Kau Siapa?

Chandra Sasadara

 

Kau bukan Khomeini! Kau bukan laki-laki tua bertongkat, berjenggot putih-lebat, dan beralis tebal-hitam yang disambut ratusan ribu pengikutnya di Bandara Mehrabad dan ratusan ribu lainnya yang berderet sepanjang bandara hingga kota Teheran pada 1 Februari 1979. Kau ingin mengesankan diri seperti dia, datang dengan membawa revolusi? Seperti laki-laki bernama asli Sayid Rahullah Mustafawi yang mendongkel kekuasaan Shah Reza Pahlevi? Tidak! Kau tak sedikitpun memiliki syarat seperti yang dia miliki. Kau tahu siapa laki-laki tua bermata tajam itu?
.
Dia adalah seorang Marja’ Taqlid, mujtahid yang menjadi rujukan fiqih dan amalan bagi umatnya. Orang yang mengobarkan Inqilab Sefid (Revolusi Putih) pada 21 Februari 1963 di Iran, tiga kali ditangkap karena melawan Rezim Pahlevi sepanjang 1963-1964. Diasingkan di Ankara dan Bursa (Turki), dipindahkan ke Baghdad. Hidup berpindah-pindah di Irak, mulai dari Samara, Karbala, hingga Najaf. Di Irak, dia tak pernah hidup nyaman, rumahnya dikepung tentara Ba’ats Irak, dia terpaksa lari ke Kuwait dan akhirnya ke Prancis. 15 tahun dia menjadi pelarian politik! Sedangkan kau, siapa kau? Hanya laki-laki yang lari terbirit-birit dari jeratan hukum karena kasus asusila.
.
Kau pernah dengar kalau laki-laki tua itu seorang pemberani? Pada saat Uni Soviet masih berjaya di Dunia, dia berkirim surat kepada Michael Gorbachev. Surat yang tak lumrah, dia mengajak ketua presidium negera Komunis itu untuk kembali pada spiritualitas dan memberikan perhatian kepada agama-agama, serta menawarkan agar sarjana-sarjananya belajar agama di Qum, kota di mana dia pernah belajar dan mengajar. Kau pernah bersurat kepada siapa, Benjamin Netanyahu atau Trump?
.
Kau ingin tahu berapa kitab yang telah disusunnya? Lebih dari jumlah jari tangan dan kakimu! Mari aku sebut beberapa yang terkenal: Tahrir al-Wasilah, Wilayatul Faqih, Mnāhij al-Wushul ila Ilm al-Ushul, Sirr al-Shalat, Diwan Al-imam, dan Al-Arbauna Haditsan. Kau juga ingin tahu siapa murid-muridnya? Tak terhitung jumlahnya, tersebar di penjuru dunia. Mari aku sebut beberapa di antaranya yang sangat terkenal: Murtadha Muthahari, Sayid Ali Khamenei, Sayid Muhammad Husaini Behesyti, Akbar Hasyimi Rafsanjani, Abdullah Jawadi Amuli, dan Husain Nuri Hamedani. Kau siapa? Buku apa yang pernah kau tulis? Siapa murid-muridmu?


.
Khomeini adalah tokoh sentral gerakan perlawanan di Iran era 1963-1979, sedangkan kau hanya pemain cadangan dalam perebutan kekuasaan di negeri ini. Kau tak lebih dari sekrup dalam hiruk pikuk politik di sini. Kau bukan orang yang mayatnya diantarkan dan ditangisi jutaan manusia saat akan dikebumikan, sebab dia adalah seorang pemimpin agung, seorang imam! Kau siapa?

 

 

One Response to "Kau Siapa?"

  1. James  22 March, 2018 at 09:08

    Kau siapa atau siapa Kau ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *