Men Must Explore

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

 

MOTTO orang barat untuk maju. Yuri Gagarin, manusia pertama ke luar angkasa, 57 tahun silam, 12 April 2018. Selama 108 menit melayang memandang Bumi dalam wahana ‘Vostok I’.

Dunia gempar. Karena Gagarin berasal dari negeri ateis dan dia anggota partai komunis US (komunis belum tentu ateis). “Kamu ketemu Tuhan di sana?”, pertanyaan dari sebagian warga dunia.

Presiden RI Soekarno yang ber-HUT ke 60 di Moskow, Uni Soviet, Juni 1961, memberi bintang Adi Pradhana. Pada kunjungan ke Uni Soviet lagi, Oktober 1964, Soekarno berjumpa Gagarin kembali dan perempuan pertama ke angkasa, Valentina Tereshkova.

Simpang siur, jenis bintang yang diberikan pemerintah dan rakyat RI kepada Yuri Gagarin. Apakah Adipradana (entah kelas berapa) atau Jasa Mahaputra. Sistem dokumentasi ketatanegaraan Indonesia sangat buruk dan tertutup.

Namun, bintang penghargaan kepada Yuri Gagarin adalah bintang kelas utama. Plus, diberi villa oleh Soekarno untuk Gagarin dekat Bogor. Letaknya di jalan raya Puncak, sekarang milik Wisma Kedutaan Besar Republik Federasi Rusia. Dan Gagarin berhak dimakamkan TMP Kalibata.

Berani tuntut dan bawa jenazahnya ke sini?

Kayak gang 212 aja, gak ada kerjaan nyurusin yang ‘gak penting.

 

 

3 Comments to "Men Must Explore"

  1. James  21 April, 2018 at 06:13

    salah satu sejarah manusia keangkasa luar

  2. Sumonggo  19 April, 2018 at 12:01

    Dapat dipastikan bintang yang diberikan kepada Yuri Gagarin bukanlah bintang kecil. Karena sampai saat ini bintang kecil masih tetap di langit yang biru dan amat banyak menghias angkasa.

  3. Lani  18 April, 2018 at 09:09

    ISK: wakakakak baca alinea paling akhir…………apakabar? Tidak pernah mencungul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.