,kembang api,mercon dsb. ganggu ketenangan,tahun baruan diem2 aja gak bisa apa ya.

51. [Breaking News] Langit malam ini dikabarkan mengalami luka yang cukup serius akibat ledakan dari petasan. Demikian sekilas info.

52. Yang main petasan depan rumah sih g usah nunggu pergantian tahun.. org dari maghrib dah rame..

53. Kalo aj petasan bisa di mute kek acc org

54. Petasan ada gak sih yang kedap suara

55. Bangke emang petasan bikin gue jantungan

56. Wow di dekat komplek daku sudah ada yang dar der dor petasan mungkin mereka baru pulang dari daerah Indonesia Timur dan belum set ulang jam

57. Kamu setuju rokok buang buang duit, tapi kamu senang sama petasan di taun baru. Cungur.

58. Ekonomi masih melemah tapi petasan meledak dimana2. :3

59. Ciri ciri orang miskin: jam segini udah nyalahin petasan. takut ketiduran pas jam 12.

60. Tuhan bersama orang-orang yang berusaha untuk tidur sementara di luar gaduh suara petasan jahanam…

61. Buset ini petasan pada kenceng banget dah jantung gua gakuat, kaget. Wkwk.

62. Inget yah orang miskin jangan ikut ikutan maen kembang api. selain mubajir, suara petasan ente kaga enak didenger. cuman “wuiiiing pletup” kalo suara petasan orang kaya kan enak “WUIIIING DUAAR DUAR DUAAR

63. Yang paling berbahagia di malam tahun baru itu penjual terompet dan petasan Dan mereka juga yang paling galau Sebab hidupnya Tergantung anda semua

64. Petasan di mana-mana pening kepala

65. … sedang berusaha menyelamatkan kucing kucingku. mukanya pada takut efek di luar pada main petasan- aku kasian:’) ]yang main petasan, aku ga ngelarang sih. It’s okay. euphorianya memang begitu, bukan? tapi ayo inget makhluk lain. kasian. kucing ga bisa ngomong kak, ga bisa bilang kalau kesakitan. kita as manusia yang harus pahamin. ]

66. Saya gak suka petasan, selain bising juga berbahaya. ~ tapi sangatlah munafik dan lebay jika ada yang mengatakan petasan hanya ada di malam tahun baru.

67. askmf] guys, jangan pada nyalain petasan di th baruan ya, menambah polusi karbon:( mending nanem pohon(?)

68. Jika kamu merayakannya di gunung atau hutan, ada habitat yang terganggu dengan kehadiranmu, jangan kamu tambah dengan petasan dan kembang api, terompet, atau dengan sekedar teriakan-teriakanmu.

69. Petasan sudah siap untuk dibakar, jangan tutup matamu nikmati saja karena ini moment masyarakat merusak dunia.

Dulu pas ada teroris ngledakin bom, di internet rame hashtag #kamitidaktakut. Lha gimana mau takut, wong ada pabrik mercon njebluk saja nggak bikin orang pada kapok maen mercon. Teroris ngebom, masyarakat malah pada kemruyuk pengin nonton … Jiannn …. Tukang nasi goreng lebih takut gerobaknya ilang daripada bahaya kena dampak ledakan bom. Cuma teroris goblok yang mengira orang Indonesia bisa ditakut-takutin pake bom. Orang Indonesia lebih takut ama kuntilanak daripada bom. Jadi kalo ada teroris mau nakutin orang Indonesia mending pake kuntilanak daripada pake bom. Eh, tapi kan teroris nggak percaya ama kuntilanak?

Sebenarnya nggak bisa juga parno mercon dikaitkan dengan gender. Kalo lelaki parno sama mercon terus apa berkurang kadar macho-nya? Tapi mungkin juga sih kalo dikaitkan dengan faktor usia. Bisa jadi dulu waktu kecil demen maenan mercon sampe segede kaleng krupuk, tapi begitu sudah gedhe denger mercon rawit saja panik ngguling-ngguling. Ada juga yang berpendapat mending kembang api daripada mercon cabe, soalnya ada “persiapan” dulu buat tutup kuping begitu dengar bunyi zinggg ……

Jadi bagi panjenengan yang sebel atau parno dengan bunyi mercon dan kembang api, mungkin bisa berdoa semoga hujan ditumpahkan selebat-lebatnya, jadi mercon sama kembang apinya pada mejen semua. Tapi kalo gitu kasihan juga ya yang jualan terompet …. Atau persiapkan penutup telinga, jadi biar di luar ribut kayak apa tetep bisa tidur nyenyak ….

 

 

About Fire

Profile picture'nya menunjukkan kemisteriusannya sekaligus keseimbangannya dalam kehidupan. Misterius karena sejak dulu kala, tak ada seorang pun yang pernah bertatap muka (bisa-bisa bengep) ataupun berkomunikasi. Dengan tingkat kreativitas dan kekoplakannya yang tidak baen-baen dan tiada tara menggebrak dunia via BALTYRA dengan artikel-artikelnya yang sangat khas, tak ada duanya dan tidak bakalan ada penirunya.

Arsip Artikel

7 Comments to "Jedar-Jeder-Jedor"

  1. Lani  11 January, 2018 at 13:30

    Al: nampaknya kamu salah baca? Bukan liang kubur tapi dilubang DUBUR

  2. Alvina VB  10 January, 2018 at 23:54

    Tulisan Wong kenthirs……he…he……
    James, gak usah nungguin sampe di liang kubur, mau juga pasang petasan di depan rumah para koruptor yg masih idup, kaget2 dech situ…..lah dpt yang juga kagetan punya yo…..

  3. Lani  8 January, 2018 at 23:43

    Kang Geni: gemblung plus super kenthir……….jiaaaaaaaan………apa ini dampak Tahun Baru ya Da tambah kumate kkkkkkk………..

    James: hahaha…….ngakak sama guling2 baca komentarmu

  4. James  6 January, 2018 at 07:20

    sebaiknya menyalakan Petasan itu di Lubang dubur para Koruptor secara rutin terus menerus biar Koruptor Kapok, malah nanti lubang duburnya Kebal terhadap Petasan terus kasih yang lebih gede aja beres kan ?

  5. Dewi Aichi  5 January, 2018 at 16:45

    Sebellllllllllllllllllllllllllll…ngetik panjang2, blom sempat di send, udah goyang monitornya, ilang deh…

  6. Dewi Aichi  5 January, 2018 at 16:44

    Pesta kembang api di mana-mana sangat spektakuler…Tokyo, Australia, Paris, London , Rio de janeiro etc. Bagi negara yang sudah bisa mensejahterkaan rakyatnya pastinya tidak ada kritik. Tapi seperti di Brasil misalnya tiap states juga pesta kembang api yang sangat istimewa. Di Rio, pemerintah itu nunggak gaji polisi 4 bulan, kasihan polisi tidak tidak terima gaji, juga PNS semua tidak terima gaji ke 13, tapi untuk pesta kembang api berdurasi 17 menit ada tuh.

  7. Dewi Aichi  5 January, 2018 at 16:41

    Jingannnnnnnnnn kang Fire kumat hahahaha…

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *