DOA

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO ANDA SEMUA DI BALTYRA YANG BERBAHAGIA…

Salam jumpa dengan oret-oretan Dj. yang sederhana ini…

Dj. harap anda tidak menjadi kaget dan salah mengerti akan judul di atas. Ini hanya spontan ide saja dan bukan untuk mengajak anda semua untuk berdiskusi tentang DOA. Tapi hanya sekedar sharing dan ingin sedikit tahu, apa yang anda pikir kalau melihat tulisan DOA ini.

Ide ini datang saat Dj. lihat di TV ada kata DOA tapi memiliki singkatan yang lain DOA (Dead Or Alive = Hidup atau mati). Mungkin demikian yang dimaksud, entah lah… Dulu jamannya Wild West, banyak kita tonton Film cowboy dimana banyak, bandit/buron yang dicari dan di bawah fotonya ada jumlah uang yang dijanjikan kalau ketemu, baik mati maupun hidup (Dead Or A live). Contohnya foto di bawah ini murah ya…Hahahahahahahahaha…!!!

Okay, sekarang Dj. akan langsung dengan kata DOA yang Dj. maksudkan dan bukan Dead Or A live. Setiap orang yang mengaku percaya, apapun agamanya, pasti diajarkan untuk ber DOA. DOA adalah komunikasi dua arah antara manusia dengan TUHANnya. Yang namanya komunikasi, ya seperti juga kalau kita berbicara kepada lawan bicara atau yang kita ajak berbicara.

Hanya mungkin ada sedikit bedanya, karena DOA adalah saat kita bicara kepada Allah yang menciptakan kita. Hubungan ini harus selalu dijaga, agar tidak pudar dan lama-lama hilang. Kalau hal itu sampai terjadi, maka akan sangat disayangkan. Karena di dalam DOA, kitalah yang memerlukan sesuatu dari yang kita ajak berbicara.(Allah = Tuhan). Lalu bagaimana kita harus ber DOA…??? Itu semua, tergantung ajaran agama anda masing-masing dan tidak ada orang yang bisa mengubah orang lain untuk ber DOA seperti anda.

Yang beragama Kristen…

Islam…

Buddha…

Hindu…

DOA akan menjadi makanan Rohani kita setiap hari. Orang yang sudah mengenal arti DOA, mereka akan selalu semangat dalam hal ber DOA. Mengapa…??? Karena mereka yakin bahwa DOAnya, akan dijawab dan mereka merasakan jawaban tersebut. Bila mereka belum bisia merasakan akan jawaban DOAnya, maka perlu dipertanyakan bagaimana imannya. Apakah sudah berdoa dengan segenap hati (sungguh-sungguh).

Karena percuma lah kata-kata yang kita ucapkan dan katakan amin, bila DOA tersebut tidak kita ucapkan dengan sungguh-sungguh. Apalagi, kalau kita berdoa karena hafalan atau mengharap pujian dari orang lain…

Mungkin anda akan bertanya, bagaimana orang mencari pujian, kalau akan dan saat berdoa…??? salah satunya contoh, sering Dj. baca di WA ada yang menulis… Maaaaf, saya akan berdoa (sholat) dulu, mengapa tidak dikatakan, maaf, saya harus mengerjakan sesuatu (kan tidak berbohong).

Dan di FB sering ada yang posting…Doakan saya karena…bla.. bla…bla…

Mengapa DOA harus diminta…??? Lalu teman Dj. bertanya…Apakah kita tidak boleh mendoakan orang lain…???
Dj. jawab dengan jelas, BOLEH…!!! Bahkan harus…!!! Lha mengapa kita tidak boleh minta untuk di DOA kan…???
Dj. jawab, tidak ada yang melarang, tapi alangkan baiknya kalau kita berdoa sendiri. Masakan kita minta kepada saudara kita, agar pergi ke ayah kita untuk meminta sesuatu untuk diri kita. Lalu apa kata ayah kita atau apa yang dia pikir tentang diri kita…???

DOA. Di dalam agama Kristen, yang juga diajarkan oleh TUHAN YESUS KRISTUS…Dalam DOA Bapa Kami, adalah
a. Di awali dengan PUJIAN (kita diajarkan untuk memuji ALLAH yang Maha Pengasih, sebelum minta sesuatu)
b. Baru PERMINTAAN (Rejeki, pengampunan, seperti kita juga saling mengampuni/memaafkan dan mendoakan orang lain)

TUHAN tidak pernah mengajarkan, agar kita minta didoakan…Tapi bila kita tahu, ada saudara, teman, sahabat, kita yang sakit, yang kecelakaan atau yang sedang kena musibah,  maka kawajiban kita lah untuk mendoakannya, agar Allah menolongnya, memberi kemudahan, kesembuhan atau rejeki). Karena DOA, itu kita ucapkan dari lubuk hati yang terdalam, karena KASIH…!!! Dan KASIH itu tidak perlu diminta, kasih itu harus diberikan, tanpa mengharap satu balasan dari manapun.

Apalagi kalau ada yang memajang di FB doakan saya karena akan terbang ke…Agar saya sampai dengan selamat…
Yang menulis amin akan mendapat balasan 1000x lipat…dan yang tidak menulis “amin” akan mendapat celaka. Waduuuuuh, ini sudah satu ANCAMAN…!!!

Dj. sungguh merasa prihatin, mengapa DOA menjadi barang dagangan. Orang berdoa karena mengharap kan akan mendapat 1000x lipat. Lalu di bawah tulisan tersebut masih ditulis…setiap yang baca menuliskan kata, amin…amin…amin…Karena takut dengan ancaman orang yang memasang reklame tersebut.

Hal ini sangat disayangkan, mengapa Indonesia yang sudah 70 tahun lebih MERDEKA, masih saja mudah dikelabuhi dengan kata-kata seperti ini. Mengapa di Jerman (Eropa pada umumnya), banyak teman WA Dj. tidak ada yang menulis hal seperti ini…??? Kalau ada yang sakit, kadang ada yang nulis, waduuuuh, semalam aku sakit pinggang, atau si X sedang sakit, dst… Atau ada yang nulis…Maaaaf, jawaban terlambat, karena sekeluarga kena FLU…Tapi tdiak ada yang minta didoakan… Dj. merasakan kedewasaan mereka dalam iman, karena mereka tahu, bahwa mereka BISA BERDOA SENDIRI.

Yang Dj. tahu di dalam iman Kristen, Yesus mengajarkan kepada kita.

Kita tidak perlu berdoa di perempatan jalan, agar orang melihat keimanan kita dan memujinya. Karena mereka sudah mendapat upahnya…

Bila kamu ingin berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutup pintunya dan berdoalah kepada Bapamu yang di Surga (yang tidak kelihatan). Dan Bapamu (yang tidak kelihatan) akan memberikan apa yang kamu pinta. Karena Bapamu (yang tidak kelihatan) itu telah mengetahui apa yang ada di hatimu, sebelum kamu mengucapkannya.

Bagi anda yang berlainan iman percayanya, silahkan sharing agar kita bisa saling belajar mengetahui begaimana kita harus berdoa. Dan agar kita tidak saling menghakimi.

Nah itu tadi apa yang ada di lubuk hati Dj. Mohon maaaf bila tidak berkenan di hati dan semoga kita tetap berteman dan bersaudara, walau keyakinan kita berbeda.

Terimakasih untuk perhatian anda semuanya. Terimakasih kepada pengasuh Baltyra yang selalu menayangkan oret-oretan Dj. yang sederhana ini.

Semoga Kasih dan Berkat TUHAN KITA YESUS KRISTUS selalu menaungi kehidupoan kita setiap hari.

 

Salam manis dari Mainz
Dj. 813

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

12 Comments to "DOA"

  1. Dj. 813  2 April, 2018 at 16:46

    Hallo Ajeng . . .
    Terimakasih sudah mampir . . .
    Salam manis dari Mainz .

  2. rahajeng  23 March, 2018 at 15:38

    bagus sekali pak DJ corat coret nya.. iya dengan doa bisa mengubah segala hal dan Tuhan Maha Mengetahui apa yang kita butuhkan ,,,

    salam manis…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.