Di Atas Sungai Seine

Osa Kurniawan Ilham

 

Piala Dunia 2018 di Rusia membuka ingatan saya 11 tahun lalu bahwa saya pernah bekerja bersama teman-teman kerja yang menyenangkan dari seluruh dunia.

Pada suatu malam di dalam kapal pesiar di atas Sungai Seine Perancis, kami meluapkan kegembiraan dalam baju khas kami masing-masing.

Ada kamerad yang ramah dan sopan dari Rusia, kawan yang menyenangkan dari Yaman, teman-teman yang heboh dari Nigeria, Argentina, Iran, Belanda, Kazakstan dan lain-lain negara… tentu saja dari tuan rumah, Perancis.

Kawan dari Belanda saat itu mengenakan kostum suporter sepak bola tim nasionalnya. Ah…mereka pasti tersenyum kecut sekarang karena kostum itu tidak bisa digunakan dalam gelaran piala dunia tahun ini.

Kalau saya….terus terang tidak pernah bermimpi timnas negara saya bisa main lagi di gelaran Piala Dunia.

Makanya saya pakai baju adat Bali saja….
Everyday is holiday.

 

 

4 Comments to "Di Atas Sungai Seine"

  1. Alvina VB  6 July, 2018 at 03:23

    James, dari duluuuuu sebetulnya dana mah ada, tapi dikorupsilah. Sekarang mah gak tahu dech.
    Cari bibit sebetulnya anak2 kecil dari SD, keliatan kan siapa yg ulet, berbakat dan bisa digembleng, spy mentalnya kuat. Di Iceland, sepak bola sudah diperkenalkan sejak anak2 masih pitik dan coachnya ngeliat mana nich yg berbakat, trus dilatih. Itu hasilnya mereka punya team dunia. Kebanyakan kemarin yg ikutan piala dunia, mereka kenal team players nya sejak masih kecil.

  2. James  5 July, 2018 at 10:27

    sejak tahun 50 an sampai sekarang ini Team Indonesia belum pernah terjun kedalam Pertandingan Internasional

  3. James  4 July, 2018 at 15:28

    team Indonesia memerlukan sponsor yang kuat untuk Team Sepak Bolanya

  4. Alvina VB  4 July, 2018 at 05:27

    Mustinya Indonesia punya potensial ke anjang sepak bola international (negara dgn penduduk 250 juta lebih, masak gak ada yg berbakat sama sekali?) kl PSBInya gak korupsi, he…he…..masa kalah sama negara kecil seperti Iceland (penduduknya hanya 340.000an), mereka bisa punya team sepak bola kelas dunia. Ngikutin perjalanan mereka ke piala dunia dari Iceland, sayang masih kalah pengalaman, walaupun sempet score 1-1 melawan Argentina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.